3 Ciri orang-orang munafik


Rasulullah SAW pernah bersabda mengenai ciri-ciri orang munafik. Pada orang munafik minimal ada satu ciri, sedangkan munafik tulen memiliki ketiga-tiganya. Ketiga ciri tersebut adalah

  1. Bila berbicara selalu bohong.
    Orang seperti ini tidak bisa dipercayai dalam setiap perkataan yang diucapkannya. Bisa jadi apa yang dibicarakan tidak sesuai dengan hatinya.
  2. Bila berjanji, tidak ditepati
    Orang munafik sulit untuk dipercayai perkataan dan perbuatannya
  3. Bila diberi kepercayaan selalu berkhianat.
    Orang munafik sulit diberikan kepercayaan. Setiap kali kepercayaan yang diberikan tidak dapat dia jaga dengan baik.

Semoga Allah SWT senantiasa melindungi kita dari sifat-sifat munafik dan kejahatan orang-orang munafik

About these ads

121 thoughts on “3 Ciri orang-orang munafik

  1. Orang munafik…???
    Klo mnurut ku, sapa saja bs punya, tidak peduli Cew topun Cow..YAng pasti orang munafik pasti diliputi sifat LICIK alias Licin, Baik dari perkataannya maupun dari tingkahnya…
    Hati2 klo Punya teman, palagi Pacar yang munafik…
    Di zaman sekarang, sulit cari orang yang bener2 jujur…,maskipun da, Palingan Cuman sebatas Jari tangan kita Klo dibandingkan ma telapak tangan kita yang tidak punya sifat Munak.

  2. pendapat saya mengatakan bahawa org yg munafik ini mmg patut dihukum oleh allah.mmg sedih melihatkan isu munafik ini ttp sbg manusia kita harus sedar bhw kita merupakan hambanya.bertakwalah hanya kpdnya.

    • menurut saya menghindari terhadap orang dan sifat munafik itu sangat sulit terlebih lagi pada diri kita sendiri. Karena menjauhi ciri – ciri nya sja bgitu sulit terlebih dgn ilmu yg masih awam,tapi smoga sja yg menulis ini dan membcanya slalu dilindungi dan dijauhkan dari sifat munafik.amin
      yang terpenting kta slalu saling mengingatkan satu sama lain.

  3. saya pernah mendengar sebuah friman Allah SWT yg berbunyi,sesungguhnya Allah SWT telah menurunkan Hajaratul Aswad berwarna putih suci.dan ia akan bertukar menjadi hitam kerana disentuh oleh orang2 yg munafik.

  4. kata temanku bilang dibandung banyak orang munafik apa betul??? menurut aku sih munafik itu perbuatan yg dibenci alloh ya msh byk lg definisi yg lain…

    • btl orang munafik biasa nya dikala dia sedih dia sellu bersandar kepada orang lain..dikala dia senang dia bahkanseprlunya menghubungi orang yg pernah menolong dia,…padhal orang itu sering membantu dan menolong dia dan mengorbankan banyak waktu..tp dia seperlunya membalas smsdan terkesan da yg di tutup2pi…Apakah itu termasuk orang MUNAFIK?

  5. Q g tw mw ngomg pa coz kykx q jg munfk! Sk g npati janji, n q sering bohongi prasaanq klo dlm pgaulan! Kdg klo da yg nglakuin ssuatu m q sbnrx q jgkl tp krna q g enkn jd q blg ja itz okey!

    • ya itu namanya sifat orang..tergantung apa dulu perbuatan nya..kenapa kamu bisa sebut begitu ?
      orang munafik lebih tersinggung lagi kalo dikata-katain..banyak bergaul sama lebih dewasa ya ..

    • yah terkadang orang munafik cendrung gak mendengarkan perintah Allah,dikala dia berbicara dia bohong,dikala dia berjanji tidak ditepati, dikala dia diberi amanah dia tidak dapat menjaganya, tapi ingat pernah ada dalam hadits, ambilah suatu perkataan yang baik2 , sekalipun itu keluar dari mulut anjing sekalipun, berarti yang terpenting kita jangan liat kesalahan orang itu tapi kalau ada orang yang berbicara baik maka dengarkan dan ambil kebikan itu,,dan keburukanna jangan ditiru,,,,

  6. Orang2 munafik itu racun…

    ati2,…orang2 mukmin bisa tertipu dengan orang2 munafik ini…karena kalau udah parah…bener2 nggak bisa dibedain…

    Kita diajarkan untuk berbaik sangka…
    dan yg dia kerjakan…memanfaatkan itu…

  7. Menurut gue..yg dosanya paling besar adalah orang2 kafir…

    Tapi yg paling berbahaya..orang2 munafik..kita nggak akan pernah tahu..kalau sifat munafiknya udah berkarat di dirinya…

  8. apa setiap perbuatan n aksi yg bertolak belakang dengan apa yg di omongin itu bisa disebut munafik…???

    menurutku…
    bisa dibilang munafik jika berhubungan dengan masalah agama. baik secara langsung atau tidak langsung…

  9. saya setuju ama “UQ” yang pasti tuh orang licik dan selalu ingin dia saja yg untung. Dijaman sekarang ini banyak sekali orang2 munafiq. Saran utk mengurangi sifat munafiq :
    1. biasa no lan kulinak no pangucapmu podho karo atimu
    dgn catatan tidak merugikan orang lain
    2. biasa hati selalu menyebut Allooh, setiap saat.

  10. Naudzubillah…
    Kita hanya bisa brlndung kepada Allah..
    Kadang2 scara ga sadar kt tlh mlakukn prbwtan munafik..
    Jangan dulu mencla orang yg munafik..
    Seandainy kt yg duji apkah kt sanggup mnghndr dr prbwtn itu?

  11. Adakah sesorang itu dianggap munafik jika dia secara terang – terangan membenci tetapi dia tidak menyatakan kebenciannya terhadap musuhnya itu?

  12. np ce di dunia ini masih bnyak orang munafik???
    pdhal dunia ini sudh tua!!!
    bknya orang munafik itu bnyak bgetz,!
    krena bnyak yg termasuk golongan ciri-ciri itu!!!
    pa pnts orang munafik di ampuni?
    apa qt bs yakin bahwa qt jg bkn orang munafik??

  13. Aq cm bisa memohon pada Allah Agar jiwa dan ragaku terhindar dari sifat munafiq.mari kit aperbaiki diri kita dari hal hal yang tidak disukai orang lain.menjadi lebih baik.jd orang yg ikhlas dalam menjalani hidup.amin….

  14. pendapat saya tentang orang yang munafik itu adalah orang yang sangat jahat dan sangat merugikan orang lain seperti teman sendiri. yang penting kita harus sadar diri agar terhindar dari sifat yang munafik…

  15. Bismillah….
    Ass,,
    kk2, aq mau nanya…
    Aq tuh orgx pndiam,tp klo drmh crwet… Mnrutq itu krn aq orgx t’ttup,tp tmnq blg itu munafk…
    Pa itu btl ??
    Aq tdk mau di blngin mnfik,aq tkut d lknat ALLAH SWT…
    N bgmn klo seumpamax da tmn kt yg b’buat slh pd kt lntas kt mngatakn tidak apa2 krna tkut mxinggung prasaanx,pa itu jg t’msuk mnfk?
    Trma ksh sblmx,,
    wass…

    • wa’alaikumsalam wr.wb
      dari SD hingga kuliah,guru agama saya memang menerangkan bahwa yg yg namanya munafik tu y 3 ciri di atas.
      Menurut saya,sifat pendiam dan cerewet kmu yang terlihat dalam situasi dan lingkungan yg berbeda itu tidaklah termasuk munafik.hanya saja temenmu yg menilai bahwa kmu munafik itu telah jauh mengenal kmu secara utuh. Dia tahu kepribadianmu baik di dalam maupun di luar rumah, sehingga dia melihatmu sebagai pribadi yang kontradiktif. Menurut saya, kepribadian seperti ini tidak ada hubungannya dengan dusta,pengingkaran janji dan penghianatan kepercayaan.
      Sedangkan membohongi diri saat ada teman yang berbuat salah pada kita lantas kita mengatakan tidak apa2 karena takut menyinggungnya, menurut saya masih bisa ditoleransi dari makna yang sebenarnya terkandung dalam artian “munafik”. Hal ini biasa terjadi ketika kita ragu akan kesalahan teman kita tersebut, apakah disengaja atau tidak. Dan ketika menurut kita kesalahan yg diperbuat itu bisa ditoleransi, maka biasanya terpaksa kita berdusta dg mengatakan “tidak apa2″,agar tidak menyinggung hati dan untuk semata2 menjaga hub silaturahim.Itu smua adalah niatan dan sikap yang mulia dalam menjaga hub silaturahim. secara tidak langsung, dengan mengatakan “tidak apa2″,kita telah berniat memaafkan kesalahannya.
      Tapi perlu diingat,dalam Islam, sungguh akan merugi seseorang kecuali mereka yang beriman,beramal soleh,dan yang saling mengingatkan dalam kebenaran dan kesabaran.

  16. kadang kita lebih gampang menilai si A munafik, si B munafik…….pernah kepikir nggak, mungkin orang lain jg menuduhkan hal yg sama ke kita

    *SUDAHKAH KITA INTROSPEKSI DIRI…?

  17. kl Menurut aku orang munafik itu suka adu domba, misalnya ada 3 orang nah yang1 dia tuh sangat jahat dan dia itu punya teman 2 nama nya dino dan dano nah dia bilang sm dano eh tau gak baru saja tadi si dino itu ejek ejek kin kamu loh… terus dia ngomong lagi sm si dino ehtau gak sih dano td ejek ejek kin kamu.

    Nah temen temen hatihati yah kalau berbicara,berbuat, atau tingkah laku mu seperti ini ini te4r masuk orang munafik…

  18. Mari kita muhasabah diri, bimbang kot kita terpalit sama, semuga di lindungi Allah. Cukuplah dengan ingatan Allah bahawa Munafik akan diletakan di neraka yang paling bawah.

  19. memang sebagian besar orang yg kita temui selalu mengucapkan kebohongan?karna mereka tidak beriman.mereka islam:syahadat dah di ajarin,sholat klo inget,puasa klo kuat,tapi mereka tidak beriman.apakah itu di sebut ISLAM?

  20. ych … banyak orang berpendapat bhwa munafik itu ialah ……………, kamu tahu arti dari munafik, tapi kamu sendiri munafik gak??? intropeksi diri ja dulu, sebnarnya kita munafik gak??? lo mang gak, kamu boleh mengeluarkan pendapat tentang munafik??? aku juga tidak mustahil lo aku juga munafik … mudah-mudahan Allah slalu memberikan petunujk dan hidayah’ya kepada kita agar kita tidak terjerumus ke dalam hal-hal yang dilarang oleh Allah SWT.

    • orang yg wktu sedih ada masalah datang pada kita tp disaat dia senang dia lupa…dan seakan akan kita di pandang sebelah mata oleh dia,,,,,padahal kitya sudah meluangkan waktu tenaga fikiran untu dia…eh malah dia yg bohong….itu kah oraang yg munafik?

    • munafik terhadap sesama/di dunia dh bikin risau sesama apa lg munafik terhadap yg menciptakan dunia dn isinya astahbirlloh………..mudah”an kita bukan org yg termasuk di dalam;a AMIN….

  21. tiap manusia tidak luput dari dosa, termasuk dosa munafik, kecuali Rhosul krn dia maksum. yg penting jika merasa diri terindikasi sifat2 munafik segeralah bertobat, krn manusia tidak ada yg suci, yg ada orang yg mensucikan diri.

  22. ada seseorang yang rajin sholat dan bahkan sangat mengerti tentang agama entah itu yang dilarang sama agama maupun perintah agama,tetapi orang itu durhaka terhadap suaminya bahkan anak anaknya pun ikut mendurhakai orang tuanya .apakah itu termasuk ciri orang munafik?
    balas
    terimakasih

  23. ass,
    islam mengajarkan kita kan untuk saling memaafkan??
    tapi apakah patut orang seperti itu di maafkan??
    sedangkan kita tidak suka di perlakukan seperti itu

  24. Rekan-rekan kerja saya, sering tidak on time jika menghadiri acara rapat, dan lain-lain, tapiiiii……..alasannya selalu hebat2, katanya dan inilah…dan itulah….., demikian pula ke lima pacar saya…..kalau janjian nonton, sering gagal, alasannya lagi enggak enak badan, padahal dia kencan dengan orang lain…..dan masih banyak kejadian yg mirip tersebut di atas….., pertanyaannya kita harus bagaimana kalau isinya di dunia ini rata2 seperti itu ????

  25. Orang Munafik tentunya adalah hal yang menyebalkan…tapi apa daya gan, seakan sulit rasanya mencari teman atau kawan yang peringkat munafiknya agak rendah…huuuh keanehan sifat manusia…Salam kenal ea gan !!!!

  26. Ternyata saat ini banyak sekali orang- orang munafik, disekeliling kita dan malahan orang- orang terdekat kita, makannya janganlah mengikuti mereka menajdi orang munafik.Jauhi ya rabb……..

  27. menurut anda pakah rang nie termsuk ran munfik,ksarnya dia tdak pernh mlakukan kbaikan tp dia tdk ingin rang di skling2nya menjd sepert dia menurt anda bgaimana dan alasannya pa? Terima kasih

  28. tidak usah mengomentari orang lain,, cukup kita introspeksi diri kita sendiri aja. apakah kita termasuk salah satu dari ciri” tersebut atau tidak. kalo iya, marilah kita sama-sama segera bertaubat dan Berdoa semoga di jauhkan dri sifat tersebut.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s