Tulungagung dalam sejarah…


Artikel ini disarikan dari berbagai sumber antara lain wikipedia bahasa indonesia, pemkab tulungagung dan lain-lain.

Lambang Tulungagung

adalah sebuah kabupaten di Jawa Timur, Indonesia. Kabupaten Tulungagung dibatasi oleh Kabupaten Blitar di sebelah timur, Kabupaten Trenggalek disebelah barat, Kabupaten Kediri di sebelah utara dan Samudra Hindia di sebelah selatan. Secara administratif, Kabupaten Tulungagung terbagi dalam 19 kecamatan, 257 desa, dan 14 kelurahan. Kecamatan tersebut adalah Bandung, Besuki, Boyolangu, Campurdarat, Gondang, Kalidawir, Karangrejo, Kauman, Kedungwaru, Ngantru, Ngunut, Pagerwojo, Pakel, Pucanglaban, Rejotangan, Sendang, Sumbergempol, Tanggung Gunung, Tulungagung.

Bagian barat laut Kabupaten Tulungagung merupakan daerah pegunungan yang merupakan bagian dari pegunungan Wilis-Liman-Limas. Bagian tengah adalah dataran rendah; dan bagian selatan adalah pegunungan yang merupakan bagian dari rangkaian Pegunungan Kidul. Tulungagung adalah salah satu penghasil marmer terbesar di Indonesia, yakni di daerah campurdarat & besole. Pantai Popoh, merupakan obyek wisata pantai di Laut Selatan yang cukup terkenal.

Dahulu kala Tulungagung terkenal dengan daerah rawa-rawa, yang lebih dikenal dengan nama Bonorowo/ngrowo (rowo=rawa). Bekas rawa-rawa tersebut kini menjadi wilayah kecamatan Campurdarat, Boyolangu, Pakel, Besuki, Bandung, Gondang. Dalam prasasti Lawadan,terletak di sekitar Desa Wates Kecamatan Campurdarat, yang dikeluarkan pada Jum’at Pahing 18 Nopember 1205 disebutkan bahwa Raja Daha yang terakhir yaitu Sri Kretajaya merasa berkenan atas kesetiaan warga Thani Lawadan terhadap raja ketika terjadi serangan musuh dari sebelah timur Daha. Tanggal tersebut kemudian digunakan sebagai hari jadi tulungagung. Pada Prasasti Lawadan dijelaskan juga tentang anugrah Raja Kertajaya berupa pembebasan dari berbagai pungutan pajak dan penerimaan berbagai hak istimewa kepada DWAN RI LAWADAN TKEN WISAYA, atau dikenal dalam cerita sebagai DANDANG GENDHIS. Di jaman majapahit, Bonorowo dipimpin oleh seorang Adipati yang bernama adipati kalang. Adipati kalang tidak mau tunduk pada kekuasaan majapahit, yang berujung pada invasi mojopahit ke bonorowo. Adipati kalang dan pengikutnya yang berjuang dengan gagah berani akhirnya tewas dalam pertempuran didaerah yang sekarang disebut kalangbret dikecamatan Kauman.

Di Jaman penjajahan jepang, tulungagung dijadikan base pertahanan jepang untuk menangkal serangan sekutu dari australia serta sebagai benteng pertahanan terakhir untuk menghadapi serangan dari arah utara. Pada masa itu ratusan ribu romusa dikerahkan untuk mengeringkan rawa-rawa tulungagung membuangnya ke pantai selatan dengan membuat terowongan air menembus dasar gunung Tanggul, salah satu gunung dari rangkaian pegunungan yang melindungi Tulungagung dari dasyatnya ombak pantai selatan, yang terkenal dengan sebutan terowongan ni yama. Terowongan tersebut sekarang dijadikan PLTA Tulungagung.

Tulungagung sekarang terkenal dengan kerajinan Marmer dan o­nyx, di Kecamatan Campurdarat, Batik di Tulungagung, Majan dan Kauman. Tenun Perlengkapan Militer dengan standart NATO di Kecamatan Ngunut. Konveksi dan Bordir Garmen, busana muslim, sprei, sarung bantal, rukuh dsb. Ikan Hias yang memenuhi pasar nasional dan eksport. ikan konsumsi ( Perikanan darat dan laut ). Makanan khas tulunguagung antara lain Lodho Ayam, Nasi Pecel, sompil, jajanan seperti kacang Shanghai, giti, jongkong, ireng-ireng, sredeg, cenil, plenggong. Minuman khas seperti kopi cethe, Wedang jahe sere, dawet caon, rujak uyub, beras kencur. Tulungagung adalah base camp ketoprak “Siswo Budoyo”, kesenian kentrung, jaranan, dan reog tulungagung.

Lambang Tulungagung diperoleh dari situs pemkab tulungagung

Baca juga : kentrung

Blogged with Flock

About these ads

269 thoughts on “Tulungagung dalam sejarah…

  1. saya berharap birokrasi di tulungagung tidak njlimet dan berbelit-belit. masa’ kalah sama sragen.
    sbg putera daerah tulungagung, saya ingin mengabdikan ilmu yang saya dapat demi kemajuan tulungagung tercinta.
    -alvian@ilmu pemerintahan UGM- (cabup tulungagung. ha…ha…)

  2. Mas Alvian:
    Wah…senang rasanya ada warga tulungagung yang konsen terhadap masalah-masalah yang terjadi di tulungagung seperti anda. Semoga apa yang anda pelajari di ilmu pemerintahan UGM bisa digunakan untuk kebaikan bersama. Btw…bisa di ceritakan birokrasi yang njlimet dan berbelit-belit itu di dinas mana saja? Saya khawatir jangan-jangan semua dinas birokrasinya berbelit-belit seperti yang anda sebutkan. :-)

  3. Baru sekali saya ke Tulungagung, dan sekali itu pula
    saya begitu terkesan pada alam dan penduduknya.
    Sayang sekali saya sulit mendapat informasi rinci
    atau agak rinci mengenai Tulungagung,
    bahkan dari situs resmi Pemerintah Kabupaten
    Tulungagung sekalipun.

  4. SAYA TINGGAL DI JAKARTA SEJAK BERUSIA 6 BULAN, TAPI SAYA ASLI TULUNGAGUNG! TULUNGAGUNG ADALAH TANAH LAHIR BETA, TIADA BANDINGAN DI DAERAH LAIN! SAYA SEKARANG SDH HAMPIR 2 TAHUN TIDAK BERKUNJUNG! SAYA SANGAT RINDU DENGAN MAKANAN KHASNYA ES STROOP DEPAN STASIUN DAN SEGO PECEL KARANG WARU! SAYA SANGAT SENANG ADANYA SITUS INI, SAYA BISA TAHU PERKEMBANGAN KOTA KELAHIRANKU! THANK U, DANKE SCHOEN, TRIM’S

  5. Aku kelahiran TulungAgung 22 tahun yang lalu.
    aku meninggalkan kota kelahiranKU 4tahun yang lalu untuk menempuh jenjang pendidikan.
    aku selalu merindukan masa-masa tinggal di Tulungagung,setiap malam selau NGOPI “kopi cete” dari warung kewarung.dengan hanya bermodal 500 perak kita sudah bisa nongkrong sampe warung tutup.he…7X.
    teringat dulu masa SMU, sebelum berangkat sekolah selalu mampir sarapan Sego Bantingan ditmbh minum kopi di warung Mak Tin.sesekali jug bolos.Heeeee
    aku selau merindukan teman-temanKu,dimana kalian semua sekarang pa sudah jadi orang sukses???
    jangan lupakan OMPONK…!!!!!!!!!

  6. Saya asli orang TULUNGAGUNG. Tapi saya sekarang tinggal di Jakarta. Aku sangat rindu sekali dengan Tulungagung. Setiap tahun aku pulang kesana. Disana pemandangannya sangat indah. Aku telah jalan-jalan hampir seluruh wilayah Tulungagung. Pantai Popoh adalah pantai yang indah sekali. Campur darat adalah penghasil batu marmer, dan aku sering membeli cinderamata di sana. Dan masih banyak lagi yang telah aku kunjungi di sana. Aku bertempat tinggal di desa Plandaan, Kedungwaru. Aku merasakan hal yang tak pernah aku bayangkan sebelumnya disana. Semoga TULUNGAGUNG menjadi KOTAMADYA dan menjadi kota yang bersinar. AMIN……….

  7. Saya datang ke kota Tulungagung beberapa bulan yang lalu karena memenuhi tugas jurusan saya. Kota ini cukup berkesan karena sangat bersih, teratur dan nyaman. Walaupun cukup panas. Beberapa hal yang saya sayangkan adalah kurangnya informasi dari kota ini. Sementara banyak yang bisa digali. Contohnya saya ingin menggali tentang kerupuk rambak khas Tulungagung namun sulit mencari informasi yang akurat mengenai makanan yang katanya “rambak paling enak ya rambak tulungagung”. Websitenya resminya juga tidak lengkap, bahkan gambar-gambarnya cuma diisi logo Tulungagung aja. Jadi kalo pemerintah daerah melihat pesan ini dan mengaku cinta tulungagung tolong diperhatikan ya….

  8. #grace:

    Saat ini informasi mengenai tulungagung memang sedikit yang bisa ditemukan di internet. Padahal keberadaan informasi di internet akan memudahkan siapa saja untuk memperoleh informasi dengan cepat. Memang situs resmi pemkab tulungagung tidak menampilkan informasi yang jelas dan terupdate.
    Melalui beberapa postingan artikel mengenai tulungagung di blog ini mudah-mudahan bisa menambah informasi mengenai tulungagung.

  9. Saya asli Tulungagung, sekarang bertugas di Lampung, Tulungagung akan selalu ada dalam hatiku, karena sering pindah aku mengenal banyak daerah tapi… semua gak ada yang bisa ngalahin kotaku tercinta. SEGO LODHO, AYAM GORENG BANG AJAT, SATE KAMBING DEPAN STASIUN, KOPI CETHE DLLLLLLLL hmmmm…. tak akan pernah ku lupa. Salam buat semua wong tulungagung dimanapun berada….

  10. Saya skrg penempatan kerja sementara di Ternate,ortu di Tulungagung.banyak hasil konveksi TA sampai Ternate.Tulungagung memang “ngangeni” udah 10 bln saya ga plg,pgn nanti lebaran plg,kangen makanan enaknya..tapi sayang knp pak Heru pindahkan pedagang kaki lima dari alun2 ke dkt pasar?Pdhl mkn di alun2 enak sekali sambil lht taman kota.’mbok ya’ kl dipindah itu dibuatkan lokasi yang asri sehingga jd ciri khas kota TA.Kl dkt pasar banyak lalat dan bau..

  11. saya sering membayangkan kota2 di indonesia,,,termasuk tulung agung,,,keadaanya bagaimana sich,,,,saya hanya melihat tayangan TV dan siaran radio waktu masih kecil,,,,jaman soeharto yang sering menggemborkan hasil panen di daerah2,,,dengan kelompok capirnya.saya sendiri belum pernah ke tulung agung,,,,tapi sebagai seorang arsitek interior saya cukup bangga bahwa tulung agung adalah penghasil marmer terbesar di indonesia,,,semoga pemerintah kota dan jajaranya mampu memajukan daerah ini sehingga lebih di kenal masyarakat internasional.
    yu yun ( red. anak seorang kepala daerah )

  12. #kukuh
    ngopi cethe yuk..

    #andy
    wah..penempatannya di dinas apa ? ehm..saya bukan pak. Heru Tjahjono bupati tulungagung, hanya namanya saja yang sama tapi nasibnya berbeda..heehehe.

    Mas andy, saya jg merasa sedih knp PKL dipindahkan dari alun2. Barangkali bapak2 pejabat tulungagung merasa keberadaan PKL di alun2 sudah terlalu banyak sehingga kesan alun2 yang asri dan indah menjadi hilang berganti dengan suasana yang lebih mirip dengan pasar malam. Namun seharusnya ada solusi yang lebih baik untuk PKL supaya kita bisa leyeh2 menikmati suasana alun2 sambil menikmati es teh manis dan lontong tahu.

    #yuyun
    Kapan neeh main-main ke tulungagung sambil belanja kerajinan onyx(marmer) ?

  13. Olivier, saya tidak memiliki referensi yang cukup untuk menulis tentang gunung budeg (budeg dalam bahasa indonesia berarti tuli). Satu-satunya referensi yang saya miliki berasal dari cerita legenda gunung budeg dari orang-orang tua di kampung sewaktu kecil.

    Dikisahkan pada jaman dahulu kala ada seorang ibu yang memiliki anak laki-laki. Pada suatu hari sang ibu mencari anaknya tersebut. Setelah dicari kesana-kemari akhirnya sang ibu melihat anaknya sedang duduk bersila dipuncak gunung. Pada saat itu si anak sedang melakukan semedi. Kemudian ibu tersebut memanggil anaknya, namun anaknya tersebut tetap diam tidak menjawab panggilan ibunya. Karena jengkel sang ibu mengeluarkan kata-kata “budeg“. Seketika itu sang anak berubah menjadi patung batu dan gunung tempat anak tersebut melakukan semedi kemudian dinamakan gunung budeg.

    Gunung ini sebenarnya kurang tepat jika dikategorikan sebagai gunung karena terlalu kecil. Kalau tidak salah gunung ini berada dalam wilayah kec. boyolangu. Akses menuju gunung ini sangat mudah dijangkau, kurang lebih berjarak 6-8 km sebelah selatan kota tulungagung. Terletak di sisi kiri jalan raya tulungagung-pantai popoh. Untuk menuju kesana bisa menggunakan kendaraan umum jurusan tulungagung-popoh, turun di pasar boyolangu atau bisa di perempatan desa Tanggung (ada sekolah dasar SD Tanggung di perempatan tsb).

    Gunung tersebut sering dikunjungi para pendaki gunung. Di sana juga terdapat candi yang bernama candi Dadi.

    • hay salam kenal
      aq okta..bener bgt tu org tua aq Jg org tulungagung waktu aq ktmapt kakak ku di wajak terlihat gunung budeg..dan yg kmu critakan sama bgt yg diceritakan org tua qu…

  14. Assalamualaikum. Saya asli Tulungagung sekarang kebetulan saya kuliah di UNIBRAW. sebelumnya saya ucapkan selamat kepada kabupataen tulungagung yang telah masuk rekor MURI berkat kesuksesannya melaksanakan pilkades serentak di 189 desa pada 28 januari 2007 lalu, sebagai warga tulungagung saya merasa sangat bangga. Oh ya saya dengar kabupaten tulungagung telah memiliki kerja sama dengan UNIBRAW kira2 dalam bidang apa ya, serta apa contoh program yang telah dilakukan?. Mohon informasinya.

  15. Wa alaikum salam wr wb..
    Mas Aziz, untuk informasi tsb coba ditanyakan pada Lembaga Pengabdian Masyarakat (LPM) Unibraw. Biasanya LPM universitas yang melakukan kerjasama dengan instansi -instansi.

    semoga bisa membantu

  16. tulungagung adalah kota kelahiran saya.saya sangat hobby cethe.tp berhubung sekarang saya kerja di jakarta jd gak bisa nyethe di mbolo lg deh.saya lagi cari solusinya.ada yg bisa bantu gak.

  17. tulungagung adalah kota kelahiran saya.tapi sekarang saya kerja dan kuliah dijakarta.tapi say suka sama cewek mbolorejo.saya bingung untuk pacaran.maslahnya dia gak mau punya cow jauh.gimana ya………….

  18. #muchson

    Gimana klo bikin sendiri usaha warung cethe di jakarta saja? selain bisa digunakan sendiri juga bisa dipake untuk menambah penghasilan. Khan banyak warga tulungagung yang merantau di jakarta.

  19. Tulungagung memang kota kecil namun banyak sekali yg merindukan kota itu. Setiap sy mudik ke tulungagung pasti bnyk sekali yg nitip oleh2 khas tulungagung. “Mbak jgn lupa bawa geti ya….” Ada jg yg nitip, “Mbak bawain aku krupuk rambak ya…juga abon sapinya. Kalo bisa sekalian bawain nasi lodhonya hehe…” Ada jg yg bilang, “Memang kacang shanghai dr tulungagung pancen uenak”. Bangga jg nih jd org tulungagung :D InsyaAllah mei ini sy mo mudik :) Ada yg mo ikut??? :-P

  20. salam kenal mas
    mas tolong…
    ada referensi tentang reog tulungagung ngga?
    soalnya terkadang orang memandang reog tulungagung dengan pandangan mirip reog ponorogo.Padahal sangat berbeda.terimakasih sebelumnya.

  21. #agik
    Salam kenal juga mas.
    ehm…saat ini saya tidak memiliki referensi mengenai reog tulungagung. Mungkin hal tersebut dikarenakan selama ini reog identik dengan reog ponorogo padahal reog ponorogo adalah salah satu jenis kesenian reog di jatim.

  22. Salam kenal,
    Aku juga wong tulungagung lho. Sekarang kerja di Djogja. Tulungagung memang ngangeni. Dari enam bersaudara, cuma aku yang ngrantau, 5 kakakku tinggal di Tulungagung. Lodho ayam, sayur lodeh, sego pecel, soto, rawon, krupuk rambak, sambel krupuk pasir, kacang shanghai, ayam goreng abang adjat, nasi goreng sebelah warung 09 + es degan 09 di pasar sore adalah makanan favoritku. Mengenai kesenian reog tulungagung, aku juga kurang begitu tau (baru kali ya?) Yang aku tahu ada banyak kesenian jaranan, salah satunya Kelompok Kesenian Jaranan Safitri Putro. Kalau mau cari referensi tentang kesenian-kesenian di Tulungagung, cari aja di pedagang VCD pinggir jalan sekitar pasar Tulungagung karena Kelompok-Kelompok Kesenian Tulungagung biasanya memproduksi vcd kesenian mereka.

  23. Mungkin ini bisa di jadikan acuan mengenai reog Tulungagung kalau ngak salah ya, karena dulu aku juga anggota salah satu kesenian tradisional Jaranan Senterewe Turonggo Mudo Ds Gondang yg sekarang kerja di Jakarta, menurut pengamatan aku kalau reog Tulungagung yang jelas kalau dulu ngak ada dadak meraknya, Reog Tulungagung cuman terdiri dari 6 orang penari dengan membawa dan menabuh kendang masing-masing diiringi,( 2 kenong 2 nada ) dan 1 gong

  24. ass.
    slm knl smuanya,aku org asli T.Agung lho. Sbnarnya enkan sih tinggal di kota T.Agung trus,tp apa blh buat q hrs mlnjutkan studiku di Surabaya. Skrg aku lg kuliah di ITS. Yaa nih,sglnya tntang T.agung mmbuat ku smakin rindu kampung halamanku,baik itu makanannya,keindahan alamnya,suasana kotanya yg nyaman pokoknya all things about it deh..

    Aku dulunya di SMA Boyolangu prnh ikut Pecinta Alam jadi kbetulan aku dah thu tempat2 di T.Agung yg keren2.Tempat2 yg pernah ku kunjungi antara lain : 1. Puncak G.Wilis(2169mdpl)
    2. Puncak G.Budheg(499mdpl)
    3. P.Sidem
    4. P.Popoh
    5. P.Klathak
    6. P.Sine
    7. P.Brumbun
    8. Air Terjun Penampikan
    9. Air Terjun Jambu Wok
    10.Waduk Wonorejo
    11.Candi Dadi
    12.Candi Boyolangu
    13.Candi Sanggrahan
    14.Situs Goa Pasir
    15.P.Sanggar(Pantai alami yg masih belum terjamah
    mgkin itu saja yg aku inget mgkin ada beberapa lgi tempat yg prnh q kunjungi tp ku lupa.So btp bruntungnya q jd wrga Tulungagung bs mnikmti indahnya keindahan alamnya yg bgitu luar biasa..
    buat tmn2/wrga Tulungagung yg mgkn mmbutuhkan informasi2 mngenai tempat2 diatas/info2 lain mngenai tmpt2 mnrik di T.agung dpt mengirimkan email ke alamat sy geomatic_ok@yahoo.com

  25. hai cah tulungagung piye kabare? saya lahir di tuban 27 tahun silam tapi sejak umur 5 bulan saya telah hidup ditulungagung, skrg saya tinggal di jakarta, semua keluarga saya tinggal di tulungangung termasuk kedua orang tua saya. saya begitu bangga terhadap tulungagung, begitu banyak kenangan manis yang pernah saya tinggalkan di tulungagung. saya berharap kelak kemudian hari saya bisa turut bergabung untuk membangun kota tercinta TULUNGAGUNG.sekian dari saya

  26. oh ya sapa aja yang sering pulang ke tulungagung saya nitip kopi cethe waris, biasanya kakak saya kirim kopi cethe tapi skrg udah jarang, plese ya help meeee. tlg hub saya di 08170070053. bagi sapa aja yg bw kopi cethe

  27. cah tulungagung semua ngumpul disini ya rupanya !!

    weladalah kebetulan sekali !
    yang sedang rindu kampung halaman dan bisa mengakses
    internet , kenapa nggak klik aja http://www.liiur.com
    denger radio via streaming online trus request lagu ..lumayan bisa mengobati kangene ati !

    ( liiur fm team)

  28. aku kangen……banget ma kota kelahiranu tercinta yaitu tulungagung tercinta aku ingin pulang udah satu bulan aku disini aku kangen ma masakan ibu ibuku,ma bapak ku,adikku yang nuakal banget,terus pino kelinciku yang imut,kipliku yang besar kamu harus makan banyak biar cepat guede……….geti adlah makanan kesukaanku

  29. Hai…!Tulungagung,hai morat-marit,warkop cethe,hery tikus pa kbr…?q bukan orng asli Tulungagung tp q pernah kerja di warkop cethe,ga to hrs ngomong apa yg pasti q ngefan bngt ma Tulungagung,bg tmen2 Tulungagung yg lebaran mudik jngn lpa nyethe ndek warkop gothil,cabe,gondang.jd ngiklan…..!!! pokoknya tmptnya asik banget.salam kenal buat smua orang Tulungagung di mna aja,HIDUP TULUNGAGUNG MAJU TERUS….!!!!!!!

  30. aq juga wong tulungagung, aku juga kangen dengan kota kelahiranku, sekarang aq nempuh study di masters program in peace and conflict resolution UGM, ak sedih banget kenapa hutan di desa sebalor dan daerah sekitarnya dibabat habis, kerusakan alam yang luar biasa serta erosi yang mengancam kehidupan warga menjadi ancaman, didesa tulungrejo kec. bandung terdapat tambang mangaan, sebagai warga tulungagung aku ga rela orang asing ikut-ikut ngambil mangaan diitu coz dengar-dengar australia dah ancang-ancang untuk ikut nimbrung disitu.. saya turut menghimbau semua warga tulungagung tidak tinggal diam dengan kerusakan alam dan apabila dominasi asing mau datang disitu.. salam peace

  31. Ass.
    Cah2 Tulungagung kabeh piye kabare???Moga2 kalian semua baek2 aja ya dan senantiasa diberikan kesehatan yang barokah sama yang di Atas.

    Q Sedih banget nih, mendengar kabar bahwa Tulungagung Skitar beberapa hari yang lalu telah dilanda musibah angin puting beliung. Sampai-sampai menimbulkan korban baik materiiil maupun non materiil yang luar biasa. Sebagai warga Tulungagung yang baik sebenarnya saya sangat pengen meringankan penderitaan para warga yang tertimpa musibah tersebut, namun saya bingung mau menyumbangkan sumbangan tersebut dimana karena saya sekarang sedang kuliah di ITS Surabaya dan ga ada waktu unutk pulang.
    Sekian dari saya terima kasih

  32. saya warga tulungagung yang hidup di trenggalek,
    kenapa pemuda tulungagung sekarang banyak yang kacau???
    dulu waktu saya tinggal di tulungagung banyak yang alim-alim, tapi sekarang saat saya kembali sudah berubah, banyak yang urakan. hai pemuda tulungagung, tunjukkan sikap budayamu dengan jelas dan mantab, jangan meniru budaya barat yang merusak moral dirimu sendiri, bapak bupati tolong diperingatkan anak-anak muda sekarang , makasih.

  33. aq bersuamikan orang tulung agung, aq ingin sekali membuat masakan khas tulung agung. tapi aq gak tau…. siapa yach yang bisa bantu aq memberikan resep masakan khas tulung agung

  34. wlw aq bukan orang tulung agung tapi aq senang sekali bila berada di tulung agung, setiap tahun di hari raya dipastikan aq ikut suamiku yg orang tulung agung mudik dan hal yang pertama kaliny kukunjungi setibany disana adalah makan bakso dan es beras kencur didepan stasiun yang menurutku enak banget. jalan jaln sore ke alun alun trus magriban di Masjid Jami,trus klo pagi belanja dech di pasar wage. Wah pokokny indah bgt dech Tulung Agung!!!!

  35. aku sekarang kerja dibandung, lahir dan besar sampe sma di tulungagung. ada nggak teman-2 tlagung yang tinggal dibandung?….
    tulungagung kota kecil sing ngangeni..
    Tiap mudik, pasti golek sarapan sego pecel, sak dalan-dalan ketemu bakul sego pecel
    kabeh enak-2, tur murah banget.
    Sayangnya jualan di alon-2 dipindah nang pasar ngemplak.. dadi ora nyaman digawe mlaku-2 sore.
    mugo-2 pemda iso nggolekne panggonan sing nyaman kanggo gantine dodolan nang tengah kutho..

  36. aku lahir dan besar di Tulungagung, namun sejak sma (lulus dari Smuked angkt. 99) aku kuliah di Semarang, kemudian 1 setengah tahun ini aku kembali ke Tulungagung karena panggilan hati mengabdi pada negara, aku lulus tes Cpns tahun 2006 kemarin dan dinas di Dishub Kabupaten Tulungagung, dulu aku mengira aku tak akan hidup di Tulungagung mengingat aku yang suka melalang buana, tapi mungkin sudah takdir dari Allah. tapi aku bangga bisa menjadi salah satu penerus bangsa yang membangun kota ku kembali dan semoga ilmu serta pengalaman yang aku peroleh dari jauh bisa bermanfaat untuk kotaku ini,

  37. aku lahir dan besar di tulungagung,tapi sejak lulus smp aku pindah ke kediri dan sekarang tinggal di pasuruan,tapi aku tetep cinta banget ma tulungagung…aku slalu kangen ‘sego lodho’nya…

  38. Waduh…, mbaca coment-e sedulur kabeh dadi tamabah kangen karo Tulungagung nich… Aku asli wong Tulungagung ndeso pisan (ds. Tawing, Gondang) tapi sekarang dah gawe & mariied dng wong Suroboyo. But Tulungagung memang penuh kenangan yang sangat pantas untuk selalu dilamunkan. Meski aku masih sering pulkam tapi aku nggak bisa mlaku-mlaku blusukan alas Tulungagung maneh coz nggak ono koncoe. bagi yang mungkin masih aktif di PA ato Pramuka Tulungagung kalo ada acara boleh dong aku di contact di Aku_sas@yahoo.co.id. Juga para Alumnus SMA Kauman tahun khususnya antara 95-99 yang kenal ama aku(lulusan 97) juga boleh contact to me…, aku kangen & pengen silaturahmi. Bravo wong Tulungagung…..

  39. aku yo asli tulungagung, banyak yang belum tahu kalau pemuda tulungagung itu punya sikap gigih dalam bekerja. Misalnya tdk pernah mengeluh walau pekerjaannya itu berat. Orang bilang cari motor di tulungagung gampang-gampang susah,padahal kalau menghubungi aku pasti aku jamin gampang banget gitu…. kalau tdk percaya silahkan coba hubungi aku via email ini. Sekalian membantu pemuda tulungagung yang gigih ini untuk mencapai targetnya.

  40. aku yo asli tulungagung, banyak yang belum tahu kalau pemuda tulungagung itu punya sikap gigih dalam bekerja. Misalnya tdk pernah mengeluh walau pekerjaannya itu berat. Orang bilang cari motor di tulungagung gampang-gampang susah,padahal kalau menghubungi aku pasti aku jamin gampang banget gitu…. kalau tdk percaya silahkan coba hubungi aku via email ini miozr_888@yahoo.com. Sekalian membantu pemuda tulungagung yang gigih ini untuk mencapai targetnya.

  41. rokok’e reco penthung
    weton pabrik tulungagung
    sopo yo sing durung
    rokok reco penthung
    yen durung menyango warung
    tuku rokok reco penthung

    mas dadang, ngedol motor thok yo, opo karo mobil sisan?
    lha upomo nuku mobil ngono iso opo ora?

  42. Tahun 90-an, 80, 70 paling cmn sithik wong-wong tulungagung sing ora kenal karo rokok retjo pentung. Rokok retjo pentung juga di kenal di berbagai kabupaten di jatim. Beda dengan perusahaan rokok gudang garam sing ono di kediri saiki malah semakin besar, sakwise ditinggal karo pendirinya, rokok retjo pentung mengalami kemunduran sehingga akhirnya ditutup.

    Ono sing ngerti kronologi kisah-kisah akhir dari perusahaan rokok ini ? di share dong informasinya di sini..

    • Kasian Keluarga Retjo pentung,
      Ambisi, Serakah, Family broken, sampai kemurtadan terjadi di sini hingga saat ini masing masing hierarchy keluarga pun terus terpuruk………………Subhanallah..

  43. Saya lahir di Campurdarat, tapi sudah 2,5 tahun ini kerja di Jakarta. Lha sore ini kok tiba-tiba kangen pingin ke Gunung mBolo, soalnya saya punya rutinitas nyekar ke Sri Gading sana, tempat simbah, dan biasanya juga sore-sore gini. Lha iseng googling kok nemu site ini. Seneng nih, ternyata banyak sesama yang juga kangen TA. Oh ya, ada yang tau gak, kira2 di Jakarta ada komunitas kekeluargaan orang-orang TA gak ya?
    Salam kenal buat semua. Mas Heru makasih teras di blognya.
    Titip buat Mas Alvian, kalo nanti bener jadi bupati TA, ndak usah mbangun mall ya…
    ^_^

  44. Sy setuju dg mbak fitri. Mall hanya menciptakan kebiasaan yg tidak produktif dan bisa berujung pada hedonisme dan konsumerisme. Lagipula orangtua saya adl pedagang di dalam pasar tradisional. Skarang aja pasar sudah sedemikian sepi, karena memang gaya hidup masyarakat T.agung sudah banyak berubah. Hal ini, meburut saya disebabkan oleh pengaruh media massa dan menjamurnya pusat2 pertokoan baru. Wah, apalagi kalo ditambah MALL ya??!!
    Eh, skarang calon kepala daerah independen udah bisa ikut pemilu kan??? Weh, isa melu aku. Sapa ngerti bisa memecahkan rekor bupati termuda Klaten.

  45. waduuh….sdh lama belum pulang ke kampung Tulungagung, sejak 1997 saya tinggal di jakarta. Dan sekarang sudah berkeluarga di ciputat, kangen sama makanan disana, antara lain, sate dan gule kambing Pak brewok depan Masjid al-Muslimun kepatihan, Sego goreng (yg dimasak pakai tunggku arang) deket alun2, sate ayam ponorogo dan lain-lain…..Maju terus Kota-ku..

  46. saya asli orang tulungagung, Saya kuliah di Fisipol UGM sedang selesaikan Skripsi mengankat tema Motivasi pengrajin onix Tulungagung
    saya kepingin minta tolong tentang sejarah berdirinya kerajinan onix dr jaman pra sejarah yang ditemukannya fosil homo wajak kensis, jaman Belanda, pasca kemerdekaan dan sampai sekarang.
    siapa yang kira2 bisa diwawancarai mengenai sejarah tersebut?

    Agung..mungkin bisa datang ke dinas Pariwisata kalau tidak salah alamatnya di JL. Ahmad Yani Timur Gg. IV/7 TULUNGAGUNG (0355) 321 962. Semoga skripsinya lancar

  47. ass.buat mas heru,dan teman-teman lain yang mo pulang kampung ini alamat pusat krupuk rambak uenak di t.agung. Kios rambak “wahyu abadi” pak Djarwo asli Telp (0355) 7722296 pass.. didepan stasiun hadap ketimur Jl. P Antasari 51 dijamin asli ..uenak. Disana juga tersedia oleh0oleh khas t.agung yang lain macem-macem deh… ada geti, tempe, manco,sambal kacang,sele goreng,krupuk pos,dll. Melayani pesanan parcel juga lho..untuk lebaran dan natal …

    dea,
    Trims untuk informasinya. Btw..dulu sewaktu masih kuliah saya saat pulang naik kereta api sering lewat kios-kios depan stasiun t. agung. Banyak yang jualan jajanan khas t. agung. Jadi bagi yang mau nyari oleh2 jajanan khas bisa datang ke tempat tersebut

  48. Ass.Buat temen-temen semua yang ada di Tulungagung khususnya yang ada di Sumbergempol dan lebih khusus lagi buat teman-teman yang lagi merantau meninggalkan kota yang kita cintai bersama yaitu Kota Tulungagung.Saya sangat bertrima kasih dengan adanya blog milik mas Heru ini kernduan akan kampung halaman sedikit banyak bisa terobati.Saya sekarang ada di Palu,jauh memang… tapi mau diapa saya dapatnya dinas di sana ya tinggal jalani saja mudah-mudahan saya cepat bisa mutasi sehingga bisa kumpul dengan keluarga dan saya sudah hampir 5 tahun.Padahal saya baru cuti 2 bulan lalu tapi rasa kangen akan Kotaku datang lagi,rindu dengan Puntennya mbak Yatun yang murah meriah dan kadang-kadang sampai mencret karena terlalu pades.

  49. assalamualaikum……
    saya asli putra tulungagung
    tepatnya di ds. beji dekat smea negeri
    sudah 13 tahun aku tinggal di kota tepian
    salam buat warga tulungagung yg di perantauan
    buat alummni sltp negeri 1 anggkatan 1989 kelas III-i
    khususnya dan STM negeri class of ’92 khususnya B-3
    salam dumateng bpk. heru cahyono……
    siapa saja yg punya mp3 nya “GOLEK KENCONO” nya SAFITRI putro, saya mau klu dikirm via e-mail
    matur sembah nuwun sakderengipun
    wassalam……


    Wa alaikum salam wr wb..
    Salam kenal mas supri..wah sudah lama juga anda di perantauan. Tibak’e sampeyan penggemar kesenian jaranan :-) .
    Sayang sekali saya tidak punya mp3 yang anda cari. Mungkin ada rekan lain yang punya ? silahkan diinformasikan kepada saya nanti saya teruskan ke email mas supri.

  50. Aku Asli wong Tulungagung tapi saiki ono Kalimantan Timur tepatnya di Tenggarong, waduh saya kangen benar dengan tulungagung tapi kok sedikit banget kabar tentang tulungagung, informasinya kurang lengkap tolong ya di banyakin aja informasi tentang tulungagung, OKE

    • Guruh, kalo boleh kutebak nama lengkapmu apa “Guruh Ari Nugroho” ? Kalo benar, wah aku kangen banget ama kamu. kita dulu pernah sekelas di SMPN2 Tulungagung. Kalo ngga salah jg waktu itu kelas 1B. Kamu skr msh di Kalimantan? Wah jauh banget itu, pasti setiap saat kalo lg inget hal2x masa lalu, apa lagi saat2x masih di tulungagung, past kangen banget ya. Aku aja yang masih satu pulau di Jakarta, kayaknya pengin tiap minggu plg.

      Kabarnya temen2x gimana ya.. apa udah pada sukses 2x ya.
      mudah2xan dech.

      Kalo ngga salah inget temen 2x SMP kita ada Totok Wibisono, Kukuh, Mualim, Imam Turmudi, Dodik, Dian, dan masih byk lainnya.

      Guruh nih No Hpku, kita bisa kounikasi : 0818-990936

      Ruh aku ke Jakarta sejak tahun 1996 habis lulus STMN Beji.Aku main proyek di sini, dan kalo ngga ada masalah habis lebaran insyaalah akan ada proyek Rumah Sakit Kandow di Manado.

      Kamu di Kalimantan main di Bidang Apa? Udah Berapa lama?Walau aku udah 13 tahun di Jakarta, tapi tiap malam masih sering ngimpi serasa di kampung… he he he.

      Ok bos , aku tunggu kabarmu.
      Thanks.

  51. wah jadi kangen aku kalo udah pada ngomongin TULUNG AGUNG… kenalne yo aku choirul dono-sendang udah dari 95 aku ninggalin ndesoku. saat ini lg gawe dibatam.. pripun tulung agung sakniki.. pengine bs pulang lebaran ini. aku kangen sama sompil tambah peyek..joss kayane.
    mas kalo lebaran masih ada balon nggak ya ? aku kelingan lho cilikankoe seneng nguber2 balon nyang sawah2…salam kenal ya buat semua..matur nuwun

  52. saya bangga bgt jd warga TA trcinta ini meski skr udaranya panas entah krn kondisi alam atau apa saya g tau………..dulu saya pernah tinggal di surabaya selama 2 tahun tp kerinduan akan TA wow besar bgt slalu ingin pulang, n satu pengalaman lucu saya dulu waktu di sby bnyak orang2 yang menghina bhsa n cara ngomong saya katanya terlalu medok n g gaul, saya cuma bilang ini bahasa saya dan saya ingin mengembangkannya di sby, selang 2 bulan bnyak tmn2 yang tertarik dengan bhsa n cara ngomong saya yang medok n ga gaul itu akhirnya bnyak tmn2 yang minta diajari ngomong ala TA tuh….duh bangganya hehe….skrng aku back to TA again n alhamdulilah dah kerja di kotaku tercinta ini…thanks to TAq moga wargamu slalu guyub rukun n maju terus kita buktikan pada dunia bahwa TA adalah kota kecil yang hebat……………………..
    maju terus TA bersama pak Heru Tjahyono…… :)

  53. Hai
    aku ni juga asli tlagung lhoooo aku sekarang kuliah di akper depkes malang meskipun aku sudah tinggal lama di malang bagiku tlagung is the best place………. salam buat bocah-bocah tl agung yang lagi kul d malang moga da organisasi yang bisa memepersatukan kita di perantauan ini. makasih juga buat mas heru….

  54. hallo mas Supatman..
    Mas Mukshon yg SMA 1 TA itu nama MUKCSHON HAJI…
    cah kui pancen.. seneng SEJARAH.. lek diskusi ..
    jan UAPIK.. ngengkelan tapi sing digawe referensi KOMIK…
    io.. mukshon kui omahe mburine SMPN 1 Kedungwaru..

    PIYE SON KABARE … lali karo aku po ora..
    Piye kon wis rabi po durung… LEK sik eling karo aku..
    kapan2 dolano rene yo.. WIS to.. ora2 lek tak… sangoni BOGEM…

    AKU sbg warga TA juga seneng eneke BLOG iki… tapi lek jujur aza.. blog iki .. menurutku… terlalu polos.. sangat sederhana.. lek wong enom ngono ngomonge MISKIN FITUR… TAPI gak popo sing penting wis okeh sing NGRESPON… lumayan AWAL yang bagus…

    Tapi lek di delok2.. ternyata banyak komentar dari ORANG tulungagung yg MERANTAU…..

    pada kangen leke bocah2 tulungagung kui…
    lek ngarani cah2 enom HOMESICK…

    tULUNGAGUNG PANCEN enak adem ayem.. ngrejekeni..
    sayang lek golek pegawean adoh2…

    TAPI AKU MEK Nyaranne ae… marang wong2 sing geleme mek mbangun2 ae… tulungagung iki wis kuto… ojok mbok kuthakne .. eneh.. engko tulungagung marahi SUMUK majet.. rame.. polusi… dll.

    Aku tetep mencintai tulungagung yg lenggang damai asri, bukan tulungagung yg semakin kehabisan tanah lapangnya, sawah mulai sempit, hutan mulai gundul, jalan makin padat… STOP perum… optimalkan RUMAH KAMPONG aza… PENAKE buat INTENSIFIKASI aza jangan Ekspansi terus.. nti gak ada TEMPAT NGESIS klo semua SAWAH tanah lapang dijadikan PERUMAHAN….

    TANK

    dariKU cah MBOIS arek asli TULUNGAGUNG

  55. sebelmnya saya minta maaf. pak klo ngurus surat2 kaya ktp jangan mahal2 saya pernah ngurus habis di desa 3000 di kecamatan 15000 jadi total 18000 itupun petugase g profesionl waktu sya mintai bukti pembayaran malah dimarahin. sedangkan klo kolektip 8000 sebenarnya berapa? n klo bisa ngurus ktp bisa online cos banyak orang yang punya ktp dobel. klo masalh adm ktp aja g bisa tertib pa lagi yang lain.

  56. tak sengaja googling dan nemu blog ini. Kangen kampung. Kangen nasi pecel, kangen bakso pak Mun (selatan stasiun) soalnya pas kemarin mudik gak sempat mampir kesana. Oya, lodho sego gurih juga gak sempet makan. Damn!

  57. saya juga orang tulungagung yang lagi merantau. kalo ngomongin tulungagung, ak jadi teringat kalo ak lihat gunung2 di daerah selatan. banyak yang gundul. walaupun saya juga maklum karena memang tanahnya tanah kapur campur batu. sehingga sekali gundul sulit ditanami lagi. kemarin waktu lebaran ak juga sempat ke sendang. ternyata mengecewakan. ga da hutannya blas. gundul. malah yang namanya kebun teh sudah amblas. kata orang sekitar, tanahnya sudah dibagi-bagi. trus juga g ada yang nglola. padahal potensinya cukup besar. mungkin kalau ada bapak2 pejabat yang baca tulisan saya, sudilah kiranya memperhatikan masalah ini. entah siapa yang harus disalahkan. apakah orang2 sekitar yang kurang kesadaran dengan menggunduli hutan, atau pejabat yang kurang konsen pada masalah ini. selain itu masih banyak lagi hal yang harus dibenahi. mungkin akan saya kemukakan lain waktu. tapi saya tetap rindu tulungagung. rindu kopinya waris,ma kopinya yetik karangwaru.

  58. Ass. wr. wrb.

    Mas Heru jenenge kok podo yo, salam kenal mas, aku iki asli wong TA yoiku ing Kepatihan, BTA / POLRES Ngetan tapi sejak Tahun 1989 pindah ing Ds. Gedangan Karangrejo. Saiki lagi merantu di Kalteng cari UPO sesuap. Suwe Gak pulang kangen banget, ee lagi googling ketemu webnya sampean. Dadi kangen aku karo TA.

    Buat temen2 alumni SMP N 1 TA Tahun 83/84 dan STM N TA 86/87 Listrik, Kalau pas ketemu web ini tlng hbngi aku ya (08125172710), aku wis kangen karo konco2 kabeh.

    Terima Kasih mas Heru semoga web sampean tambah rame

    salam buat rekan2 semua

    Heru Sulistiyo

  59. ass.sbg orang asli yang daritk ampe sma di tulungagung. q bangga banget. kini q kuliah di unair sby. kmarin q juga sempat melakukan penelitian tentang pembangunan di tulungagung. selam saya penelitian di berbagai daerah spt medan,ntb,tuban, lumajang ,pamekasan, bali,jakrta,jateng. tulungagung serasa berkesan. q juga mahasiswa akhir ilmu sejarah unair akan skripsi mengenai NIYAMA serta banjir di ta.
    april 2007 kemarin saya juga menjadi 4besar makalah di seminar nasional ikatan mahasiswa sejarah indonesia dengan judul”historiografi dan memori sejarah:studi penyebutan terowongan Niyama Tulungagung”
    mungkin dalam kelanjutannya aq ingin pemkab tulungagung bisa membantu dana penelitian skripsi ku terutama orang arsip ,jasatirta jagan bulet2 birokrasinya. kpd pak heru cahyono moga bisa membantu.amin
    wass

    • Om,
      Kalo masalah terowongan Niyama itu kalo tidak salah itu bahasa Jepang yang mana masyarakat Tulung Agung khususnya bagian selatan yaitu daerah kecamatan Pakel, Campur Darat, Boyolangu, Besuki, Bandung Gondang, Sobontoro dsb.. yang menurut cerita orang dulu daerah ini dulunya adalah derah rawa-rawa dan tidak pernah kering meskipun musim kemarau bahkan banjir bandang adalah hal yang lumrah pada setiap taunya. Terowongan Niyama yang oleh masyarakat sebelumnya dinamai terowongan Sukomakmur, yang mana nama ini diberikan oleh sesepuh masyaratkat yaitu almarhum pak Martoyo. Alm pak Martoyo adalah sosok yang menggerakan masyarakat diwilayah tersebut diatas untuk membuat terowongan kearah selatan secara manual dan dikerjakan dengan tenaga ribuan manusia, menurut cerita dari saksi hidup terowongan ini dikerjakan selama 3 tahun, dengan semangat heroiknya masayarakat Tulung Agunng selatan ini bisa menjebol gunung dan selesai tahun 1958 dan setelah selesai dibuat oleh masyarakat, Alm pak Martoyo terowongan ini diberi nama Terowongan Suka Makmur. Dan diresmikan oleh Presiden RI 1 Bung Karno dengan nama Terowongan Suka Makmur, kalo sekarang namanya dirubah menjadi Niyama, sy kira ada unsur2 dari pihak tertentu untuk menggelapkan sejarah.

      Apabila om ada kesempatan untuk menambah bahan untuk penelitian, om bisa gali innformasi dari saksi hidup yaitu mbah Dipo sekarang bedomisili di ds Sambitan kecamatan Pakel, keluarga Alm pak Martoyo sendiri sekarang ada di ds Bangun Mulyo, Kec Pakel.

      Demikian semoga menambah khasanah sejarah Tulung Agung

  60. Ass.wr.wb.
    Meski bukan orang tulungagung, tp sdh beberapa kali gitulah berkunjung kesana. kota kecil di pesisir selatan pulau jawa yang menurutku adem, ayem, tentram. cuaca emang panas banget ketika bertandang kesana, tp jd lebih seger jika melihat situasi yang ada. Angin nya terasa alami banget, blm terjamah blas, ibarat kata msh perawan. hanya saja buatku tdklah masalah mengalami panas nya terik tulungagung. toh aku tinggal di semarang, tentunya sdh biasa dunk. Tapi namanya juga kota kecil, kita kesulitan mengakses informasi-informasi melalui internet. Karena warnet-warnet tdk berhamburan seperti di semarang. Clothing juga gak begitu cocok kalo utk kita yg terbiasa hidup di kota besar. SURF SHOP tdk tampak disini. tapi tenang aja, akses menuju malang deket kok. toh di kota malang sdh banyak mall2/ planet surf jg telah ada. kalau bookstore, wah ini kayaknya yg perlu diperhatikan… bikinlah bookstore/ perpustakaan yg lumayan lengkap. Tiap kali ke tulungagung, utk menambah daftar kepustakaan, aku terpaksa ke gramedia/ togamas malang. wah.. padahal buku itu penting bgt lho bung!! soal makanan khas… sama aja. menurutku titik keren nya tulungagung itu ya nuansa adem ayem nya.. orang-orang nya yg ramah. Tapi swear, nuansanya keren banget, so setuju banget gak usah didirikan mall.. tp meski mall gak berdiri, bookstore nya dong.. toh itu jg buat masa dpn pendidikan di tulungagung. By the way.. Kebetulan calon suamiku orang tulungagung jg. Insyaallah, setelah tesisku terselesaikan, keluarga kami jg merestui, kami akan sgr melangsungkan pernikahan, kemudian aku akan memilih tinggal di tulungagung… membangun kota tulungagung menjadi kota yg beriptek & imtaq..amien.
    mohon doa ya Mas Heru…
    Wass.wr.wb.

  61. Wah JAdi kangen nih ma Tulungagung.

    PA LAgi Soto Ayam P. Min Depan stasiun

    KAngen ma kebersihan dan Kerapian Kotanya

    Walaupun Panas

    Aq Akan selalu kembali ke Kota TErcintaq

    Btw ada ANak T.A yang TErdampar di BAndung ga?

  62. Buat Bpk. Heru Cahyono, saya mengucapkan selamat hari raya idul fitri 1428 H ( biarpun terlambat kan pak….?^-^…..)

    Ayo pak heru,….majukan kota kelahiran saya……

    ciptakan kota tulungagung lebih dari sekedar “BERSINAR”

    salam buat warga T.A di wilayah kaltim

  63. Saya dulu pernah tinggal beberapa waktu di tulungagung. Sekolah di SMUBoy. Sekolah yg kerén. Kadang kami bolos dan jalan2 ke pantai sidem. Pantai yg eksotis dng penarik2 jaring. Sayangnya orang tuaku pindah ke Kota minyak. Balikpapan. 10 tahun kemudian ak kenal teman di chat, namanya Tatar. Lulusan SMU kauman. Mantan model Raka Raki. Tinggal di Desa Tanggung Campurdarat dng orang tua angkatnya. Sekarang kerja di Jakarta. Kalo ada yg kenal, contact saya ya. Sms juga boleh. Ke 08115483108. Tulungagung kota kecil yg sangat indah

  64. Tulungagung, kota kecil yg sangat indah. Pantai sidem, popoh, marmer, membuat gw kangen utk jalan2 kesana. Meski gw bukan asli tulungagung, tapi gw kagum. Kagum dng keramahtamahan, kesederhanaan yg jauh dari hiruk pikuk modernisasi. Setahun lalu gw mampir ke tulungagung. Masih seperti yg dulu. Ramah,dan sederhana. Jauh dibandingkan dng kehidupanku skrg. Balikpapan. Kota yg hanya utk mencari uang dan uang. Jauh dari kesederhanaan. Dulu gw sempat study di SMUBoy. Sekolah yg jadi idaman siswa. Masihkah dirimu menjadi sekolah favorit?. Untuk pembaca, kita bisa sharing. tatah80@yahoo.co.id

  65. aku yo wong tulungagung yang lagi merntau…
    meskepun kota kecil, aku tetep kangen ma kota marmer..
    pa lagi sama makanan2 khas-nya….,warung kopi…..,bilyard……,pantai….,
    tulungagung tetep yang terbaik…

  66. Assalamu’alaikum wr. wb.

    saya salut. ternyata orang Tulungagung rame juga di dunia maya ini, tidak hanya di warkopnya waris dan mak tin di desa bolorejo.

    Untuk para saudara sekampung dan sekota yang saya banggakan, saya yakin ada seorang diantara saudara yang ahli, lebih berpengalaman ataupun yang punya waktu luang untuk ngenet, saya harapakan bersedia membuat suatu forum yang khusus membahas masalah dan segala sesuatu yang berhubungan dengan kota kita tercinta.

    Dengan demikian tentunya akan menambah tali persaudaraan diantara kita yang nantinya akan membawa manfaat yang lebih berguna. Khususnya bagi saudara kita yang ada di perantauan.

    “Lha lek kepethuk dulure nek paran lak iso piye ngono lho rasane, jan rasane ora enek sing iso ngijoli”

    Wassalam

    contact :
    ar_060_kafi@yahoo.com

  67. sbnrnya saya asli sby tp ortu dr TA jg,dan sy kul di unair. Btw anyway busway ce2 dr TA di Unair maniest2 lho, sy ja smp naksir~hehehehe…. lah koq malah curhat^^

  68. kota kelahiran-ku rupanya tak lepas dari bencana…
    biarpun itu sekedar teguran dari-Nya.

    semoga saudara² ku yg tertimpa musibah di tanah kelahiranku tercinta TULUNGAGUNG, tetap tabah dengan cobaan ini

    salam dari kota samarinda, buat djarno ….. piye kabare…?

    isik kelingan kagak kita golek wedhoes² biyen, nonton nag TT, merpati, istana……

    tapi saiki kabeh wis arwah utowo dadi mall kan…?

  69. Halo halo numpang aku asli wong Tulungagung angkatan 96′ STM veteran Sobontoro salam kenal sedulur sedulur kabeh , mari kita berdoa semoga saudara2ku yang tertimpa musibah di tetap tabah dengan cobaan ini ;

    mas Heru ada beberapa contoh yang aku bikin artikel bolehkan matur suwun salam semua warga Tulungagung

  70. salam kenal mas tatah aku di jakarta

    bukan banjir tapi angin puting beliung aku juga dapat info dari Tv kurang jelas juga ,

    mas klo ada aku minta emeil Bapak Bupati Tulung Agung

    terima kasih
    artagung

  71. DALAN NANG SUMBER PANDAN KAPAN DIASPAL??????? JAMAN WIS MODERN MASIH KAYAK JAMAN PERANG, PAK BUPATI NDANG ASPALEN DALANE SING ARAH KE JAMBUWOK (DARI ARGO WILIS KE ATAS!!!!!!!!!!!!!PEACE MAN WARGA SUMBER PANDAN DI JAKARTA…NTAR TAK GANTI IKI MASIH KULIAH COIIII

  72. MASYAALLAH…!

    hutan di kota kelahiran ku di embat juga sama oknum aparat……kasihan masyarakat tanggunggunung nantinya

    biar saya jauh di perantauan, saya selalu mengikuti perkembangan di tanah kelahiran saya

    kados pundi menika pak heru….?

    panjenengan selaku number one nya Tulungagung…. harus berbuat yg terbaik untuk Tulungagung…
    jangan biarkan hutan di tulungagung di embat oleh oknum² yg bisa dibilang brengsek, yg hanya untuk kepentingan pribadinya.

    smoga tulungagung di bawah kepemimpinan pak heru cahyono
    selalu jaya dan sukses disetiap bidangnya

  73. Saya Lulusan UNIVERSITAS UDAYANA BALI saat ini sedang mengadakan penelitian di Kabupaten Tulungagung. Dengan adanya penelitian kali ini di harapkan dapat mengungkapkan sejarah kota marmer ini.
    banyak orang yang tidak tahu tentang Tulungagung, maka jangan sok pasang lidah apabila belum mengetahui seluk beluk Tulungagung. sejarah Tidak mengenal lelah dalam mengungkap suatu kesejarahaan.

  74. haallo, q juga asli Tulungagung city, ni lagi nempuh kuliah di Brawi…. Btw q ngambil skripsi tentang transportasi di Tulungagung, bt vinyas bisa di bantu dong bt data-data sekundernya..

  75. Mas Heru, matur nuwun yoo…. iseng2 malah ketemu blog iki. Aku asli Tulungagung, kel. Karangwaru. Saiki golek sego neng Kalimantan. Tulungagung memang penuh kenangan… kangen ama sego pecel mbok modin, tahu lontong “dook” wetan doplangan sepur kenayan, sego patik, sate bebek SMP 1, krupuk rambak sembung…wah ngangeni tenan…
    salam kangen buat alumni SMA 1 Kauman th. 95…

    salam,
    Andryas

  76. assalamualaikum..
    sebenarnya sistematika otonomi daerah itu bagaimana sih???
    mana kebijakan yang harusnya dilakukan pemda atau pem pusat???
    klo kemiskinan itu tanggungannya siapa?
    klo pembangunan daerah itu tanggunganny siapa?
    klo pelestarian lingkungan tu tanggungannya siapa?
    klo bencana tanggungannya siapa?

    klo tak liat sih, walau masarakat tulungagung merasa bahagia, tapi yang hidup di bawah garis kemiskinan masih banyak.. ini urusan bupati,gubernur ataw presiden??
    pembangunan juga kok cuma alun2 sama masjid jami’?? masjid tu g perlu megah, yang penting makmur masjidny…
    klo jalan depan rumahku g diaspal(4 km dr alun2) trus jalan2 d tempat ynag lebih jauh dari kota gmn??????
    aku tanya cos aku g tw berapa sih pendapatan daerah ini?? cukup g sih bwt ini itu???
    hendaknya lebih d floorkan ke rakyat..

  77. ^^ untuk comment di atas,

    masyarakat yang hidup di bawah garis kemiskinan adalah tanggungan negara. Tetapi jangan sampai kemiskinan itu dimanfaatkan untuk mencari bantuan dan menggantungkan diri pada pemerintah. Kalau harus ditanggung dan dikerjakan sama pmerintah kan puyeng juga mereka…

    Masyarakat Indonesia, Tulungagung pada khususnya adalah masyarakat yang mandiri dan berdikari. Mereka adalah masyarakat yang mampu mengorganisir kebutuhan dan memenuhi kebutuhannya sendiri. Pemerintah adalah salah satu fasilitas yang menjembatani dalam mewujudkan keinginan masyarakat yang bersifat membangun tersebut.

    Meskipun demikian pemerintah juga jangan sampai melupakan rakyatnya. Kalu rakyat sedang giat-giatnya membangun dan berupaya mandiri, Pemerintah diharap dapat menjalankan wewenangnya dan kekuasaannya dengan sebaik-baiknya khususnya untuk membantu masyarakat.

    Jadi kemakmuran di kota kita dapat tercapai jika pemerintah dan rakyat sama-sama mandiri, tidak saling melempar tanggung jawab serta melaksanakan tugsanya masing-masing dengan penuh tanggung jawab pula.

    Untuk itu adalah salah jika kita terlalu banyak bergantung pada PEMERINTAH.

  78. wakgus,

    pancen bener kok saiki wis ono gedung bioskop maneh, panggone nang gdg bioskop merpati biyen. saiki dadi 2 gedung bioskop. aku durung sempat ndelok nang kono soale saiki lagi nang bandung. biasa lah, golek upo. sesasi pisan mulih.

    salam kenal

  79. TULUNGAGUNG DIMATA ANAK SURABAYA (SAYA)

    bagi saya TA tuch obsesi tempat bermukim.

    bagi saya TA tuch ngagen’no bungetss!.

    saya pribadi tidak punya desa & doakan saya dapat wanita TA gak tahu kenapa?!. padahal sama aja & kataya temen saya aneh ko cariya anak TA, padahal katanya anak TA carinya anak Sby!. ya! sutralahhh…

    sejak pertama kali datang hati ini rasanya jatuh cinta sama tuch kota (klepek-klepek gituch!).

    saat gajian (project) dulu aku sempatkan berkunjung ke sana (gak tahu kenapa, pokoké cinta bangetss! meskipun gak ketemu/dipertemukan salah satu anggota keluarga besar xxx).

    duch kebersianya dijaga bagetsss!.(dini hari nyapu bo!). sebagai pecinta alam semesta raya thanks & salut buat pemkab TA

    -yang saya sayangkan saya di Surabaya sering mendegar cerita “aneh” ya itu! kesaktiannya. dhasyat man!-

    UCAPAN THANKS!
    Thanks buat takmir masjid jamik atas kesediannya tidur di sana.
    Thanks buat warung pinggir masjid jamik atas saran “saktinya”.
    Thanks buat temen yang saya kenal (siapapun) baik di kereta api, surabaya, dimanapun.
    Thanks buat warga stasiun yang memperkenankan tidur di stasiun nan indah.
    Thanks buat semuamuamuanya “i love you Tulungagung city”.

    *boleh tanya gimana menjadi warga negara yang baik di Tulungagung? takut ada perbedaan budaya yang mencolok & ada apa-apa (tahu sendiri Surabaya kayak apa)/duch ntar keluarganya gak mo ketemu lagi. iyah kalo pengertian/kalo gak?!. mohon petunjuknya!.

    **kalo saya kesana (kayaknya habis wisuda), butuh temenné yang bisa diajak cangkruk di jalan A.Yani depan apotik, deket pos polisi (prempatan), deket ko! ma alun-alun (yup! masjid jamik lurus belok kiri).coz saya pernah kesana. sumpah dech! gak minta tempat buat tidur (uda biasa mbambong (red.bonek)), masalahnya kalo di Surabaya aku gak biasa tidur malem (batman).
    mohon kesediannya & informasinya?.

    Hormat saya,

    Cak Denni!

    “^_^salam kenal!”
    ———————————————
    email mawon: dentradpsy@gmail.com
    kunjungipun web kulo:
    http://www.sarden-kita.blogspot.com

  80. saya berharap tulungagung tetap dalam lindungan dan bimbingan ALLOH SWT. harapan saya dinas-dinas bisa punya website sendiri tentang produk-produk tulungagung, sehingga masyarakat di dunia ini bisa mengaksesnya

  81. Ass,
    Wahduh saya suangat kangen dengan kota TULUNGAGUNG 20 tahun yang lalu aku salah satu lulusan dari SMEA Negei Tulungagung alumni 1986 rasanya kayagini aku ingin pulang mudah=mudahan ada temen alumni aku yang ngebaca ini hub. aku ya judhagator@yahoo.com 021 93684193 thanks kutunggu

  82. Ass. wr wb.

    Aq yo wong Tulungagung. Saiki golek upo neng Jakarta ngiyup nek Bogor. Aku lahir neng Deso Tanggulwelahan, Kecamatan Besuki, Tulungagung. Sekolah SD neng SD Tg. Welahan I, lulus SMPN Besuki tahun 1986, SMAN 2 Tulungagung tahun 1989 & lulus Fakultas Ekonomi Akuntansi Unibraw Malang tahun 1995.

    Senajan aq wis meh rong puluh tahun ninggalke tanah wutah getihku, aku gak biso nglalelake Tulungagung. Sego berkat lawuh ayam lodho, bothok bebek, sumpil & pecel tulungagung kang dadi klangenaku. Wektu isih sekolah nek kono aku paling seneng ngrungokake ketoprak Saptamandala sing disiarke RKPD Tulungagung utawa siaran wayang kulit.

    Kebayang waktu isih SD aku sering angon kebo, wedhus, ngarit suket kanggo pakan terwelu. Kadang mbantu Bapak lan Mbok ono ing sawah.

    Wektu sinau bareng karo konco-konco kadang-kadang ketemu nakale bocah sakumurku “nyolong pelem utawa timun”.

    Nalika nek SMAN 2 aku lagi blajar mandiri, pisah karo wong tuwa ngekos nek omahe almarhum Mbah Bero nek Mbeji Gang III. Malam pertama ngekos rasane kaya pitik kelangan babon…..mung luh kang iso kewetu soko mripatku…….Nanging saya suwe aku ngrasakake urip mandiri….aku biso masak dhewe…..nyayur dhewe……lan kadang-kadang njupuk (gak ijin)sayure bulik Wiji (Bu Kost)…….Wah isin…..katon mbelingi ki……..

    Alhamdulillah nyedhaki akhir SMA aku nemu guru ngaji Almarhum Mbah Kayai Abdul Gafar soko Deso Tanggul Kundung sing nuntun aku nemokne guru-guru rohani koyo Kyai Mahmudin Semarum Durenan dan Almaghfurllah Romo Kyai Arief Mustaqim kang nuntun aku nuju marang Dzat Sing Maha Langgeng.

    Mergo barokahe guru-guru lan dongane Almarhum Bapak lan Simbok, alhamdulillah urip iki kroso entheng. Aku biso mlebu kuliah nek Unibraw jurusan akuntansi. Nemokke mboke arek-arek nek Malang, nemu guru mursyid nek Malang lan lulus nyandhang gelar SE. Ak. Golek gaweyan yo lumayan gampang. Awal kerjo aku dadi asisten dosen nek Unej najan najan mung sak semester, kepencut pengin kerjo nek kutho Jakarta mlebu nek perusahaan kas & kredit mung betah 4 wulan, banjur nek kantor akuntan 2 tahun trus mlebu nek BPKP tahun 1999 tanpa nganggo dhuwit sak ripis (Rp). Waleh nek BPKP saiki mlebu nek salah sijine BUMN paling gedhe nek Indonesia. Gak umuk lho……iki mung sharing “dongane wong tuwo lan berkahe guru-guru kang sholeh iku numusi (makbul)”……..

    Kanggo sedulur-sedulur Tulungagung, aku ngemis dongane panjenengan sedoyo….

    Salam takzim,

    Kang Muh

    • alhamdulilah sebelumnya buat suksesnya kang muh,tp alangkah lebih baiknya jika yang tahu cuma njenengan dan yang menguasai nafas njenengan saja,share nya keren bagus dan sangat bermutu tp adakah kata2 yg lebih halus lagi untuk menunjukkan keberhasilan.yang mampu untuk di pahami wong cilik seperti saya ini,matursuwun…

  83. wuuih kangen bgt ama tulungagung.. kota ini bner2 the best lah di indonesia. asri,, tenang.. dan yg pasti makanan nya enak2 pol. rawon yu yem deket stasiun enake jan tenan. bwt alumni smuked 2003 salam yaa

  84. Selamat kepada bpk Heru Cahyono krn kembali menjabat Bpati t.agung 2008-2013…..
    Semoga bapak dapat menjalankan amanah rakyat T.agung dg baik.
    O iya, tirulah Pak Idham Samawi, Bupati Bantul. Beliau bersumpah, selama masih menjabat sebagai bupati Bantul, tidak akan ada Mall yang berdiri di Bantul.

    -alvian mahardhika, cabub T.agung-

  85. as.wr.wb aq kangen banget am kota kelhiran aq TULUNGAGUNG..kangen am sego lodhonya.pedesaanya kangen banget deh pkoknya.ud 2th aq g plng ke TULUNGAGUNG.MG2 TULUNGAGUNG Makin maju n tambah maju. from nurul di BALI

  86. Assalamu’alaikum
    Saat masa sekolah di Batu Malang, saya pernah main ke Tulung Agung dan beberapa kali main ke rumah Bp Ismanu “Retjo Pentoeng”. Yanti, Lia dan Bagus (nama panggilan) adalah nama putra dan putri beliau.
    Jika ada yang kenal sama Yanti atau Lia, sampaikan salam saya untuk mereka.

  87. Ass wr wb, kalao ngomong soal tulungagung aku jadi inget ketika sekolah dulu, dari panggungrejo kalangbret bersepeda ria sampai ke smpp boyolangu… he he he… kalau musim banjir… gak masuk sekolah… abis jalan-jalan kebanjiran… pulang setahun yang lalu jadi pangling sama wajah kota tulungagung… cuman sayang penjual makanan disekitar alun2 harus mutasi ha ha ha… anakku sering tanya apakah masih bisa menikmati makanan di alun2 kalau kita pulang ke tulungagung? salam buat semua sedulur-sedulur di tulungagung maupun di perantauan,(dari pontianak – kalbar)

  88. Assalaamu ‘alaikum wr.wb.

    Sedulur-sedulur, tulungagung kutho kelahirane dhewe, saat ini masih membutuhkan partisipasi investasi pembangunan di segala bidang, utamnya menyangkut peningkatan kesejahteraan masyarakat. opo ndak iso, melalui milis ini sedulur-sedulur memberikan arahan, dorongan dan partisipasi dalam peningkatan investasi tersebut; mungkin melalui pembelian saham pembangunan daerah, meningkatkan deposito di Bank, BMT,mengembangkan kerjasama usaha peternakan, perikanan, pertanian, industri kecil, jasa kos-kosan, pertokoan, transportasi, jaringan usaha, dll.

    artinya sedulur-sedulur mengirimkan banyak uang/modal ke tulungagung untuk mendorong peningkatan pendapatan masyarakatnya…… piye ???? kapan ???? ojo sebalike, duwit/modal ko tulungagung dikirim neng luar ???

    Ben Tulungagung berubah dari kota kecil menjadi kota besar?

    Wassalaamu alikum wr.wb. (alumni SMPP/smuboy 1983)

  89. tulungagung dalam sejarhaku ,dimana 19 tahun hidup di kota itu.setiap ingat tulungagung pasti ingat air terjun cuban di desaku desa pelem campurdarat.Di desa itu aku tinggal dan dibesarkan disekolahkan di smp 1 tulungagung terfaforit dekat stasiun dan alun-alun tulungagung.beruntung aku sekolah smp 1 dimana aku kenal tidak hanya lingkungan kecamatan campurdarat tapi juga kota tulungagung.Setiap hari selama 2 tahun aku naik onthel sejauh 14 km dari desa pelem.kenangan manis tentang kultur dan budaya kota itu dengan budaya bicaranya yang hiperbola ….sekarang aku tinggal dijakarta setahun sekali aja sekarang belum tentu bisa main ketulungagung tapi aku selalu kangen.tulungagung jadilah kota marmer yang tetap mandiri tanpa tergantung pada pemerintah.sukses dan minta doanya para sedulur tulungagung supaya kota kita tetap asri dan besrsinar.salam untuk alumnus stm negeri 2001,mesin 1 lucu,pinter,bandel tapi juga sekarang sukses semua.

  90. wah seru sekali tulungagung agung dan aku sangatlah bangga lahir dsini…!!! apa lagi setelah saya banyak sekali belajar sejarah dan kebudayaan kotaku…!!! oh ya salut lagi dengan selogan guyub rukun. semua kan bisa berpikir semanjak selogan nya itu anak muada dan masyarakat tulungagung makin guyub dan rukun. terbukti smua club2 bila ada konser jarang bertengkar dianggap deso tul gak…??? doaku moga tulungaguyng bisa dapat adipura lagi amin. salam dan bahagia dari aku DjO_pUtrA murid smk tamansiswa tulungagung.

  91. kota kesayanganq
    dimana aq disa menjelajahi kilo demi kilo pake rocky mountain vertek50 kesayanganq
    buat anak2 alumni smun1kedungwaru thn2001,piye kabarmu kabeh cah?wis rabi po jek nganggur ae?lak ngopi mbok yo jak2aq!!!

  92. Assalamualaikum wr.wb.

    Kanggo kabeh wae ayo mbangun kotane dewe bersama bapak kita tercinta (Ir. Heru Cahyono, MM)sing ngajak wargane supaya GUYUP RUKUN sing malah saiki dadi MOTO kota Tulungagung.

    Salam GUYUP RUKUN kota tercinta.

    Wassalamu’alaikum wr.wb.

  93. Berbicara tentang Tulungagung rasanya tidak lepas dari kesederhanaan dan rasa akan budaya. Karena di kota inilah masih dapat dirasakan kentalnya budaya jawa yang notabene saat ini jarang di apresiasi oleh masyarakat kita sendiri. Sebagai putra tulungagung saya merasakan optimisme dari masyaraktnya yang berbalut kesederhanaan, dengan penampilan khas layaknya seniman, masyarakat tulungagung adalah simbol dasar dari budaya jawa itu sendiri. Dengan watak keras dan pikiran luas, seharusnya Kabupaten Tulungagung sudah mampu menjadi sebuah Kotamadya, sayangnya hal itu masih belum dapat terlaksana karena masih belum terexplorenya sumber daya alam secara merata. Belum lagi masalah pendidikan, pemerintah kabupaten Tulungagung nampaknya sengaja menutup mata dari pentingnya pendidikan bagi warganya, karena dari pendidikan yang baik ini nantinya akan lahir bibit-bibit penerus bangsa yang dapat diandalkan di masa depan. Dan terakhir dari saya, satu masalah yang belum disadari oleh masyarakat Tulungagung, kota tercinta saya, adalah masalah moral. Karena di kota inilah tampaknya mulai terjadi transisi budaya tanpa diikuti batasan akan seberapa besar transisi itu mengubah wajah kota ini. Biarkan kota Tulungagung tetap menjadi kota yang masyarakatnya berkultur kesederhanaan, namun berjiwa kritis dalam menyikapi globalisme ini. Tulungagung, setiap benih yang lahir darimu adalah benih yang kritis dan pragmatis.

  94. Info Terbaru dari Kantor Arsip Kab. Tulungagung
    Dalam rangka HUT RI ke 63 Tahun 2008
    Kantor Arsip menyelenggarakan Lomba Foto Tulungagung
    dari masa ke masa Tahun 1900 s/d 2007
    Dengan Hadiah Jutaan Rupiah, Piagam dan Thropy

    Pemenang diundang di Pendopo Tulungagung untuk penerimaaan hadiah.

    Pendaftaran dimulai sekarang s/d 8 Agustus 2008
    Peserta : warga Tulungagung dan sekitarnya

    BURUAN DAFTARKAN DIRI ANDA SEKARANG JUGA !!!!!!!!!!!

    Hubungi : Sekretariat Panitia pada Kantor Arsip
    Jl. Stadion Ketanon III/15 Kedungwaru Tlp.0355-336868 atau di Depo Arsip Jl. P.Sudirman VI/4

  95. Kutho sing mgebleng aku dadi iso lan ngerti, wiwit SD nganti tumekane SMA digembleng ana ing tlatah kuhto Tulungagung. Sanadyan aku iki bocah kelahiran kutho Kediri, aku tresno banget marang kutho Tulungagung. Sedhelo maneh kutho Tulungagung arep tanggap warsa ing wulan nopember iki aku seneng, saiki dadi kutho kang apik, indah, lan nyenengake sanadyan aku saiki jarang menyang Tulungagung, seje karo dek aku isih ana ing Tulungagung ing tahun 70-an kutho kang ora tau asad saka banjir, ning saiki wis bebas banjir. Selamat Hari jadi kota Tulungagung #GUYUB RUKUN#.

  96. aku bangga jdi slah stu ank tulungagung, skrang aku krja d blitar,rsanya kgen banget dgan kotaku,
    Aku tinggal di tulungaung bagian barat agak utara, mskipun rmahku di desa tpi aku sgat suka tinggal disana,kalau kalian sempat mainlah ketempatku nti aku ajak perkebunan teh,dsana tmpatnya indah banget dan yg psti sjuk.

  97. guyub rukun tulungagung… saya salah satu putra tulungagung yang selalu bangga dengan tulungagung-ku yang bersinar. sekarang saya berdomisili di asrama yonif 310/KK brigif 15 kujang II siliwangi tepatnya dikota sukabumi jabar. saya tinggal di desa moyoketen kec boyolangu, tahun kemarin saya ada kesempatan mudik ke tulungagung. tapi lebaran skrg sy ga bisa mudik. sy mau cari info alumnus 1994 sman 2 tulungagung (smuboy) tahun ini ada halal bil halal ga ya? matur suwun…

  98. hee….aku nongol lagi!!!!!!!!
    Padahal mingggu kmrin aq bru aja pulang ke t.agung tpi rasanya kok dah kangen lgi ya,pgen aq cpat2 plang lgi.
    Aku jdi ingat klo mlam ska beli batagor di plaza ma desi rasanya lmyan enak n pmbelinya jg rme,klo pas rme ngntrinya bisa ijam lho. Klo pgi enknya beli bubur ayam d tmpat Pak chan,tempatnya utara p4an jepun ato jga d sup ayam kmpung Pak Jono wuih enak bget.
    O…iya hri mggu sring olahraga d alun2 rmenya mnta ampun,bayak orang dsana,tpi yg pling aku suka k pasar senggol,jajanan pasarnya kpomplit bget tggal plih yg kta ska.
    Tpi d T.Agung jga nyebelin,cwok2nya gak setia.
    Uuuugh berapa kali ya di sakiti ma cwo T.agung,trim ya bwat klian smua yg tlah nyakiti aku.
    Tuk seseorang di.T.agung yg bca ini,dmana kmu skarg kmu berada kok dah gak ada kbarnya???
    Tak adakah cwok T.agung yg bsa setia?????
    Eh…jdi inget ma tman2ku.
    Tuk alumni SMPN 2 T.agunglu2san thn 2005 kususnya klas 3H kpan reuni dah lma ya gak ktmu???
    Dan jg alumni SMKN 1 Boyolangu lulusan thun 2005, ank kls 1E & AK2 yuk lbaran reuni,kgen nich ma klian smua….
    Klo mau reuni hub aq ya di puu_guelis@yahoo.co.id
    Tuk smua gru2ku mksih bget tlah mndidik dan mbimbingku,aku tak bsa memblas jsa2 klian smua.
    Bwat Pak Heru bangun trus Kotaku Tulungagung!!!!
    Semangat!!!!!!!!!!!!!
    Aku ucapkan “MInal Aidzin Wal Faidzin, Mohon Maaf Lahir dan batin”. Maafin Ya smua ksalahanku!!!

  99. aku juga kelahiran tulungagung. sekolah di sd kenayan, smp negeri 1, smpp negeri (boyolangu). saiki aku tinggal di depok (jawa barat). mendengar nama tulungagung, ingatanku langsung tertuju ke masa kecilku dan masa-masa smp dan sma dulu. aku seneng banget makan sego sumpil yang pagi-pagi digendong embok-embok. dulu hargane cuma lima belas rupiah sepintjuk (hehehe tahun 78 je.. yo mesti wae murah banget). yen seliramu ono waktu mampiro yo nang blog-ku. suwun.

  100. tulungagung itu kota terindah bwtq….. sayangnya oknum kepolisinya overprotektif….
    padahal sikap2 sprt it malah bisa menghambat kretifitas ank2 muda tulungagung,,,PEMKAB pliiiisssss dongggg!!!!!!

  101. tulungagung kota kecil tempat kelahiranku, skr aku merantau jauh…. perasan rindu tetap ada padaku walaupun aku disuatu tempat yg lebih ramai….
    rasa rinduku pada tulungagung taka akan pudar sampai kapanpun, salam..

  102. pak heru yang terhormat
    setelah jadi bupati lagi jangan kayak dulu ya?

    aq mo ngasih saran gimana kalo diadakan suatu acara yang menunjukkan tulungagung banget!
    g ada unsur dari yang lain n bisa untuk diteruskan anak cucu dan bisa diilmiahkan!

    ponorogo punya grebeg suro
    jember punya bbj
    tulungagung punya??????

  103. haiiiiii mungkin da yang mo bg2 crita obout tulungagung aekarang?gimana birokrasinya? paja prestasinya? trus nie yang paling penting,napa sich polisinya g’kaya lainya, he he he he he

  104. tahun 1989-1992 saya sempat tinggal di tulungagung. saya sangat menikmati masa-masa sekolah di tulungagung (kelas 3 di sebuah SMP Muhammadiyah yang kepala sekolahnya almarhum pakde saya-pakdhe Badar tercinta). Selanjutnya SMA kelas 1 dan 2 tahun saya menikmati masa bengal di SMA 1 Kedungwaru tulungagung. Selanjutnya saya selesaikan SMA di solo dan kemudian menyelesaikan kuliah jurusan TI di PTS yogyakarta. Sekarang saya tinggal di jogja, berkecimpung di dunia TI dan sering tugas di jakarta.
    Sampai saat ini saya belum sempat mengunjungi kota tulungagung dengan sejuta nostalgianya… hehe

    Saat ini saya mencari teman yang lost-contact di tulungagung, namanya Dedy Azhar Muhammad.. dulu tinggal di seputaran alun-alun, rumahnya sekaligus menjadi toko jamu jago (usaha bapaknya).. si Dedi ini punya kakak namanya Deva.. kalau ada teman2 yang tahu, tolong dishare ya…

    trims
    salam,
    Haris Muttaqin

  105. mas heru,
    saya bangga jadi oarang tulungagung, meskipun saya sekarang tinggal di jakarta/bekasi. tulungagung selalu membuat saya kangen, selain karena ada keluarga dan pacar saya tentunya. saya senang sekaligus prihatin dengan maraknya warkop cethe. disatu sisi usaha ini bisa meningkatkan taraf ekonomi, tapi disisi lain juga membuat kaum muda menjadi males untuk bekerja. mereka lebih suka berlama2 ngopi daripada mencari kerja. belum lagi banyak anak2 smp/sma yang bolos sekolah demi ngopi. belum lagi (maaf) ada beberapa warkop cethe yang menyediakan minuman keras / “wanita”.

  106. SAYA BERNIAT MAU BELI TANAH SAWAH YANG DIPINGGIR JALAN RAYA UTAMA , PERTIMBANAGAN SAYA SAAT INI BISA KAMI TANAMI , NAMUN SUATU SAAT NANTI BISA KAMI BUKA USAHA LOKASI TULUNG AGUNG ATAU KEDIRI
    ATAU RUMAH KPR LOKASI KOTA TULUNG AGUNG / KEDIRI
    — SERIUS—
    hub kami di :

    phack_dhe@yahoo.com

  107. Assalamu’alaikum wr,wb
    aku asli wong tulungagung, tapi sakiki aku lagi ngerantau neng kota Bogor,arek”tulungagung piye kabare?tradisi ngopi sek berlaku to? aku mbok dijak neng kene suwong ora enek warong kopi,,,,,,,,konco”ku,,,alumni sma pgri 1 tulungagung piye kabare? lek enek reuni aku tulung dihubungi (085735457176)wes pokok’e sopo seng kenal karo aku RIZAL (BENTET)SALAM KANGEN tak dongakne kabeh sukses,,,,,,,,,,,,

  108. TULUNGAGUNG AKU KANGEN
    kota tulungagung emang kota yang paling indah bagiku,,,,,,,,udah kotanya asri penduduknya ramah” pemandangannya juga indah banget apa lagi kalo dateng ke waduk pada malam hari trus banyak bintang psti indah N Romatis banget,,,,,,,,,,dan lagi di tulungagung makananya enak” N Murah”,,,,,,, *tulungagung maju terus*

  109. salam sedoyo kemawon…

    piye kabare cethe-ne waris & maktin ??
    saiki aku ng suroboyo, saben muleh mesti bungkus bubuk-kopine waris 3kg(lumayan dadi 4 wulan)!! pancen oye tenan.

    konco2x sing saiki ng suroboyo, opo ora enek sing pingin buka warung cethe khas tulungagung ng sby ???

    suwun dateng mas heru, kulo sundul maleh!!!

  110. sebagai putra daerah saya harap persatuan dan rasa nasionalisme untuk warga tulungagung ditingkatkan agar tercapai kota tulungagung yang aman dan sejahtera oke coy.salam buat bupati tulungagung pak heru agar melayani masyarakat dengan lebih baik

  111. Semoga dr smua diatas akn jd knyataann geehhh,.. playan yg srba tpat,cpat,. dn ingatt!,.cpat!.. tdk smaunya sndri pdhal kt snntiasa mngtas nmakan rkyat dn masyrkat,.. llalu siapkh /yg mna yg nmanya rkyat / msyrakat yg sbnrnya,..

  112. ingat!”,.. jgn smpai kt pd lpa pd ttann koridor yg ada,…knpa msh ada bgtu bnyk saudara” kt yg hdup dbwah garis yg ktidak jelasan arah dn kmna mrka hdup dn tujuannya,.. yg sdah mrsa bsar, msh ad brpoltik ngalor ngidul yg blm tntu tidk jls arah dn tjuannya,. ribuan korban bncna msh bnyk dskitar kt,.. korban lmpur lapindo msh bnyk,. jg blm tuntas dn slsai dn kata kt pra lluhur pra gomball yg ktanya bnyk yg sakti mndra guna,.. ttpi knpa anenya hnya mngtasi sbuah lmpur lapindo sj tdk ada yg mmpu mngatsi nya,.. hh,. mmalukan jg ya,.. ssunggguh ..bnr”sdah hilang aentah sbrpa rssa” malu kita yg tlah hilang bgtu sj dn tiada,/
    dewa_ndaru1@yahoo.com 24 jm siap mmbantu bagi sadra”ku yg mmbtuhknya,..

  113. Bagi yg sudah mrasa kya rya,…. yg turah dwit bingumng pd mau mnghabisknya,… hub,. kami siap bntu gnakn dwit” anda” untuk djalnkn pd hal” yg bnr,… bagi saudara”ku yg blm pnya arh tjuan hidup tdk jls pkrjaannya,. alias blm pnya dwit yg ckup bwt kbtuhan hdup sndri,.. llau bgmna,… dr sni cb,.. bgi yg blum tau mnyadarkn masyrakt” kt yg trtnggal… yg tdk skolah,. yg tdk mmpunyai ijazahh,.yg tdk bs bkrja dn brsklahh dsbnya… lalu tnggung jwb sapa ya,…. ktanya ya kt brsama ,. lalu kpn ya,.. lalu cpa,.. pd dmna ..pkiranya,.. atu krna ktanya adapd sbuk dgn urusany” masing”/pkrjaannya ya…emmm,.. bgtu ya,..

  114. Smua jg bs anda sya klu cmn hnya brkta iya,.. ok,. bs,.. sy kira sy rsa smua bs.. ank kcil pn jg bs tntunya,.. sy jg PUTRA DR KOTA TULUNGAGUNG,. trbaek/ apa… tp ingatttttttttttttttt..,, ba gi yg dmna sja,.. baek yg djkrta,.. klu iklan/ aplah ini nmanya,.. yg djwa tengahh,.. jwabarat,..dsbnya,../ duhhhhh, btapa harumm dmai sjahtera dn mulianya,.. wahai rakyat ku negeriku indonesia raya yg tecintaini bisa 1 gyub rkun snntiasa jd tdk hnya 1yg amt egoiss inin hnya adfa di kota yg ktanya ditulung agung,… ayoo mari kt cba besma”,..mari kt jlskn kt trang kn 1,1 pr step dmi step ktanya orng kmputer,./ aplahh nmanya / dlm bhsa jwany mnggo to pdo djlsne djlentrehne ben pdo mngrti,….??????????? geh toww,.. mngke nk masrkate /pjangga /wong” wasis /pjabat”ee pgawai”ne pdho mngrti/ pdho pham akn mkna rti apato isine indonesia /apo to isine tulungagung /atu mna sja klimantan kek, /sumatra/ klmantan /mnasja… ntyr nk jd enak yo cpo to yg bkal mmilikinya iya toowww…… bnr mnpo mbten kiro”… op mmang smua nya dbkin sndiwaraahnya kiasan sja,… kt hnya buat maenan oorng” yg kya” raya sja…
    itu laen lg nk bgitu gehh,… wasssalammm //alllhhuhaallaammm… gehhhh

  115. Laksana langit tjuh bidadari.,, laksana bintang terang ,.lkasna tujuh smbilann dewa,.. dikhayangann yg amat inggi,… sLmt Dn Jya lahh Bupatiku Heru tjahyonoo,.. smga bs ad yg ad bs mmjjunjung mmpu mngubahh khanaan yg ayg mnjdi lbih baek dr yg sblum nya ,,. Jsa nmamu nk msti tkn prnah trlupa ampe kpn pn dn dmna pun adnda brada,.. syng nya sy tdk sberutnug sprti andaaa,…. jd hnyalah bs mnulis sprtini dn mhon sbsar”nya jk ada kttur kta yg kurang sopan dn kurang brknan dhati pra pmirsa dn saudara kalian selur tnah air RI ini smuanya,..tnpa trkecualii… gehhhh salmm jbat akarab slalu dr kami kota ingan daya.. tulungagung trcinta ini,.. yg masih alhhmdulilah ktany msh trjag RSA WELAS ASIH, RSA PNALARANYA,.RSA INI PANTAS ATU INIA TIDAK PANTAS,.. ,..DSNI MASH MeMLIKINYA,,… smga yg ad p[ra pjbat” yg khususnya ada di IBU KOTA JAKARTA,… APKH KAMI PRLU TURN TGN DATNG KESNA MNYADARKN KALINA para orng” elit … para egoiss”,.. jawara kaya reyaa… ingaT LAH GEHHH… pd saudra kita yg msh bnyakk mmbtuhkn apasja dmi hdup shari”.. yg lyak dn pntas yg lbh baekk dsbnya,.. di sgla bdang mari kt tngkatkn dgn serius gehhh dn dmi ank ccu kt dn smuanyaaa gehh…

  116. Jika ingin melihat kemajuan T.agung, kenapa harus mbangun Mall??! mari kita bahas…. Mall: merupakan tempat yg sangat tidak produktif. Hanya menciptakan budaya jalan2, hedonisme, dan konsumerisme. jika kita menganggap dg adanya mall, maka akan berpengaruh positif bagi pemasukkan pendapat daerah lewat pajaknya, memang benar. Tapi apakah kita nanti justru tidak akan mengorbankan keberadaan pasar-pasar tradisional di t.agung?! sering saya melihat paradoks pada sebuah mall. Sementara org2 keluar masuk mall dg pakaian yg gemerlap, pulang dg menenteng banyak kantong blanja. Tapi di luar, banyak sekali yang pengemis, pengamen, tukang becak yang bahkan tidak pernah terbesit dlm benak mereka untuk belanja ke dalam mall tersebut! Sebuah ketimpangan yang seolah justru berjalan beriringan. MALL Vs PASAR TRADISIONAL: Bayangkan apabila kita belanja di mall. Uang yg kita bayarkan akan berpusat pada pemilik Mall tersebut atau investornya. tidak ada interaksi signifikan antara penjual dan pembeli. Semakin kayalah pemilik mall itu. Kemudian coba kita berbelanja di pasar tradisional. Saat kita melakukan transaksi jual beli, akan terjadi proses tawar menawar. Dari sini muncul interaksi sosial antara penjual dan pembeli. Sedangkan uang yang beredar dalam seluruh proses transaksi di pasar tersebut menyebar ke seluruh pedagang pasar. Nah, di sini akan terjadi pemerataan pendapatan. Pak bupati, BERDAYAKAN PASAR TRADISIONAL!!! Saya kuliah juga karena org tua saya pedagang kok. hehehehe

  117. Saya berharap sekali Tulungagung terus berkembang menurut akar budayanya sendiri. Apalagi “Guyub Rukun”nya itu yang asli banget Tulungagung. Saya sudah lama sekali meninggalkan kota kelahiran tercinta ini. 5 tahun di Surabaya, sekarang saya tinggal di Jakarta. Dan sering saya dapat tugas kantor saya pergi ke kota-kota lain, sama sekali tidak ada yang bisa menggantikan Tulungagung di hati saya. Kenyamanan di jalan raya, makanannya yang enak-enak dan murah :p bikin kangen, apalagi sambel pecel dan peyeknya, saya sering nitip ke orang tua saya untuk mengirimnya via pos….
    Ada satu kata yang menjadi ciri khas orang Tlagung…yaitu “peh” hehehe…
    kalo inget itu jd lucu dan kangen nih…
    peh aku kangen tulungagung tenan iki,
    peh piye iki, urung enek libur pisan,
    dan peh peh yang lainnya…
    I Luv u, Tulungagung!!!!!!!!!!!!!!!

  118. tulungagung memeng beda dari tulungagung yang doeloe….sekarang dah banyak sekali pembangunan yang bikin kota ini tambah cantik dan tambah jaya selalu…slam dari cah kalangbret…..tepatnya etane buk abang…

  119. tulungagung…kota kelahiranku hmmm..ndah sejak 2001 aku dan temen lainnya tentunya cukup andil membantu kota tulungagung dengan cara mengirimkan hasik kerja kerasku di rantau tepatnya di usa serta aku juga ngak lupa mempromosikan kota tulungagung agar di kenal ke dunia international…..inilah yang sementara dapet aku perbuat..salam dari philadelphia,pa,19145,usa

  120. rahayu untuk semuanya
    Ada Rasa kebesamaan yang mendalam setiap kali Saya PulKam ke Tulungagung,jalan2 nya,apalagi kalo lewat SMU alumni(Smun 1 boyolangu)serasa Saya masih Sekolah dulu.Mudaha2an ada kemajuan Yang berarti ubtuk Kota kita tercinta ini,Salam untuk semua teman 2 smuboy ;99

    dwi sukendar

  121. As.wrwb
    Teman 2x saya juga asli Tulungagung tapi sekarang saya tinggal di cikeas bogor karna tugas pekerjaan saya di TNI , saya mantan smp katolik dan Sma widya murti 1991 kalau ada teman teman yang mungkin sudah pernah kenal saya tolong hub ya di alamat email awbima.07@gmail.com saya tunngu ya. Oya saya anak kepatihan tulungagung

  122. Duuuuhhhhhhhh..aku senenng banget baca-baca cerita tentang orang-orang Tulungagung, yang membuat aku iri sehingga diriku numpang di sini yang seakan-akan aku bisa smpai di tulungagung khususnya sendang, desa pakem deket pabrik teh…aku sangat sayang ama tanah kelahiranku dimana sudah 11 thn yang lalu aku tinggalkan dan aku berada di tanah Timor Leste untuk mencari dollar,aku punya prinsip harus kembali ke tanah kelahiranku untuk membagun khususnya kebahagiaan orang tuaku. setiap aku punya keinginan pulang aku selalu bisa pulang itu karena penyerapan hawa tulungagung yang sangat sejuk, indah dan bersaudara denganku,,,Tulungagung “Agung/Gede Tulunge” jadi untuk temen-temen tulungagung harus berbangga mempunyai kota yang selalu mempunyai pertolongan,saya sangat percaya bahwa”Tulungaung is my Heaven”.

  123. tulungagung ini memang memiliki slogan guyub rukun,ini sih baik saja tapi kanggene sopo sik,sing cedak karo duwuran yo rumongso diuntungne yo mes no thi thi,tapi kanggene pekerja guru yang sekolahannya ga dapat murid yang digenggem ora ketok,saking cilike. terus kepriye nasibe guru sing ora iso ngjar,bayaran ko endi? murid ga ono, piye to mas win mas heru, mestine ra sah dikei dispensasi yo ben sekolah nang sing cilik cilik kuwi mau, ben oleh murid ngono lo cak. pagune sekolah ditegasi tenan. aku pingin mek sithok AKU PINGIN URIP OJO KOK PATENI, TITIK

  124. ech Q juga kElahiran Tulungagung lOch……..
    Tapi Q sekarang PSG di Jakarta,,,,,
    Q rindu sekali ama tempat kelahiranku,Q pengen bangetzzzz pulang tpi ya gimana ya…..
    Q qn da tugas di sini,so q harus te”p,ngerjain tugas Q………………
    bt tmen” Q gimana kbar kaliyan smua,khususnya yang agy PSG nek mana pun…????
    tULUNGAGUNG is my kutho kElahian Q,,,,,,
    I Love U fuLL tULUNGAGUNG??????????????????

  125. Hai………………
    Q juga kelahiran ndek Tulungagung loch?????????
    Amu smuanya kenal Gag 5 q……….
    Kenalan dulu yach,,,,,,,,,,
    Nama q emmmmmmmmmmm,capa yaw,,,,,,,
    kasih tau gag yaw……
    Yang penting aku lahi di Muka bumu ini,eCh teu gag ya,Q tu eneng banget ada di tulungagung,because tulungagung kotany bersih,gag pernah da masalah,beneran dech??//
    Lau lewat ke tulungagung mampir aza,kaliyan pasti suka ko’,dijamin puas dengan keindahaan kota tulungagung,apalagi lau liat alun-alun ny dijamin puas lah,mantap pokoknya,,,,,,,,,,,,,,,,,,,
    Q aza langsung terpesona liat alun-alun nya””
    Mu gag pengen liat ta????????????
    Ech jangan salah di tulungagung juga banyak tempat wisatanya loch,,,,,,,,,,,,,,,,
    Pokoknya seru bangetzzzzzzzzzzzzzzzz dech…..
    Tapi sayngnya gue karang ge ndek jakarta cuy,,,,,
    Gue kangen banget ama kota tulungagung,andaikata saja gue bisa balik ke tulungagung,tapi tenang aza gue juga bakalan balik kok………
    Gue pokoknya pengen bangetzzzz balek ke tulungagung……
    OK………………..

  126. saya Ferry Hendro Basukilahir di ambon Maluku, namun ortu saya asli tulungagung tepatnya dari desa MAJAN. pada tahun 1986 saya pindah sekolah di SMP Negeri 2 Tagung dan selanjutnya lulus saya masuk di SMA Negeri 2 Tagung.(SMADA) saat ini saya menetap di Ambon dan bekerja sebagai Dosen di FE Universitas Pattimura Ambon. banyak kenangan Indah yang saya lalui selama di TA…seperti buat cimplung telo utawo sukun…..wah enak tenan…dan juga banyak ragam panganan seperti sego pechel mbah ndeprok..dekat pertigaan ujung jalan A.Yani…pokokeee ueenak buangget…rujak cingur+es stroop lore stasiun. para sedulur kabeh..orang tua saya sekarang tinggal di desa ringinpitu etanne Rumah Sakit dr iskak..

    melihat perkembangan kota TA yg pesat sy sangat berterimakasih pada Bp Heru…semoga ke depan dapat memajukan Kota Tulung Agung agar semakin kinclong, aman,maju, adil dan yang penting semakin manusiawi agar semua warga kota TA manjadi warga yg beradap.

    pak Bupati tolong…awasi dan tindak perjudian yang semakin canggih dan juga NARKOBA..selanjutnya tindak pelaku KORUPSI/KORUPTOR (Korban Rupiah Kotor) yang sangan merugikan..kalau pegawai di pecat saja kalau pengusaha di kandangkan saja dijadikan ingon-ingon ben dadi sapi…

    Tulung agung semakin JAYA… mudah-mudahan di kemudian hari saya dapat mengabdi ke tulungagung…BRAVO TA….dari wong Tulung agung di AMBON….

  127. hai….aku juga asli orang Tulungagung lho.namaku Nilam Wijiati,rumahku di jl Mayor Sujadi Timur , aku Alumi SMA PGRI 4 ,Jepun,Tulungagung.salam buat guru aku di SMA PGRI 4 namanya Pak Giono.
    Pak Gi, Apa kabar?…buat teman2 aku semua juga.ini address e-mail aku.kalo ada reonian SMA tolong hubungi aku ya.

    sukses buat semua

  128. Ku lahir juga nang T.Agung, 35 taon mbiyen. TK – SD – SMP – SMA disana semua. Sekarang aku tinggal di JKT karena pekerjaan. Pingin balik nang kuthoku hiks………..hiks. Doain yo ben aku iso kerjo nang T Agung. Piye-piye enak nang kutho tercintaku…………………………Bravo TULUNG AGUNG ( Great Help City ) Ra Nyambung yo ???!!!!
    Wakakakakakaka

  129. tulungagung adalah tanah kelahiranku sejak kecil,aku bangga dengan kota ku,aku sangat senang tinggal di tulungagung…
    susah senang aku lewati di kota kecilku…
    banyak kenangan disana,saat aku knal dg mantan cowokQ… rasanya aku ga ingin kluar dari kota tulungagung,selamanya aku ingin tinggal di kota itu…
    klau pun aku hrs prg dri sna aku ingn kepergianku bkn krna seseorg tapi melainkan aku ingin kprgianQ dri sana adalah karena batas darah titik penghabisan Q tlh usai alias aku mati…

  130. aku dadi terharu pengen muleh eneh padahal wingi bodo mudik seminggu. aku alumni smada smuboy 97. sopo sing merasa tulung hubungi aku yooo.aku yo alumni smp loro 94 sing merasa hubungi aku yooo. plese deh aku wis dadi wong metropolitan jakarta otista3.6taaon aku neng kene,, wis dalan urip…golek sego golek bojo. contex aku 085710775215 ato 98602391, sopo wae dirimu sing penting wong t.a pehh pehh jan tenaaan kuwii. aku pengen nyambung dulur adoooh tapi dekkkat d ati. aku wong plosokandang etan reco kulone fm.perkasa.. tak tunggu yoooo????!!!!

  131. sopo konco opo bolo sing bingung opo nggumunan seng arep dolan nang jakarta pengen eruh artis mulmon(mulusmontok) opo perlu kajat liyane,rasah resah awakmu numpako sepur soko t.agung matarmaja murah seketewu.opo gajayana larang rongatuseketewu.mudun jatinegara.utowo numpak bis malam harapanjaya patas satusseket opo exctv rongatuseketewu mudun rawamangun. medun jluux telpon aku.. takpapak gak sampe 20menit. tak guide dirimu,,,….tapi elingo hanya kondisi darurat dan syarat ketentuan berlaku,,, djamin gratis.

    • Pak Rahmad, opo yo tenan to iku…gratise iku lho ding ndemene…tapi yo ra tego lah…kesuali lek pakrahmad njempute karo…ya minimal CRV ato Fortuner…sing artine gratis mbuang duwit receh..hehee…aku setuju pak Rahmad…engko gantian lek lagi kangen ambek kampong Tulungagung, mudun duk terminal ato stasiun tulung agung tak jemput karo becak ku….weleh weleh…trus tak jak mangan neng warung sego tiwul lawue iwak laut di masak santen…weleh weleh uenak tenan…!!!

      yo2n

      • mas yoyon,lek mung di jak nek ARION ojo gelem,nyuwuno di jak nek CITRALAND utowo nek PEJATEN VILLAGE MALL,nah mengko nek kono blonjo sak puasmu tinggal pak rahmad seng nggesek kertu..beres..ok

  132. lek perkoro khase tagung kuwi jaaaann akeh teenann loo gue yg udeh d jkt enam taon aje msh gak apal2 jge, berarti dudu khas yo? a.l segopecelkaroento2,puntenpecel,rambak,gadung,kopicethe,soompeel,segolodho,jenangsabun,esssetrup,marmeronix,bathiix,pitikhoren,endook,ikanhias,leledummboo,sususapipooang,sempaax=Beehaa,geethy,kleetex,arang2ginang,madumongsobodo,opakgambir,sredex,shanghaimacansuling,groontool,opak seermiieer(wis langka),handmatekesetsulaksapu,sragam army standartdunia,bismalamharapanjaya klasA akap,jambukaget,empingombo,lontongbalapan,ketopraksiswobudoyo,kentrung(langka),jarannanpegoon,tapebakartamanan,iwakseemaar,jenangbaaneng,popoh,wadukwnrjo,niamma,siinee,sdn jepun1,smp loro,sma loro,cripinggedang+telo,wiissss pokoke akehh poool,,,, hidup tulungagung!!!!!!

  133. kenangan uripku neng tagung akeh,aku ngeeser astri bocah jepun bis nggoling waktu sd lan smp trus aku yo ngeeser nendhy bocah pucanglaban ndeso keso-keso pas sma, tpi kenyataan urip pancen ora ono sing weruh aku terdampar d metropolitan trus mywife akhire yo wong asli kene,,,peh,,,pehhhh jan koyo sinetron looo.ora iso ngomong jowo blas tpi aku fal in lop tenan, lek digowo mudik yo dadi tontonan sing tuo2 lan enake iso dirasani neng arepe wonge,yooo beeen lha wong yo ora ngerti,,,itulah sepenggal jalanku,,,weleeeh2,,,,!!

  134. waaah….

    Tulungagung emang ngangeniinn…

    apa lagi KUlIneer nyaa…

    Coba dunnn makanan” ituuwh di PAtenkaaN..

    temen”Q yang aSLi SUrabaya ketagihaan LOdHo + soTo ayam kasidi…
    sate kambing puun gag ada yang seEnak di TulUngagung..

    kacang atom puun manteepp cuma buatan ngunut…

    trs yang lebiih ironis yaah..

    Kita punya Produksi batik,,tapi Qta gag bisa matenkan..akhirnya dijual ke pedagang Jogja..akhirnya pake di “Cap” _batik JOGja…

    trs kyak apa coba klo kyak gitu….

    • gini sedulur..kalau yang pinter2 mwnya move on trs nggak mw tinggal di tulungagung trs kapan majune tulungagung,saiki mari wes nek antah barantah podo kangen2an..saiki lek nggak di wiwiti kapan mulaine,makane seng jenenge nyesel ki mesti nek mburi..makane si simbok nglarang anake mangani brutu pitik heeeeee

  135. bos, aq Bocah Ngrendeng…. aq kuangen kopine cethe mak.Ten….. aq saiki neng malang, tapi yo pancet nggowa kopine mak.Ten kanggo nyethe nang kono…. pancet rame to warunge Mak.Ten……

  136. dengan rahmat allah.swt saya sangat bangga dengan kota tulung agung dimana saya dilahirkan di kota teersebut dan besar pun di kota tersebut,sekarang saya tengah membayangkan kota tulung agung sekarang apa tetap seindah dulu,oh….ya…buat teman2 q kapan kita joging lagiiii di alun2 ni sy kasih alamat rumah saya: jl.mastrip gang 1/52,RT:1,Rw:5 jepun tulung agung…..kalo lewat jangan lupa mampir dulu….ya

  137. Salam kenal dan ketemu kembali melalui dunia maya ini, profile saya bisa di lihat di web saya, setelah lulus STMM 1979 langsung cabut ke Kalimanta cari nafkah, 19 di Kaltim, trus cabut kerja di LN bersama family, pindah di negara Emirates sampai sekarang ga terasa mondar-madir Emirates – Tulungagung sudah 5 thn..! 5 thn lalu saya boyong keluarga balik kampoeng – Tulungagung..!!

    Tulungagung kota kelahiran dan kota kenangan…ibarat sejauh-jauh tupai melompat akhirnya jatuh ke Tulungagung..!!

    Selamat Pak Heru, 2 kali sudah memegang tempuk kendali Kerajaan Tulungagung, dengan segala kelebihan dan kekurangan, yang nyata Kota Tulungagung jauh lebih maju dari pada 30 thn yang lalu…!! Sukses buat Pak Heru…!!

    salam

  138. asslkum,mas aku bersyukur bgt bisa nemuin blog ini..bener aku orang tulungagung asli tapi malah jarang pulkam karena kl di tlngagung ak ngerasa nggak punya komunitas..nah posisi ayu skrng di bali tp aku ada keinginan resign dr kantorku trs berusaha membuat usaha kecil2an di tempat tinggalku sambil jaga ortuku tp kayanya aku masih kosong gambaran tentang tulungagung itu sendir,kl nggak keberatan ak ingin komunitas yg bisa online tiap hari atau bikin facebook khusus anak2 tulungagung jd pas pulang itu nggak bingung mw kemana.thank perhatiannya.wasalam

  139. Saya sangat senang sekali bahwa pencarian saya tentang Tulung Agung dapat saya temukan di blog,dan saya bangga menjadikan putra Tulung Agung yang besar di perantauan.Meskipun jarang pulang ke tanah leluhur tetapi saya sangat bangga mempunyai Tulung Agung,dan saya juga sudah sedikit banyak ikut membantu saudara – saudara saya untuk mendapatkan sedikit rezqi di luar Tulung Agung,dan banyak yang telah bekerja di Papua, Kalimantan,Sulawesi yang semuanya di daerah tambang di Indonesia.

    Salam,
    Imam R.

  140. aku anak tulung agung dulu aku sekolah di stmsore tulung agung aku rindu kawan kawanku>aku lulusan thn1995_1996 aku ingin jumpasahabat sahabatku aku kangen banget>dan kini aku masih kerja dikorea aku sagat sayang akan kota kecilku yang tercinta ini.aku berasal dari kecamatan ngunot .kecamatan kecil tapi sangat maju dalam tarap pengembangan industri kecil.ngunot ini adalah kecamatan yang sangat pesat dalam pengembangan industri misal parut, sendok,kacang sanghai banyak prodak dari ngunut. tapi jangan ketingalan warung cete masih terfaforit di kota kecilku ini.semoga anak anak tulung agung maju dalam segala bidang amin majutrus kota kecilku.guyob rukon neng sobo paran,ayo mbagun koto cilik tulung agung bendikenal di seluruh dunia.salam sejahtera dari anak rantau korea.

  141. saya orang tulungagung.saya bangga jadi anak kampung. walaupun kini tinggal dijakarta,tp sytetap wongtulungagung. salam buat temen2 SMKN 1 Boyolangu lulusan 1999-2000.

  142. saya asli tulungagung, besuki desa kelahiran saya, waktu kecil sidem, popoh tempat mainku…jebolan STM kamandolah ’79…

    dengan akan di bangunya JLS (jalur Lintas selatan), peluang usaha kerakyatan di daerah selatan akan terungkap…

    bagi temen2 yang ingin pulang kampung, atau temen2 yang masih belum tau peluang usaha ini…yuk gabung dan dikusi dengan saya…siapa tau peluang ini bisa kita tangkap…dan tentunya, kedepanya untuk kemakmuran rakyat tulungagung…dengan semangat “KUBANGUN DESAKU” Tulungagung

    salam
    al_mula@yahoo.com

  143. q ingin mencari cintaku yg hilang
    ciri2: anak ngantru rmh dkt stasiun ngujang tptx di blakang kantor pos lapangan nm bpkx pak jarot..nama lengkap pipit tresnowati,tolong saya ya???hatur nuhun

  144. kakek-nenek, bapak, bulek, mbak2 saya asli Tulung Agung, walau saya lahir di malang. Dari garis Ibu memang asal malang (bu dhe2, Pak Dhe2, Mbak2 dari garis ibu asli malang. bagi saya pribadi, tulung agung adalah masa kecil dan remaja saya. sulit melupakannya. makanan, masyarakat,sosial, pacuan kuda, wayang orang/ketoprak tulung agung tulung agung. saya masih mengalami mencari ikan di jalanan, karena tulung agung masih langganan banjir waktu itu> sekarang sudah tidak banjir, seharusnya pembangunan tulung agung melesat cepat. tapi ternyata tidak. industri kecil, kerajinan, wisata budaya sangat minim, padahal waktu saya dulu, bermacam-macam seni tradisional di lomba dan peragakan disekolah-2, misalnya tarian khas tulung agung, reog tulung agung. ada lomba olah raga gerak jalan, kasti antar sekolah, untuk memperingati 17 agustus, atau ulang tahun tulung agung. sebagai anak yang baru tumbuh SAYA BANGGA waktu itu). kini semuanya sepertinya hilang ditelan bumi. Tulung agung sepertinya sangat lambat pembangunannya. tulung agung kurang memiliki kebanggakan pada kearifan lokal yang dimilikinya. SAYA BERHARAP TULUNG AGUNG SEGERA BANGKIT.

  145. saya berdarah tulungagung dari kakek saya, tp seumur-umur belum pernah ke tulungagung. abis baca blog ini, saya bener2 pengen ke tulungagung nih. penasaran ama yang namanya kopi cethe, lodho ayam, dll. makanan yang kayak gimana itu ya ? trs pengen juga liat pengrajin onix, batiknya… aduhh kapan bisa kesana nih ??? masak semua sodaraku dah pernah tinggal aku sendiri yang belum…

  146. Saya bangga jdi warga Tulungagung,walaupun saya bkn asli kelahiran Tulungagung,dengan kota asal Lampung.lebih dari 10 thn saya tinggal & menetap di Tulungagung dgan segala keramah tamahan yg jauh dri kota asli saya,
    seluruh masyarakat yg produktif & konsumtif menarik minat saya untuk mengembangkan usaha disini.
    perlihatkan kpda sluruh Indonesia bahwa Tulungagung bisa…
    jadikan Tulungagung lebih maju,tetap semangat………..

  147. Sebagai warga Tulungagung yg sudah merantau, saya iri melihat perkembangan kota Blitar yg bagus sekali dalam mempertahankan budaya2 lokal seperti jaranan, ketoprak dll dan ini dikelola dng baik oleh pemerintah kota lewat INKOPAR.
    Bagaimana Tulungagung?
    REognya, kentrungnya (khas tulungagung asli), kethopraknya, jaranan pegonnya??
    Masak kalah sama deru budaya luar negeri yg setiap saat ada festival Band?

  148. dulur….nek ono sing omah’e nang PATIK(BATANGSAREN) tulung dolano nang omah’e mbah’ku jenenge mbah KABUL wong PATIK mesti kenal kabeh lan tulung jalok’ke nmr hp ne bapak’ ku jenenge pak DWI WANDITO wis 18 tahun ra ngerti wajah’e bapak’ku rek!!!!!iki nmr hp’ku 081344948057.

    tulung yo dulur….??

    HERU SARWODIANTO(PAPUA)

  149. Sejarah keberadaan kebudayaan reog gendang tulungagung

    Permasalahan yang ada pada kebudayaan tersebut :
    1. Apa pengertian dari produk kebudayaan kesenian reog gendang tulungagung
    2. Mengapa kebudayaan itu ada
    3. Siapa saja yang terlibat dalam kebudayaan tersebut
    4 .Bagaimana kebudayaan tersebut (eksistensinya) dioperasionalkan ,apa maknanya, dan symbol-simbol apa saja yang ada di dalamnya
    5. Kapan produk budaya itu digunakan, bagaimana tata cara menggunakannya

  150. saya sengan sekali dengan sejarah tulungagung ini,em..saya pikir2 bahwa kota ngrowo ini banyak menyimpan hasil kekayaan yang berlimpah…
    em..saya mau tanya, ada tugas PLH dari sekolah,”sepanjang tahun 2001 banjir di kabupaten tulungagung menggenangi 2 wilayah kecamatan,kira2 kecamatan mana dan mana ya???? mhon di balas,thanks

    salam : anak soneta (smp 1 tulungagung)…HheB-)

  151. Saya lahir di desa Ngunut, tahun 1968. Bersekolah di SMPP Tulungagung Beji Boyolangu – sekarang katanya jadi SMA 2? Tahun 1986 lulus dari sana dan merantau ke Surabaya. Setiap lebaran, saya mudik ke keluarga istri saya di Blitar. Dan, selalu berusaha mampir di desa Ngunut, walau ke dua orang tua sudah tidak ada. Biasa, kangen dengan suasana desa itu, dan pasti : makanan khasnya. Saya menulis di blog tentang desa saya di sini : http://ngunuttulungagungjawatimur.blogspot.com/

    Sukses untuk Anda semua!

  152. saya dauke anak tulungagung. bertahun-tahun sya merantau. kangen sma keluarga tetangga juga pda kawan2. setiap sore saya biasa nongkrong dngan kawan d cupet urang yang berada di desa punjul. kalo malam ngopi sambil nyethe dari warung ke warung. sungguh kenangan yang tdak pernah aku lupakan. bagi teman2 di desa punjul ini nmer hp saya; 085746543213, tolonghubungi za, untuk melepas kerinduan”dauke”

  153. Sy baru tahu kl terowongan Niyama itu pertama kalinya dibangun oleh tentara Jepang, pantesan namanya jd Niyama. Dulu waktu peresmiannya, sy masih SMP.

  154. Asalamualaikum, saya dari Singapura. Dan baru2 ini telah berpacaran sama gadis yg asal dari Campurdarat. Saya pingin tahu adat2 disana, gimana harus saya berhadapan sama orangtuanya bila saya bertemu sama mereka? Tolong bantuin…terimakasih. Aidit

    • Alaikumsalam Wr Wb,

      Halo aidit,

      terima kasih telah berkunjung di blog ini, Adat dan kebiasaan yang ada di Campurdarat (kebetulan saya juga dari campurdarat) tidak jauh berbeda dengan adat dan kebiasaan orang jawa pada umumnya. Tidak ada adat atau kebiasaan yang berbeda disini. Dalam kebiasaan masyarakat jawa, dan masyarakat dunia pada umumnya, sangat menghormati orang tua. Dalam banyak hal/aktivitas orang yang lebih tua mendapat kesempatan pertama kali, baru yang lebih muda menyusul. Mintalah ijin dengan baik jika anda ingin mendahului mereka.
      kurang lebihnya seperti itu.

      semoga bisa membantu,

      heru

      • Hi Heru,

        Trimakasih atas pertanyaan & penjelasannya. Caranya agak similar dgn orang2 jawa di Singapura. Saya juga keturunan jawa, kerna nenek dari Medan & kakek asli betawi.

        Jadi mas Heru ada mentap di mana iya, bisa saya tahu? Nanti kapan2 saya ada di Tulungagung bisa kita berkenalan lagi rapat? Btw ini nomor kontak saya di Singapura ( +65 8622 4953 ) atau bisa aja email kpd spearhead_75@yahoo.com

        Saya berkenalan dgn pacaran saya, waktu saya kendalikan projek design di Brunei. Waktu itu, pacaran saya berkerja sebagai waitress di salah satu gereai makan di sana. Saya jadi terpikat dgn wajah dan tata tertibnya sewaktu dia melayani orderan saya. Dia jugak ada berpikiran yg saya juga org asli Indonesia, tapi ternyatanya bukan. Maaf iya kalau percakapan saya dilelaman ini agak tidak seperti kalian,kerna di Singapura kaum2 Melayu, Jawa & jugak Bugis lebih fasih dlm bahasa Ingerris, maklumlah kami disini hidup berbilang kaum seperti org tionghua, india & eurasian.

        Oh! Iya, kalau ada kesempatan melawat Singapore call aja saya termasuk sesiapa dilelam ini. Insyallah! Akan saya temani kalian semua ke tempat2 yg menarik & ongkosnya murahnya utk berbelanja.

        Salam,

        Aidit

  155. Ping-balik: Menggagas Kawasan Industri Terpadu di Tulungagung « Tangga-tangga waktu….

  156. Aku yo wong tulungagung, wis ninggalke T.A wiwit umur 18 th. Saiki umur 53th yen lagi pulang kampung mesti mangan sate kambing . Sate khas T.A enake luar biasa bumbu kecap.

  157. Aku bocah kelahiran tulungagung 38 th silam, tp gedhe dek suroboyo. aq saiki menetap dek batam karena aq tugas dek batam, tp aq isih fasih boso jowo lo.. aq ga lali lo pernah sekolah SMPN 2 Ngantru Tulungagung lu2s th 89. sopo konco2 sing pingin kenal aq oleh buka fb ku.
    sulistiyowati ibunya lizzam.
    aq jg kangen karo konco2 sekolah ku dek SMPN 2 Ngantru tp tak goleki dek fb/email e ga ketemu. salam kopi cethe.
    ojo lali rokok reco pentung yo………..

    salam kenal :sulistiyowati ^_^

  158. Tulungagung kados pundi kabaripun..???
    Perkenalkan sy Rizki, salam kenal utk smuanya…
    utk si mas yg udah upload sejarah Tulungagung maturnuwun sanget, & kalau blh sy copy paste utk bahan referensi website kami ttg TULUNGAGUNG…
    sy berniat utk menggali & menggembangkan potensi masyarakat kota NGROWO kita tercinta, jika konco2 sedowo ingin sharing2 mogo dalem aturi sowan dateng FB/TWITTER tulungagung_corner@yahoo.com

  159. mbok bilih saged katrangan2nipun dipun paringi hal ingkang detail…
    kados babadipun nageri alit papan kawula lair ngantos samenika puniki dereng pas rasane yen dereng ngreti sejarah lan seserepanipun nageri tulungagung…
    carita babad tulungagung namung sun trima saking eyang canggah sun,,
    inggih makaten kirang josssh rasanipun…
    mugi saged dipun idini lan panjenengan cekapi.

  160. Tulungagung Kota marmer,kota tercintaku,Mas Heru asli orang Tulungagung Ya…?? Oh ya Mas Heru….Dikota Tulungagung ada sebuah adat yang merupakan tradisi yang sangat terkenal yakni Manten Kucing,silahkan saja kawan-kawan share tentang manten Kucing…?? sipa yang kenal dengan adat ini..?? hayoo…???

  161. ripTulungagung kota kelahira tercinta, saya asli kalangbret.. yang paling berkesan bagi saya adalah warkop cethe..
    Dari setiap warkop yang buka, pasti ramai pengunjung.. jadi kangen ke warkop mak tien nih..
    Salam buat semua wong tulungagung di blog ini

  162. Ping-balik: Kota Ku « pasti bisa

  163. Q asli Rejotangan Tulungagung, sdh 15 th sy tinggal di gresik tp baru thn ini sy pindah KTP jd warga gresik. Kota Tulungagung memang bny kenangan, kangen karo sing jenenge punten+sompil

  164. aku rindu kotaku tercinta (Tulungagung).,. aku lahir dan besar di Tulungagung, tapi sekarang berjuang untuk menuntut ilmu di tempat yang jauuuuuuuh sekali, pulangnya kalau liburan semester,. kangeeen, kangen main ke pantai popoh, ke pantai sidem, ke air terjun kandung, kangen semuanya pokoknya., pengen pulaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaang.,.

  165. tulungagung kota kelahiran ku
    ingat saat tahun 1986, terowongan neyama di resmikan mendiang presiden soeharto (kali lembu peteng dibalik ke arah selatan yng sebelumnya ke arah sungai brantas).
    beji, sobontoro, kepuh, jepun, serut, moyoketen, bono, n lainnya tempoe doloe adalah desa2 tempat aku bermain. lapangan dolog (skrng perumahan telkom/lambau) merupakan arena grass track. SMEA, SMKK, STM dulu merupakan persawahan yng jg merupakan tempat ku main layangan. Monumen MASTRIP, samping pasar burung (bekas terminal) ingat saat diresmikan dihadiri Pangdam V Brawijaya Syaiful Sulun.

    Tulungagung, kota kelahiran ku, kota aku dibesarkan saat ini sungguh jauh berubah. Setiap aku endang mulih, perubahan selalu ada. TULUNGAGUNG KUTHO SING NGANGENI

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s