Order qualifier Criteria


Setiap organisasi baik itu organisasi yang mencari laba maupun nirlaba pasti menghasilkan produk entah itu berupa barang atau jasa. Produk yang dihasilkan tersebut kemudian dipasarkan. Dari hasil pemasaran produk tersebut akhirnya bisa diketahui apakah produk tersebut sukses diterima oleh pasar atau menjadi produk gagal. Sukses atau tidaknya sebuah produk dapat dilihat dari respon penerimaan yang diberikan oleh masyarakat terhadap produk tersebut.

Kenyataannya jarang sekali dijumpai produk yang tidak memiliki kompetitor. Hampir semua produk yang dipasarkan pasti memiliki kompetitor baik yang berhadap langsung secara head-to-head maupun yang tidak bersaing secara langsung. Contohnya produk yang bersaing secara langsung yaitu dalam segmen minuman teh botol ada beberapa jenis produk antara lain : teh botol sosro, teh kita, fresh tea. Di segmen air mineral ada Aqua, Ades, Club dan berbagai merek lainnya. Pada segmen minuman cola ada pepsi cola yang berkompetisi dengan coca cola. Di bidang produk processor bisa dilihat persaingan antara penghasil chip processor AMD dengan INTEL.

Kalau kita cermati lebih jauh pada setiap produk yang bersaing secara head-to-head ini memiliki beberapa persamaan. Persamaan ini bisa terdapat pada kesamaan fungsi/kegunaan, fitur dan sebagainya. Kesamaan kriteria yang dimiliki oleh masing-masing produk tersebut yang menjadikan produk-produk tersebut bisa berkompetisi dalam pasar. Kesamaan-kesamaan tersebut disebut sebagai order qualifier criteria.

Order qualifier criteria adalah kriteria-kriteria dasar yang harus dimiliki oleh sebuah produk (barang/jasa) sehingga produk tersebut bisa ikut bersaing dalam pasar. Produk-produk yang tidak memenuhi order qualifier criteria bisa dipastikan tidak akan diterima oleh pasar. Sebagai contoh: order qualifier criteria dalam minuman teh botol antara lain: air tehnya tidak mudah rusak/basi. Rasa teh dalam teh botol tersebut harus tetap dominan dibandingan dengan perasa tambahan (rasa buah, wangi melati dll) yang diberikan.

Riset pasar untuk mengetahui order qualifier criteria harus lebih dahulu dilakukan oleh setiap perusahaan/organisasi yang akan menjual produk ke pasar. Riset ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik dari produk sejenis yang sudah beredar lebih dulu dipasar. Sehingga produk yang akan diluncurkan tersebut minimal sudah memenuhi order qualifier criteria sehingga produk tersebut mampu untuk bersaing dengan produk-produk yang sejenis.

baca juga: critical business process

technorati tags:, ,

Blogged with Flock

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s