Enano…PC kecil yang hemat energi


Enano, nama yang mungkin terasa asing bagi sebagian besar anda. Enamo adalah sebuah komputer personal (PC) desktop yang termasuk dalam kelompok PC desktop terkecil didunia. Enano berukuran panjang 165mm, lebar 165mm serta tingginya hanya 51mm (mm = milimeter). Saking kecilnya sehingga enano hanya seukuran telapak tangan orang dewasa.

Namun bukan itu saja yang membuat PC ini terasa istimewa. Konsumsi daya listriknya juga sangat rendah, walaupung tetap masih diatas konsumsi listrik laptop (sumber: trendhunter.com). Saking rendahnya sehingga diklaim sebagai PC yang paling ramah energi saat ini .

Dunia saat ini sedang mengalami krisis kekurangan energi, dengan tingkat konsumsi energi dunia setiap tahunnya mengalami peningkatan sekitar 9-10 persen (sumber: UK Petra). Sementara itu kemajuan pengembangan energi alternatif seperti yang berasal dari bahan bakar nabati maupun sel tenaga surya tidak sebanding dengan laju konsumsi energi dunia. Penggunaan peralatan yang hemat energi akan sangat membantu mengurangi konsumsi energi dunia yang semakin meningkat.

Enano Computer selain memproduksi PC enano, juga memproduksi monitor yang hemat energi, keyboard dan mouse. Namun pada saat tulisan ini dibuat, informasi mengenai monitor, keyboard dan mouse yang mereka produksi masih belum bisa ditampilkan di situsnya.

PC enano memiliki beberapa seri antara lain seri eMX76LE dibandrol $2,906.95, sedangkan seri eC5507 dibandrol dengan harga $921.43. Cukup mahal untuk sebuah PC saja. Dengan harga yang sepadan tentu orang akan lebih memilih membeli laptop daripada sebuah PC, dimana orang tidak perlu lagi membeli monitor dan perangkat yang lainnya.

Seharusnya vendor produsen PC dunia mulai memproduksi PC yang hemat energi seperti yang diproduksi oleh Enano Computer. Bisa dibayangkan berapa besar energi listrik yang bisa dihemat jika PC dan server yang rakus daya listrik seperti sekarang ini digantikan dengan PC dan server yang rendah daya listrik namun memiliki kemampuan komputasi lebih baik atau setara. Sudah saatnya PC menggunakan daya listrik yang rendah agar pemakaian energi bisa dihemat. Ujung-ujungnya khan bisa mengurangi tagihan PLN tiap bulannya.๐Ÿ™‚

technorati tags:

Blogged with Flock

8 thoughts on “Enano…PC kecil yang hemat energi

  1. #alief.
    Tergantung jatuhnya dimana. Klo jatuh di tempat yang empuk seperti kasur busa tentu tidak terlalu berbahaya. PC ini juga bisa dijadikan sebagai media server di ruang keluarga sebab ukurannya tidak terlalu besar.

    #lintang
    mo ikutan kampanye 17.00 – 22.00 ah.๐Ÿ™‚ ok silahkan di tautkan

  2. Ping-balik: Laptop murah…akhir dari PC Rakitan ? « Tangga-tangga waktu….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s