Oleh-oleh ramadhan


Alhamdulillah..ramadhan tahun ini sudah kita lalui. Terlepas dari perbedaan pandangan dalam penentuan akhir ramadhan, bulan ramadhan telah mendidik kita untuk mengendalikan nafsu, menundukan jiwa raga pada tuntunan hidup yang di tetapkan Allah dan Rasul-Nya. Puasa, shalat tarawih, i’tikaf, tadarrus, mengaji menjadi kegiatan yang menghiasi setiap rumah dan masjid selama ramadhan, demikian juga dengan zakat, infaq dan shadaqah dan ibadah-ibadah yang lainnya.

Seiring dengan berakhirnya ramadhan, kegiatan-kegiatan yang semarak dibulan ramadhan pelan-pelan juga berakhir. Jika seorang muslim yang bisa dibaratkan sebuah mesin produksi, bulan ramadhan adalah waktu dimana mesin tersebut beroperasi dalam kapasitas maksimum. Namun kenyataannya muslim bukan sebuah mesin produksi. Seorang muslim akan senantiasa mengevaluasai setiap amalannya. Bulan ramadhan hendaknya dilihat sebagai pembelajaran dari amalan keseharian yang akan dilakukan 11 bulan mendatang.

Jika selama bulan ramadhan kita rajin shalat sunnah, tadarrus, infaq dan shadaqah serta amalan yang lain tetapi mengapa dibulan syawal dan bulan-bulan setelahnya kita mengendurkan amalan-amalan tersebut. Alangkah eman-emannya (sayang sekali) jika amalan-amalan yang telah dibiasakan selama 1 bulan ini menghilang begitu saja dan akan kembali lagi semarak pada ramadhan tahun depan? Sungguh naif jika kita memperbanyak amalan di bulan ramadhan hanya semata-mata karena kompensasi(pahala) ibadah dibulan ramadhan yang jauh lebih besar daripada bulan-bulan yang lainnya. Jadi..apa oleh-oleh di bulan ramadhan apa yang bisa kita hidangkan pada bulan-bulan mendatang? apakah hanya baju-baju baru dan setumpuk kue ?

Ya Allah..Ya Tuhan kami, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat dan peliharalah kami dari siksa neraka.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s