Dalam setiap pilihan selalu ada kesempatan yang bisa di raih


Life is about choicesAda banyak pilihan dalam hidup ini (source Getty Images)

Pada hari ini sabtu 17 september 2011 media banyak memberitakan briptu norman kamaru yang populer dengan lip sync lagu chaiyya-chaiyya itu di beritakan mengundurkan diri dari anggota brimob. Tercatat Republika, kompas, dan juga media online lainnya juga banyak yang memberitakannya. Terlepas dari kebenaran berita maupun alasan yang melatarbelakanginya, keputusan untuk mundur tentunya sudah dipertimbangkan dan dipikirkan jauh-jauh hari sebelumnya

Ketika saya memutuskan untuk kembali ke kampung halaman meninggalkan posisi sebagai senior developer di salah satu software house di surabaya. Keputusan ini bukanlah tanpa alasan, ada 2 alasan yang mendasarinya yaitu si mbok (panggilan untuk nenek di keluarga kita) yang tinggal sendirian di kampung sudah sepuh, sudah saatnya harus ada yang menemaninya.

Alasan yang kedua adalah saya merasa bahwa inilah waktunya untuk pindah ke tempat kerja yang baru, memulai awal baru serta tantangan yang baru. Membiasakan diri untuk selalu menghadapi perubahan, karena pada dasarnya tidak ada yang tetap di dunia ini kecuali Yang Maha Kuasa, Allah SWT tentunya.

Cukup berat juga rasa meninggalkan perusahaan yang sejak tahun 2004 saya bekerja disana, saat saya masih belum lulus kuliah saat itu. Banyak kenangan dan kebersamaan dengan tim yang berbeda pada setiap project. Namun pilihan ini bukan tanpa konsekuensi, pekerjaan dan studi lanjut istri, mengharuskan kita untuk berkumpul pada weekend saja. Pada saat-saat seperti inilah, waktu adalah sesuatu yang berharga untuk dilewatkan dengan percuma.

Saya teringat dengan keputusan beberapa pemuda di kampung yang memutuskan hijrah ke kalimantan, bali, ntt dan ntb. Berbekal kemampuan sebagai tukang pasang dan poles lantai maupun dinding dengan batu marmer, granit maupun andesit, mereka mencoba dari pekerja menjadi kontraktor. Beberapa diantara mereka akhirnya sukses menjadi kontraktor dengan nilai puluhan juta hingga milyaran rupiah.

Padahal selama puluhan tahun, jakarta adalah tujuan favorit warga kampung untuk bekerja. Situasi telah berubah, boomingnya pertambangan di kalimantan dan semakin menggeliatnya industri pariwisata di bali, nusa tenggara barat dan timur menjadikan pembangunan infrastruktur di daerah-daerah semakin dikebut. Tentu kondisi mereka tidak akan banyak berubah jika memutuskan untuk tetap bertahan di kampung dengan segala kondisinya sekarang ini.

Hidup memang harus memilih. Ketika kita sudah menetapkan keputusan atas pilihan-pilihan yang tersedia maka disana ada kesempatan yang bisa diraih. Di setiap pilihan yang diambil selalu ada kesempatan, jadi jangan takut untuk berubah karena pada dasarnya tidak ada yang tetap dalam kehidupan ini.

* sepuh, dalam bahasa jawa yang berarti tua

2 thoughts on “Dalam setiap pilihan selalu ada kesempatan yang bisa di raih

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s