Sharing Koneksi Internet Dengan Proxy Server


Posting kali ini saya ingin berbagi pengalaman sharing koneksi internet dengan menggunakan proxy server. Semoga posting ini bisa memberikan ide baru bagi anda semuanya.

Langsung saja, saya memiliki 2 buah komputer, sebuah laptop dengan sistem operasi Linux distro ubuntu jaunty (9.04) dan satunya desktop dengan sistem operasi windows xp. Dengan menggunakan Prolink 5-port Mini Ethernet switch, keduanya bisa nyambung dengan konfigurasi IP 192.168.0.xxx. Laptop tersebut biasanya saya gunakan untuk konek ke internet (saya berlangganan paket broom unlimited dari IM2) dan mengembangkan perangkat lunak diplatform linux/multiplatform. Sedangkan desktop hanya digunakan untuk nonton video atau untuk mengembangkan perangkat lunak yang khusus berjalan di lingkungan windows (itupun jarang sekali ada order). Supaya tidak menganggur, saya membeli tv tuner dan dalam sekejap monitornya beralih fungsi menjadi televisi.

Dengan hanya 1 komputer yang terhubung internet, tentunya laptop harus digunakan bergantian. Hal ini tentu saja cukup merepotkan, ketika istri saya ingin bermain farmville kesukaannya dan di saat yang sama saya harus mengakses internet juga. Masalah ini membuat saya jadi mikir-mikir bagaimana caranya agar desktop windows xp saya bisa bareng-bareng menggunakan internet.

Akhirnya muncul gagasan untuk menggunakan laptop sebagai proxy server, sehingga desktop windows xp bisa konek ke internet melalui laptop sebagai proxy server. Ada banyak keuntungan dengan menggunakan proxy server (silahkan klik tautan di wikipedia tersebut),  namun yang paling penting bagi saya dengan koneksi broadband yang meskipun di labeli unlimited (namun kecepatan akses akan melambat secara drastis jika dijatah bandwitdh sudah terlampaui) adalah kemampuan proxy server dalam meng-cache web resources seperti halaman web. Sebuah penghematan bandwidth karena browser tidak perlu mengakses situs secara terus menerus. jika kita mau membuka sebuah halaman web dimana jika halaman web tersebut sudah dibuka sebelumnya, maka proxy server akan menampilkan halaman web yang sudah di cache tersebut tanpa harus konek kembali ke internet.

Berikut ini langkah-langkahnya:

1. install proxy server di laptop, dalam hal ini saya menggunakan squid.

  • heru@madukara:~$ sudo apt-get update
  • heru@madukara:~$ sudo apt-get install squid

2. Konfigurasi squid, buka file squid.conf yang ada di /etc/squid/squid.conf, tambahkan acl network_rumah src 192.168.0.0/24 setelah acl CONNECT method CONNECT (IP address yang digunakan tergantung pada konfigurasi IPAddress komputer anda. saya menggunakan IP Address 192.168.0.2 untuk laptop dan IP Address 192.168.0.3 untuk desktop). Tambahkan juga acl local_network src 127.0.0.1/32. Secara default squid berjalan pada port 3128, anda bisa mengubahnya ke port lain atau anda biarkan pada port tersebut.

3. Kemudian dibawahnya tambahkan http_access allow network_rumah dan dibawahnya http_access allow local_network, simpan perubahan file.

4. konek internet broadband, kemudian restart squid dengan perintah sudo /etc/init.d/squid restart.

5. Selanjutnya di browser kita ubah setting network dengan menggunakan proxy. Pada laptop digunakan proxy dengan IP address 127.0.0.1 port 3128 sedangkan pada desktop digunakan IP Address 192.168.0.2 port 3128 sebagai proxy servernya.

Demikian pengalaman saya sharing koneksi internet menggunakan proxy server, semoga bermanfaat.

2 thoughts on “Sharing Koneksi Internet Dengan Proxy Server

Tinggalkan Balasan

