Laptop murah…akhir dari PC Rakitan ?


Sejak pertengahan tahun 2007 kemarin beberapa pabrikan laptop merilis laptop murah. Laptop murah tersebut memiliki ukuran layar yang lebih kecil (7 inci) dibandingkan dengan laptop yang pada umumnya. Beberapa orang menyebutnya sebagai subnotebook, meskipun berukuran kecil namun kemampuannya cukup bagus untuk penggunaan sehari-hari seperti mengetik, browsing, blogging maupun aktivitas yang lain.
Trend laptop murah ini berawal dari ide negroponte seorang kepala lab kampus MIT di amerika sana yang mengidam-idamkan pembuatan laptop murah untuk pendidikan anak-anak dunia ketiga dengan nama proyek OLPC. Pada awalnya proyek nirlaba tersebut mendapat dukungan dari berbagai vendor termasuk didalamnya intel corp, namun pada perkembangan selanjutnya vendor-vendor tersebut termasuk intel kemudian mengundurkan diri dan melanjutkan membuat laptop murah sendiri-sendiri.
Intel sendiri kemudian fokus pada pembuatan laptop murah yang mereka namakan sebagai classmate pc. Pada saat ini perkembangan OLPC sendiri menjadi terkatung-katung tidak jelas, harga laptop OLPC yang semula direncanakan berkisar pada harga $100 membengkak karena ongkos produksinya menjadi naik.
Asus EEE PC
Vendor-vendor tersebut mengundurkan diri karena melihat peluang ekonomi yang besar dari laptop murah. Di negara-negara berkembang laptop yang murah akan menjadi primadona baru. Adalah asus yang pertama kali mengumumkan memproduksi laptop murah yang diberi nama EEE PC. Di indonesia asus merilis EEE pc pada tanggal 26 januari lalu setelah pada semester kedua 2007 mereka merilisnya di Taiwan. Sambutan konsumen di Indonesia sangat luar biasa, anda bisa membaca beritanya di http://www.detikinet.com.
Zyrex Anoa
Zyrex, vendor komputer lokal tidak mau ketinggalan untuk meramaikan pasar. Pada tanggal 16 februari yang lalu, zyrex mengumumkan bahwa mereka juga merilis laptop yang sama http://www.detikinet.com. Ada dua jenis laptop yang dirilis oleh zyrex, anoa dan ubud. Anoa diproyeksikan sebagai pesaing head-to-head dengan EEE PC karena memiliki spesifikasi yang sama. Sedangkan Ubud, yang memiliki spesifikasi perangkat keras yang jauh lebih baik dibandingkan dengan Anoa, di proyeksikan untuk professional yang mobile.Dengan harga yang murah laptop-laptop tersebut langsung bersaing dengan PC rakitan yang selama ini menguasai pangsa pasar PC di Indonesia. Walaupun dilihat dari spesifikasi hardware tentu saja laptop-laptop murah tersebut kalah telak, namun laptop-laptop murah tersebut memiliki keunggulan yang tidak dimiliki oleh PC rakitan yaitu kemampuan mobile dan konsumsi energi yang rendah dan yang penting bisa bergaya dengan laptop (khas orang indonesia ) ). Dalam kurun beberapa waktu kedepan popularitas laptop murah akan mengalami peningkatan terutama pada saat ini ketika dunia mengalami krisis energi, dimana penggunaan alat-alat elektronik yang rendah daya menjadi primadona.
Pada pemakaian komputer untuk keperluan sehari-hari seperti mengetik, spreadsheet, menjelajah internet tentu tidak ada perbedaan yang mencolok dari laptop-laptop tersebut dibandingkan dengan PC rakitan. Kecuali untuk penggunaaan aplikasi yang membutuhkan sumber daya komputer yang besar seperti pengolah gambar, programming yang umumnya membutuhkan kemampuan hardware bagus yang mana dengan harga yang setara dengan laptop murah hanya bisa dipenuhi oleh PC rakitan.
Walaupun ada beberapa vendor yang merilis PC dalam ukuran yang kecil seperti barebone, enano pc, saya yakin jika laptop-laptop murah tersebut sudah bisa dijumpai dengan mudah maka penjualan PC rakitan maupun yang bermerek akan turun.Portabilitas yang dimiliki laptop membuatnya mudah untuk dibawa kemanapun. Anda bisa mengetik ketika berada dalam perjalanan, saat berwisata dan lain-lain. Dari konsumsi energi laptop-laptop tersebut diklaim memiliki umur baterei yang lebih lama. Hal ini dikarenakan spesifikasi dari perangkat kerasnya yang memang didesain mengkonsumsi energi yang minimal.
Tentu saja PC rakitan masih tetap diperlukan bagi orang-orang yang membutuhkan PC dengan kemampuan komputasi yang baik serta harganya murah dibandingkan dengan PC bermerek dengan spesifikasi perangkat keras yang sama. Namun seberapa besar dampak dari penjualan laptop murah ini terhadap penjualan PC rakitan ? Mungkin kita baru bisa mendapatkan datanya pada akhir tahun 2008. Dan jangan lupa bahwa kita masih belum tahu seberapa bagus kualitas dari laptop-laptop murah ini. Bisa jadi karena murah, kualitas tidak menjadi fokus dari vendor tersebut. Ingat kasus penjualan motor cina yang pernah ada beberapa tahun yang lalu. Kualitas produk tidak menjadi perhatian motor cina, akibatnya motor-motor cina hanya bisa bertahan sebentar untuk kemudian menghilang dari jalan raya selamanya.
Saya yakin produsen PC yang juga membuat laptop murah sudah memikirkan dampak dari laptop murah tersebut. Mungkin mereka sudah memiliki strategy khusus supaya laptop murahnya tidak mengerogoti PC yang diproduksinya, Namun dampak dari laptop murah ini jelas akan sangat dirasakan oleh penjual PC rakitan.
Bagaimana menurut anda ? share pendapat anda di sini.

14 thoughts on “Laptop murah…akhir dari PC Rakitan ?

  1. #landy & amin & 521

    Silahkan menghubungi dealer resmi masing-masing produsen yang terdekat dari kota anda.

    Alamat Dealer Resmi Zyrex terdekat dari kota anda bisa dilihat di http://www.zyrex.com/selectdealer.asp. Dealer zyrex terdekat dari kota tulungagung ada di kediri, berikut ini alamatnya:
    Terra Computer System
    Jl. Balowerti II No.28-30
    Kediri – Indonesia
    Phone. (0354) 687-612, 680-162
    Fax. (0354) 680-162
    Email. terrakdr@indo.net.id

    Untuk asus anda bisa kontak:
    PT. ASUS Indonesia
    Rukan Sentra Kelapa Gading,
    Jl. Mandiri Tengah Blok M / I – 7, Jakarta 14240
    Tel: +62 21 4586 5050
    Fax: +62 21 4586 5049

  2. Ping-balik: Desktop Computers » Laptop murah…akhir dari PC Rakitan ? Tangga-tangga waktu….

  3. Siang…………….
    Salam…buat anda yang tertarik dan butuh barang2 seperti PC, Notebook, Server produk2 IBM, Dan perlu harga maintenance printronik kami siap bantu anda, khususnya service dan harga lebih baik. bisa hubungi kami di 081380671694.

    Wasalam

    Priko mico

  4. laptop murah mmg mempengaruhi penjualan PC rakitan, tetapi bagi yg ingin performance tinggi, terutama untuk game dan desain masih ingin memiliki PC dibanding laptop. Karena dari segi hardware jelas berbeda, untuk laptop semua komponen di buat minimalis,tidak cepat panas, pemakaian energi yg kecil agar baterai tdk cepat hbs, yg berarti menurunkan performa komponen tersebut, Contoh core2duo 2.8 di pc tdk sama dgn core2duo 2.8 di laptop.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s