Soto Pak Mun


*Posting ini merupakan oleh-oleh dari mudik lebaran 1429 H.

Saya masih mempunyai utang posting oleh-oleh lebaran 1429 H kemarin yang ternyata masih berupa draft (belum diposting). Mumpung sekarang masih dalam suasana ramadhan.

Hari sabtu, 4 oktober 2008 saya berencana untuk silahturahmi ke rumah pak Fauzi. Beliau ini adalah salah seorang manajer di tempat kerja saya yang sekarang yang kebetulan satu almamater sma dan kuliah. Sengaja saya tidak menghubungi beliau terlebih dulu dan akan mengkontaknya ketika sudah hampir sampai di rumahnya yang berada dekat pintu gerbang masuk kota. Rencananya jika beliau sedang keluar maka saya akan langsung ke kota tulungagung menikmati suasana kota yang akibat kesibukan bekerja di surabaya jarang saya kunjungi lagi.

Ditemani istri dan anak, saya berangkat sekitar pukul 7.30 pagi menggunakan sepeda motor . Sejak tiba di tulungagung dari rumah mertua di ponorogo pada H+1 lebaran cuaca di tulungagung selatan mendung. Tak jarang di pagi hari atau sore hari turun hujan gerimis. Lumayan untuk menyejukan suhu udara yang cukup panas selama bulan ramadhan kemarin. Suasana lebaran pada H+3 di tulungagung masih ramai. Jalanan penuh dengan sepeda motor yang berlalu lalang, harus selalu berhati-hati dalam berkendara.

Setelah menempuh perjalanan kurang lebih 45 menit akhirnya kita sudah berada di sekitar rumah orang tua beliau. Segera saya kontak beliau untuk mengabarkan posisi saya sekarang, sayang sekali ternyata lebaran ini beliau tidak mudik ke tulungagung. Beliau memilih untuk mengunjungi kerabat ayahnya di jember. Mendadak ada perubahan rencana begitu katanya.

Karena tidak jadi silaturahmi dengan beliau maka saya melanjutkan perjalanan ke kota tulungagung. Sempat putar alun-alun yang ternyata sudah banyak orang yang ada disana. Dulu pedagang makanan masih diijinkan mangkal di sekitaran alun-alun, teman-teman sering mengajak duduk-duduk disana sambil menikmati lezatnya lontong tahu dan makanan khas tulungagung lainnya. Karena semua tempat duduk yang disediakan di alun-alun sudah penuh maka kita memutuskan untuk tidak mampir, melainkan langsung menuju depot soto pak mun.

warung soto pak mun

warung soto pak mun

Salah satu warung soto yang cukup dikenal luas di tulungagung adalah depot soto pak mun. Depot ini berada di sebelah selatan (-+ 150m) dari stasiun kota tulungagung. Pak mun menjual soto ayam dan soto daging. Setiap hari depot selalu ramai dikunjungi, baik oleh orang yang sengaja datang ke tempat itu maupun orang-orang yang mampir sehabis turun dari kereta. Dulu sewaktu kuliah di surabaya saya lebih memilih naik kereta api dibandingkan dengan bis, selain harga tiketnya yang murah (dulu Rp. 5000 untuk surabaya – tulungagung jauh lebih murah dibandingkan ongkos kendaraan umum dari kota tulungagung ke desa saya yang ada di kecamatan campurdarat) kita juga bisa mampir ke depot pak mun.

Mbak-mbak penjaga toko helm

Mbak-mbak penjaga toko helm malu-malu minta di foto juga🙂

Depot ini tidak hanya menjual soto saja, bakso dan aneka minuman pendamping juga ada. Berhubung tadi sudah sarapan nasi pecel maka kita hanya memesan 2 mangkuk bakso. Istri saya memesan minuman favoritnya es degan, sedangkan saya lebih memilih es beras kencur. Dhira anak saya wah..dia ternyata lebih milih mimik susu yang dibawa dari rumah hehee. Ehm..bukankah nikmat makan bakso anget-anget ditemani dengan segelas es beras kencur yang sueegerrr.. hehehe.

* untuk foto-foto masih menyusul, saya harus bongkar-bongkar file dulu nih🙂 berhubung kemarin (3 september 2009) mudik ke tulungagung dan foto lama masih belum ketemu akhirnya sekalian saja foto warung soto pak mun.

2 thoughts on “Soto Pak Mun

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s