Analytic Hierarchy process (AHP)


Salah satu kesulitan pada awal implementasi sistem pengelolaan kinerja adalah menentukan bobot masing-masing KPI. Dalam artikel yang lalu disebutkan bahwa untuk melakukan pembobotan bisa dilakukan dengan dua cara yaitu dengan pembobotan secara langsung (direct weighting) atau menggunakan metode Analytic Hierarchy process (AHP). Pada artikel kali ini kita akan membahas bagaimana menggunakan metode AHP untuk menentukan bobot.

Sejarah AHP

AHP dikembangkan oleh thomas saaty pada tahun 1970an. AHP merupakan sistem pembuat keputusan dengan menggunakan model matematis. AHP membantu dalam menentukan prioritas dari beberapa kriteria dengan melakukan analisa perbandingan berpasangan dari masing-masing kriteria. Dalam sistem pengelolaan kinerja yang dimaksud dengan kriteria tersebut adalah KPI.

Penggunaan metode AHP dalam Sistem Pengelolaan Kinerja

Kaidah pembobotan menyatakan bahwa:

  1. Nilai bobot KPI berkisar antara 0 – 1 atau antara 0% – 100% jika kita menggunakan prosentase.
  2. Jumlah total bobot semua KPI harus bernilai 1 (100%)
  3. Tidak ada bobot yang bernilai negatif (-).

Berikut ini adalah langkah-langkah yang digunakan dalam menentukan bobot KPI dengan menggunakan AHP:

Menentukan nilai prioritas KPI. Biasanya orang lebih mudah mengatakan bahwa KPI A lebih penting daripada KPI B, KPI B kurang penting dibanding dengan KPI C dsb, namun mengalami kesulitan menyebutkan seberapa penting KPI A dibandingkan KPI B atau seberapa kurang pentingnya KPI B dibandingkan dengan KPI C. Untuk itu kita perlu membuat tabel konversi dari pernyatan prioritas ke dalam angka-angka. Contoh tabel skala nilai prioritas KPI seperti pada tabel dibawah:

Nilai Tingkat prioritas
1 KPI A sama penting dibanding dengan KPI B
3 KPI A sedikit lebih penting dibanding dengan KPI B
5 KPI A lebih penting dibanding dengan KPI B
7 KPI A sangat penting dibanding dengan KPI B
9 KPI A jauh sangat penting dibanding dengan KPI B
2,4,6,8 *) nilai tengah-tengah

*) Pengertian nilai tengah-tengah adalah Jika KPI A sedikit lebih penting dari KPI B maka kita seharusnya memberikan nilai 3, namun jika nilai 3 tersebut dianggap masih terlalu besar dan nilai 1 masih terlalu kecil maka nilai 2 yang harus kita berikan untuk prioritas antara KPI A dengan KPI B.
*) Tabel diatas tidak disebutkan konversi nilai KPI A kurang penting dari KPI B karena
pernyataan KPI A kurang penting dari KPI B sama dengan pernyataan nilai KPI B lebih penting dari KPI A

Selanjutnya adalah membuat table perbandingan prioritas setiap KPI dengan membandingkan masing-masing KPI. Sebagai contoh: Jika kita mempunyai 4 KPI, maka kita membuat matrik perbandingan ke-4 KPI tersebut. Misalkan dari proses menbandingkan antar KPI diperoleh nilai prioritas KPI sebagai berikut:

KPI A KPI B KPI C KPI D
KPI A 1 1/2 1/5 1/3
KPI B 2 1 1/3 1
KPI C 5 3 1 1/2
KPI D 3 1 2 1

Cara mengisinya adalah dengan menganalisa prioritas antara KPI baris dibandingkan dengan KPI kolom. Dalam prakteknya kita hanya perlu menganalisa prioritas KPI yang terdapat dibawah pada garis diagonal (kotak dengan warna dasar putih) yang ditunjukan dengan warna kuning atau diatas garis diagonal yang ditunjukan dengan kotak warna hijau. Hal ini sesuai dengan persamaan matematika yang menyebutkan jika A:B= X, maka B : A = 1/X. Contoh: jika prioritas KPI B (baris) : KPI A (kolom) = 2, maka prioritas KPI A (baris) : KPI B (kolom) = 1/2 (lihat rumus persamaan perbandingan matematika diatas). Sehingga prioritas setiap KPI antara KPI A : KPI A = 1, KPI C : KPI A = 5, KPI C : KPI B = 3, KPI D : KPI A = 3, KPI D : KPI B = 1, KPI D : KPI C = 2.

Selanjutnya adalah menentukan bobot pada tiap KPI, nilai bobot ini berkisar antara 0 – 1. dan total bobot untuk setiap kolom adalah 1. Cara menghitung bobot adalah angka pada setiap kotak dibagi dengan penjumlahan semua angka dalam kolom yang sama. Contoh bobot dari (KPI A, KPI A) = 1/ (1+2+5+3) = 0.090, (KPI B, KPI A) = 2 / (1+2+5+3) = 0.181. Dengan perhitungan yang saman bobot prioritas tabel KPI di atas menjadi:

KPI A KPI B KPI C KPI D
KPI A 0.091 0.091 0.057 0.118
KPI B 0.182 0.182 0.094 0.353
KPI C 0.455 0.545 0.283 0.176
KPI D 0.273 0.182 0.566 0.353

Selanjutnya adalah mencari nilai bobot untuk masing-masing KPI. Caranya adalah dengan melakukan penjumlahan setiap nilai bobot prioritas pada setiap baris tabel dibagi dengan jumlah KPI. Sehingga diperoleh bobot masing-masing KPI adalah:

  • KPI A = (0.091 + 0.092 + 0.057 + 0.118) / 4 = 0.089 (8.9%)
  • KPI B = (0.182 + 0.182 + 0.094 +0.353) / 4 = 0.203 (20.3%), dengan perhitungan yang sama KPI C, KPI D
  • KPI C = 0.365 (36.5%)
  • KPI D = 0.343 (34.3%)

Sehingga jumlah total bobot semua KPI = 1 (100%) sesuai dengan kaidah pembobotan dimana jumlah total bobot harus bernilai 100.

Perhitungan secara manual akan lebih mudah jika jumlah KPI yang dimiliki hanya sedikit , jika jumlah KPI sudah lebih dari 10 maka perhitungan bobot menggunakan software akan jauh lebih mudah. Ada beberapa software yang bisa dipakai antara lain Expert Choice, Decision Lens, TESS, Web-HIPPRE.

Proses yang paling menentukan dalam menentukan bobot KPI dengan menggunakan AHP adalah menentukan besarnya prioritas antar KPI. Karena itu seringkali terjadi pembahasan yang alot antar anggota tim implementasi sistem pengelolaan kinerja mengenai masalah tersebut. Hal ini dikarenakan tiap-tiap anggota tim memiliki persepsi tersendiri mengenai prioritas masing-masing KPI.

Semoga bermanfaat….

Artikel yang terkait: pembobotan kpi, balance scorecard, visi misi organisasi, strategy map, data kpi.

Rujukan artikel:

technorati tags:, , , , , ,

Blogged with Flock

About these ads

124 thoughts on “Analytic Hierarchy process (AHP)

  1. #denny
    Pada implementasi praktis dilapangan pembobotan langsung (direct weighting) KPI memang lebih disukai daripada menggunakan AHP (baca tulisan saya mengenai hal tersebut : Pembobotan KPI secara langsung atau menggunakan AHP).

    Menurut hemat saya kuliah bisa diibaratkan membekali kita cara menggunakan berbagai macam senjata. Nah pada saat menghadapi kondisi riil dilapangan itulah yang mengharuskan kita sendiri untuk memilih senjata mana yang sesuai dengan keadaan tersebut. metode-metode best practice untuk situasi tertentu akan selalu menjadi pilihan utama yang dipakai.

    Terimakasih untuk kunjungannya dan sukses untuk anda :-)

  2. Salam kenal…
    Mau tanya…
    klo untuk product design…
    AHP bisa untuk pembobotan??
    implementasinya gimana??
    tolong kirimkan prosedurnya dunk.. untuk bahan Tugas Akhir saya. Terima kasih

  3. oh iya kelupaan aku pingin download softwarenya dimn yah.Soalnya mau nge link u/ tugas skripsi nih…

    Mugi…expert choice versi trial bisa di download setelah melakukan registrasi di http://www.expertchoice.com/products/grouptrialreg.html/. Versi trial hanya di berikan selama 15 hari. Jika mau yang full version harus beli dulu..
    Versi trial ada pembatasan fitur-fitur seperti:

    Three levels in the hierarchy
    Seven objectives/criteria per cluster
    Eight alternatives
    Three participants
    Printing disabled

    Jadi silahkan unduh versi trialnya..

  4. Salam knal..
    Pengolahan datanya pake expert choice bkn??
    Saya ga ngerti nih bt ngerjain skripsi..

    Boleh dibantu ga yah..mksi!!

    Salam kenal juga.. btw Expert choice memang salah satu software AHP (saya sendiri belum pernah make expert choice. Hanya pernah nyoba-nyoba expert choice yang versi trial 30 hari). Yang nggak ngerti apa ? konsep AHP atau menggunakan sofware expert choice ? Banyak buku-buku yang membahas tentang AHP. Dari pengalaman saya nyoba2 expert choice rasanya cukup mudah mengoperasikannya. Kalau data-datanya sudah lengkap tinggal memasukkannya ke dalam expert choice kok. sukses untuk skripsinya :-)

  5. salam kenal
    saya tertarik dengan AHP ini…
    rencananya saya ingin mengangkatnya diskripsi saya nanti. saat ini saya lagi mengumpulkan bahan. masalah yang akan saya teliti adalah bagaimana menentukan kebijakan dalam menangani peningkatan kaum miskin kota di makassar. saya sangat butuh bahan-bahannya terutama bagaimana menentukan model matematikanya sampai diperoleh keputusan terbaik.
    Mohon bantuannya… thanx!

    Salam kenal juga. Dengan senang hati akan saya bantu sebisa saya. :-) Sukses untuk skripsinya.

  6. Dengan Hormat
    Saya sedang meneliti tentang integrasi ABC dan BSC dengan menggunakan AHP, mau konsultasi ada link YM/MSN??, saya juga sedang mencari Data Empirik ABC dan BSC nya??, saya tertarik karena dengan mengintegrasi keduanya kita dapat menganalisa kinerja perusahaan dan sebagai alat pengambil keputusan investasi.
    Atas perhatian dan kerjasamanya saya ucapkan terimakasih.

    dandy

  7. Saya sedang menulis skripsi mengenai implementasi Sistem Penunjang Keputusan (SPK) dengan menggunakan model AHP dalam perusahaan berkaitan dengan proses perekrutan karyawan. Yang ingin saya tanyakan, sebenarnya dalam kaitannya antara SPK, AHP, dan perekrutan karyawan, apakah yang lebih dititikberatkan dari output SPK tersebut ? apakah berupa ‘the best candidate’ atau hasil lebih berupa suatu pemeringkatan (mis:10 kandidat terbaik) ?

    Thx
    Sarel

  8. Mas Heru, Terima Kasih sudah membalas e-mail saya. Saya ingin bertanya apakah ada buku referensi mengenai ANP yang berbahasa Indonesia baik terjemahan maupun karangan Indonesia?

    Salam,

    Henry

  9. Mas Heru salam kenal, mo ijin ngelink blognya ya? kebetulan saya lagi nyari2 metode termasuk AHP, terus nyasar di blog ini. Blognya komplit banget bahkan urusan keluarga juga ada…jadinya bermanfaat sekali. Selamat berkarya.

  10. saya bingung..apakah penentuan kategori autisme itu bs menggunakan AHPsedangkan nilainya cm 0&1. bagaimana mencari bobotnya??
    tolong beri solusi secepatnya

  11. #Elsya

    Hai Elsya,

    Saya kurang tahu mengenai masalah autisme, bagaimana pengolongan level autisme. Jadi saya tidak tahu apakah AHP bisa digunakan untuk penentuan autisme seseorang.

    Jika nilai kategori-kategori penentuan autisme hanya 0 dan 1, bukankah akan jauh lebih mudah memutuskan dengan cara menghitung berapa persentase kategori2 yang bernilai 1 pada keseluruhan kategori yang digunakan ?

    Mengenai berapa persentasenya untuk bisa diambil kesimpulan bahwa seseorang mengalami autisme mungkin anda bisa menghubungi orang-orang yang berkompeten dalam masalah autisme (mungkin para psikolog anak atau peneliti/dosen bidang perkembangan anak?).

  12. Ass Mas Heru. sy mahasiswa

    Penelitian saya tentang infrastruktur di rawa pasang surut. untuk penentuan skala prioritasnya saya mau pake AHp. mudah2an AHP bisa dipake dalam analissis penelitian saya. trus programnya dimana bisa saya temukan?. bisa bantu ndak ngajari program ini dan juga programnya dimana bisa didapatkan. makasih banget ya kalo bisa bantu. Januari aku mau ujian proposal. emailku roszuchri@yahoo.com. wassalam Rosmina Zuchri

  13. hello mas heru

    ni saya penelitian tentang AHP dengan BENCHMARK kalo dan menggunakan RATING SCALE yaitu tentang lima skala rating(Outstanding,Good,Average,Fair,Poor) saya minta tolong minta referensi tentang AHP, BENCHMARK DAN RATING SCALE

    thanks b4

  14. mas kalo punya metode yang didukung ama ahp apa aja ya? (misalnya : TOPSIS)
    Mohon bantuannya… Contoh studi kasusnya untuk prioritas perbaikan lahan! tapi ini belum ada kriterianya…

  15. Saya sedang menulis thesis tentang upaya peningkatan mutu pelayanan UGD RS dengan menggunakan metode Quality Function Deployment dan AHP. Apa bisa AHP dipakai dalam QFD untuk menentukan relationship antara voice of customer dan respon teknisnya? Mohon penjelasan. Kalau ada yang punya info tentang implementasi AHP dalam QFD. Kursus QFD dan AHP dan juga softwarenya (expert choice, dll) tolong hubungi saya di yuni_s@dr.com. terima kasih

  16. mas, saya mahasiswa statistika its, semester kahir. saya mau mabil skripsi tentang AHP. tapi saya masih bingung bagaimana sebenarnya AHP, apakah masih ada hubungannya dengan SEM? karena dikuliah cuma disinggung sedikit. Atau ada hubungannya dengan decission making? tolong banget bantu saya, tentang konsep dan literatur AHP. Insyaallah data saya adalah tentang likuiditas Bank di Indonesia. terimakasih. Ini mas email saya dare_end@yahoo.co.id

  17. Evie,

    Ahp itu adalah salah satu teknik pengambilan keputusan (decision making) jadi tepat sekali klo AHP itu erat sekali hubungannya dengan decision making. Tentang kaitannya dengan SEM, mohon maaf saya tidak tahu apa yang anda maksud dengan SEM tersebut.

    Ada buku yang menarik yang berjudul “Decision by Objectives” ditulis oleh Dr. Ernest Forman seorang professor management science di George Washington University bisa di download di http://www.mdm.gwu.edu/forman/DBO.pdf Insya Allah dapat membantu anda dalam mendalami konsep pengambilan keputusan dan metode-metode yang bisa digunakan.

    Sebuah presentasi mengenai konsep AHP yang menarik dibuat oleh Dr. Rainer Haas dan Dr. Oliver Meixner dari Institute of Marketing & Innovation University of Natural Resources and Applied Life Sciences, Vienna bisa anda download di http://www.boku.ac.at/mi/ahp/ahptutorial.pdf .

  18. addin

    mas kebetulan skripsi saya menggunakan metode AHP dalam sistem pendukung keputusan, ada contoh aplikasinya tidak mas?? atau mungkin mas bisa membantu saya dalam hal ini??:)thanks before

  19. Halo pak..

    mohon bantuannya..
    lagi bingung nih..

    saya lagi membangun sebuah sistem penjang keputusan pemilihn handphone berbasis web..

    saya menggunakan metode AHP..

    yang saya mau tanyakan..

    1. apa dasar pemberian bobot pada masing2 kriteria yang saya buat?
    2. angka2 bobot yag diberikan pada masing2 kriteria itu asalnya darimana?
    3. boleh minta toong diajarin cara perhitungan bobotnya.. sampai bisa menghasilkan suatu hasil perhitungan yang dapat menunjang keputusan?

    Terima kasih sebelum dan sesudahnya pak.. ^^

  20. aku mahasiswa UNDIP aku penegen penelitian tentang pelabuhan dan pengambilan keputusan dengan menggunakan analisis AHP,tapi aku belum paham AHP itu apa

    • salam kenal ya mas,,skripsi saya menggunakan metode ahP,,,,skrg sy trkendala dgn kuisioner nya…
      ada contohnya gak mas tentang kuisioner ahp..
      mhn bantuannya ya mas…
      trims

  21. mas, boleh nggak minta tolong. aku pingin bikin tugas akhir tentang ahp . tolong donk bagaimana menentukan expertnya, bagaiman menyusun kuisioner dan bagaimana pengoalahan dama pembobotan??
    implementasinya gimana?? ada contoh kuisioner dan pengolahannya mas
    tolong kirimkan prosedurnya dunk.. untuk bahan Tugas Akhir saya. makasih

  22. Ass
    mas, Untuk thesis aku tertarik menggunakan metoda AHP ini, yaitu tentang penentuan prioritas investasi dalam penggunaan anggaran dana pendidikan.kira-kira gimana yah cara nentuin kriteria-kriteria dalam pengambilan keputusannya? soal pembobotan insya Allah ga ada masalah. Waktu diperkuliahan aku ada dikasi contoh ama dosen bahwa untuk memilih jodoh bisa menggunakan kriteria; umur, inteligensia, kekayaan, ketampanan, kedewasaan….(waktu kuliah menarik banget n aku lsg ngerti klo bahasannya soal pilah-plih jodoh).
    thanks
    Wass

  23. mas,saya aldi di surabaya
    mau tanya ney…
    saya sedang mengerjakan skripsi tentang AHP-BSC
    respodennya kan banyak
    gmn gabungin hasil pembobotan masing2 responden menjadi satu.
    tolong infonyanya mas
    lg dikejar deadline ngimpulin skripsi
    makasih banyak!

  24. klo tentang fuzzy AHP, ada referensi ga mas? (software+tutorial).

    soalnya mau bikin dss(decision support system) tapi pake metodenya FAHP(fuzzyAHP)?

    trims.

  25. ahp juga saya gunakan dalam tugas akhir.
    yang saya ingin tanyakan apakah ahp dapat digunakan untuk menentukan suatu sistem yang digunakan optimal atau tidak.
    kebetulan topik saya tentang sistem pemanenan tebu yang optimal.
    apakah hasil dari ahp yang saya peroleh sudah menunjukkan kalau sistemnya optimal?
    bagaimana cara mengerjakan perbandingan berpasangan?
    terima kasih

  26. mas apa ada yang bisa bantu saya, cz saya lg bikin skripsi menggunakan ahp untuk menentukan apakah pembangunan embung itu optimal atau tidak? saya bingung buat kriteria parameter ukuran tingkat optimalnya? thanx b4

  27. salam kenal mas
    tolong bantu dong, saya mau buat tesis tentang kepuasan penghuni perumahan sederhana berdasarkan faktor lokasi, fisik bangunan, prasarana, desain bangunan dan harga menggunakan ahp. sekalian contoh penggunaan software expert choice-nya. e-mail ke sini ya naila_mu@yahoo.co.id.
    thx b4 ya

  28. mas, mau tanya ni..saat ini saya sedang skripsi tentang Fuzzy-AHP..cuma saya bingung gimana si prosedur umum dari Fuzzy AHP itu?..saya baca di banyak jurnal, tapi beda-beda dan susah..atau dimana saya bisa mendapat jurnal yang tepat, mudah atau bahkan bukunya..mungkin itu dulu mas, terimakasih ya sebelumnya..

  29. mas boleh mintareferensi e-booknya tentang SPK menggunakan AHP.dan apa benar klo judul monitoring menggunakan SPK dengan metode AHP atauada yang lebih baiknya pakai apa yah mas? tlg bimbingannya…
    tolong dikirimke e-mail saya mas:nagas_4529yahoo.com

    terima kasih.wass

  30. Alternatif bagi expert choice yang berbayar, Saaty membuat software untuk AHP & ANP yaitu superdecision. Free!

    Bila kita memakai microsoft, maka tinggal download dengan mencantumkan email. Kalau pakai Linux, maka install dulu WINE agar file install superdecision mudah dibuka. Linux Mandriva, berhasil operasikan superdecision dengan WINE sebagai jembatannya.

  31. Low mas heru,lam knal.
    sy sdng mnysun skripsi ttg pnysunan strategi pnglolaan kawasan mlalui AHP,ni jg atas saran dosen pmbimbing sy.
    cm dr bbrp tmn2 lain yg mmlih topik pnlitian yg sma, mrka lbh mmlih pke SWOT.
    sbnrny ap k’untungan,klebihan serta klemahanny,klo kita mggunakan AHP dlm pnyusunan strategi pengelolaan ni..??

    Makasih bnyk sblmny..

  32. apakah selain ahp ada program lain yang bisa dipakai untuk DSS. saya sedang menyusun tesis, kebetulan tesis saya mengenai sistem pengambilan keputusan untuk badan kepegawaian daerah dalam proses penjenjangan karir baik itu untuk pemilihan ka.kantor, kabag, mutasi pegawai,ataupun jabatan struktural. mohon jawabannya.

  33. To aditya; mungkin ini bisa membantu…
    komoditas unggulan, dengan AHP, dapat menyusun dulu longlist produk. lalu diseleksi dengan kriteria (misalnya memakai Prahalad-Hamel utk core competence-nya).

    1. memasukkan tujuan pada GOAL di software superdecisions (superdecisions.com)
    2. produk yang akan diseleksi dimasukkan pada ALTERNATIVES.
    3. dilakukan uji node comparisons antara CRITERIA dan GOAL, ALTERNATIVES dan CRITERIA.
    4. Synthesize.

    Komoditi unggulan ada pada synthesize.
    Contoh snapshot utk kasus lain lihat: http://www.superdecions.com atau http://www.jarkom.biz

  34. Assalaam…
    lam kenal mas..an lagi mulai nyusun tugas akhir nih..n an tertarik am topik AHP ini tapi masih belum paham dengan aplikasinya n kelebihan2 AHP dibanding metode yang lain.Mohon saran n bantuannya ya mas..!!

  35. assalamualaikum..
    mas saya mau nanya niy..
    kebetulan saya mw bikin proposal penelitian mengenai identifikasi permasalahn implementasi TQM di suatu perusahaan n pke AHP, saya bingung nih bkin kuesioner nya kayak apa ya?tadi nya saya pikir nanya pihak perusahaan dulu kira2 masalah nya apa aja,baru saya bkin AHP nya..Tapi kata dosen pembimbing saya, saya harus bkin kuesioner dulu, baru ke pihak perusahaannya,jadi bingung saya..
    kira2 bisa dibantu ga mas kuesioner nya seperti apa?
    mkasih sebelumnya…

  36. asslam… salam kenal ya, saya sedang ,melakukan persiapan buat skripsi, tentang Sistem Pendukung Pengambilan Keputusan Peningkatan Kinerja SDM yang Mengacu pada Indikator Keberhasilan Perusahaan dengan Pendekatan HR Scorecard. yang ingin saya tanyakn, apakh skripsi yang ingin saya buat ni bisa menggunakan metode AHP?dan kriteria yang mesti saya tentukan tentang SDM tu kayak gmana?tolong kasi petunjuknya? dan klo tidak, menurut masnya, HR Scorecard tu seperti apa?maksih mas sbelumnya…

  37. Salam kenal ya mas..aku tertarik dengan ulasan yang oke tentang AHP, minta info dong mas, untuk software expert choice sekarang ada di jual bebas nggak ya? Kalau ada di mana ya? Apakah sudah ada buku yang membahas tentang cara penggunaan software tersebut?

  38. ulasan yang menarik dan terperinci tentang AHP….
    mas heru mungkin punya contoh kuisioner AHP?
    senang sekali apabila mas heru bisa share contoh kuisioner tersebut…

    thx…

  39. Bro,…Boleh nambahin dikit ga,…

    Yg penting dalam AHP pas normalize matrix na pke eigenvector,…

    softwarenya pke punya yg bkin tuwh teori ajj “Superdecision” bkinann master Thomas L,saaty,..

    gw blum compare sama decision Lens cii tapinya,hehe,..(Bkinan Saaty juga),..

    w skarang agy nyari tu software,…cuman ga ktemu yg gratisan yak,…hehe,…:p..

    Soalnya rumusan AHP sebenernya ga sesimple yg di omongin orang,…

    Bisa kena omelan orang riset matematis….

    Kalw soal KPI lebih baik itu karna dilihat dari sudut pandang orang bisnis,…en ga ada nyambung-nyambungnya sama AHP bkin KPI kecuali pake pendekatan matematis…

    Kuesioner AHP bikin sendiri gampang bro,…

    tar kalw ada tg minta kirim email k gw ajj..

    gw kasi full skripsi yg pake AHP sama contoh skripsinya,…

    Punya orang bule sii,..tapi uda bole di publish,..

    AHP,ANP, Fuzzy ANP, lebih ke optimal solution buat reality decision dengan kaidah matematis,…

    Sorry bro,..agak bawel,..hehehe…:p,…

    Mudah-mudahan masukan ini jadi bermanfaat,…

    mohon doanya buat gw yg agy seminar,…:D..

    Salam Sukses,…

    Verzie…

  40. salam kenal,
    mas heru, saya sedang melakukan penelitian pemilihan supplier dengan menggunakan metode AHP, tapi saya kesulitan dalam pembuatan program aplikasinya, gimana caranya mas?please help me….thx b4

  41. mas lam kenal……
    ni ku gi skripsi n menggunakan metode AHP..
    kalau pembobotan Ahp diterapkan diprogram tu caranya gimana…?
    tlg dibantu n mnta bantuan ya mas…

  42. mas, ada contoh sepenggal koding ahp dengan php gag, n pembuatan perhitungan di databasenya(my sql)..
    atau referensinya mas, karena saya menggunakan ahp dalam tugas akhir saya..
    sebelumnya terima kasih mas

  43. saya juga lgi nyusun tugas akhir,,, SPK juga,,, tdinya metode yang sya pake AHP… tpi ma dosen sya di suruh gnti pake metode matematis,,,,,pada tulisan di atas sya bca AHP adalah SPK dengan menggunakan model matematis…
    tolong penjelasan nya di mana letak perbedaan nya????
    terima kasih….
    sya tunggu di di email sya yah jwbannya:)
    dyah_id@ymali.com

    Banyak metode yang bisa dipakai dalam SPK, salah satunya menggunakan AHP. AHP menggunakan perhitungan matematis untuk memperoleh solusinya. Saya tidak mengerti yang dimaksud dengan metode matematis yang disarankan oleh dosen anda, sebaiknya dikonsultasikan dulu ke dosen anda mengenai metode matematis yang dimaksudkan tersebut.

  44. halo mas, salam kenal..
    apakah bisa menghitung SWOT dengan AHP? karena pernah saya baca tentang penggabungan kombinasi AHP dan SWOT tapi ngg tw cara ngitungnya gmana? menentukan nilainya gmna? mhon bantuannya. mksh.

  45. mas salam kenal saya mhs ugm sedang malukukan penelitian tugas akhir bikin spk pemilihan jurusan smu dengan ahp gimana ya hirraki yg cocok dan perhitungan ahpnya,mohon bantuanya n terima kasih sebelumnya

  46. Salam kenal ya mas..aku tertarik dengan ulasan yang oke tentang AHP, minta info dong mas, untuk software expert choice, sya bli programnya kok nggak bisa Kalau ada bsa nggang sya minta softwarenya? Apakah sudah ada buku yang membahas tentang cara penggunaan software tersebut?

  47. salam kenal yaa mas…
    saat ini saya sedang melakukan penelitian untuk melengkapai pembuatan laporan saya berkenaan dengan AHP. saya mengalami kesulitan dalam mencari software nya. kalau tidak kebertan n bersdia bisa dikirm mas softwarenya ke email

    nuphymutz@yahoo.com

    terimakasih banyak…^^

  48. Ping-balik: Decision Support System Course » Blog Archive » AHP

  49. Asslamualaikum… mas saya kebetulan buat skripsi tentang sistem pendukung keputusan menyeleksi tenaga kerja menggunakan metode ahp saya bingung code paskal nya ada yang bisa bantuin tolong bgt saya mentok di form and code a mas tlong bgt kebetulan saya pake database mysql dan koneksi BDE klo ada sarang untuk souce and form kirim ke fach.rizal87@gmail.com and klo siap skripsi saya akan menhargai bantu nya.

  50. trimakasih bermanfaat sekali buat skripsi saya, btw ada yang punya buku atai softfile Thomas L. Satty tentang metode AHP ini gak? kalok ada dan boleh dishare bisa hub saya 087739441323 atau pin bb 21F76571
    makasih banyak smua

  51. salam kenal mas heru,..
    penerapan metode AHP dalam menetapkan kompetensi dan penilaian kinerja karyawan, al goritma nya seperti apa? trus cara menentukan kompetensi yang dipakai untuk menentukan kualitatif dan kuantitatif nya bagaimana mas?
    kebetulan sekarang saya lagi nyusun skripsi menggunakan metode ini..

    mohon bantuannya mas,,. tq..

  52. Because there are certain circumstances that can provide relief from the inside
    of the passport in a hurry, as Kanye’s belongings were scattered hell-to-breakfast through the
    doctors office. Caring for a healthy lifestyle will
    decrease the chances of recurrences, and in time, most people who are infected are
    completely unaware and can continue transmitting the
    virus to sex partners. Juan, built as early because
    inside the spring may be an unlawful version.

  53. halo gan, untuk hasil hitungan final kriteria kalau mau dipakai untuk mencari alternatif itu ditaruh dimana ya? soalnya yang banyak saya lihat untuk menghitung alternatif kok dimasukkin nilai yang dari rangking prioritas dan kebanyakan hasil dari hitungan kriteria tidak dipakai lagi? mohon pencerahannya ke email budiutomo_s@yahoo.co.id

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s