Ayo membuat kliping lagi….


Dulu sewaktu saya masih diduduk di sekolah dasar dan sekolah menengah pertama, guru sering memberikan tugas untuk membuat kliping. Yang paling sering dibuat adalah kliping mengenai peristiwa-peristiwa besar. Terutama jika waktunya bersamaan dengan even-even besar seperti Pekan Olahraga Nasional (PON) dan olimpiade dunia. Saya masih ingat saat saat bersama dengan beberapa teman dalam satu kelompok mengumpulkan potongan-potongan berita. Korannya saya biasa minta ke tetangga yang memang berlangganan atau yang sering membeli koran karena bagi keluarga kami memenuhi kebutuhan sehari-hari jauh lebih penting dari pada membeli apalagi berlangganan koran. Supaya lebih menarik disekitar tempelan kliping diberi hiasan sebagai pemanisnya.

Kini, setelah hampir 10 tahun sejak lulus smp (saya lulus smp tahun 1996) sampai sekarang saya sudah tidak pernah lagi membuat kliping. Saya juga tidak tahu apakah sampai sekarang guru-guru sekolah dasar dan menengah pertama masih rajin memberikan tugas membuat kliping atau tidak.

Bagi sebagian orang membuat kliping merupakan salah satu hobi. Mereka akan selalu mengumpulkan berbagai berita untuk dijadikan kliping. Sebagian orang mengumpulkan kliping tentang pariwisata, otomotif, olahraga, budaya, lingkungan hidup dan sebagainya. Namun saya rasa sekarang ini sudah jarang orang yang membuat dan mengumpulkan kliping.

Salah satu manfaat membuat kliping adalah membiasakan kita untuk melakukan dokumentasi. Padahal banyak manfaat yang bisa diperoleh kalau kita terbiasa melakukan dokumentasi. Selain itu dengan mengumpulkan berita dan mengelompokkannya dalam kategori tertentu akan membantu kita melihat perkembangan suatu peristiwa dari masa ke masa. Tulisan yang dikumpulkan akan lebih bernilai karena kejadian tersebut ditulis sesaat setelah terjadi.

Seharusnya membuat kliping tidak terbatas mengumpulkan potongan berita koran atau majalah pada kertas saja. Internet juga bisa digunakan untuk membuat kliping juga. Dengan banyaknya media cetak yang juga membuat versi online dari koran yang dicetaknya, sebenarnya kita bisa membuat kliping dengan memanfaatkan situs-situs blog gratisan. Selain kita bisa mendokumentasikan sebuah peristiwa, manfaat yang lainnya adalah kita juga bisa membagi informasi kliping tersebut kepada orang lain. Bahkan sebagian blogger sebenarnya secara sengaja atau tidak telah membuat kliping elektronik. Coba saja tengok blog yang menulis berita mengenai piala dunia 2006 di jerman pada blog jerman2006 atau bencana lumpur panas lapindo sidoarjo di blog hotmudflow. Bahkan hotmudflow ini termasuk dalam kelompok blog berbahasa indonesia yang paling populer di wordpress.com. Artikel yang diposting dalam blog hotmudflow juga banyak mengutip dari berbagai media, jadi mirip dengan kliping pada jaman SD dulu.

Jadi ini merupakan manfaat lain dari sebuah blog selain bisa digunakan untuk menulis ide dan pemikiran juga bisa digunakan untuk membuat kliping. Dengan demikian di masa mendatang kita akan mendapatkan informasi yang lebih lengkap tentang sebuah peristiwa di masa lampau sebab perkembangan peristiwa tersebut setiap saat sudah terangkum dan tersimpan rapi dalam sebuah kliping elektronik yang bisa diakses semua orang setiap saat.

Blogged with Flock

3 thoughts on “Ayo membuat kliping lagi….

  1. bagus juga koment anda tentang kliping. saya pikir, sekarang kliping memang diabaikan atau sebelah mata. saat ini saya sedang mencari referensi tentang kliping. kalau ada, mungkin anda bisa kasi info tentang sumber2 yang mndukung tntang kliping

  2. saya juga pernah menemukan kliping sepakbola di gudang rumah, ternyata kliping itu milik ayah saya sebagai penggemar sepak bola, seperti saat maradonna melakukan pelanggaran…
    ayah saya juga sempat “mendongeng” saat membuat kliping tersebut..
    sekarang klipingnya sudah di harcover dan diabadikan sebagai salah satu koleksi buku pribadi..
    terimakasih..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s