Menundukkan Akal…..


بِِسْمِاللَّهِالرَّحْمَنِالرَّحِيمِ

Manusia adalah makhluk yang paling mulia diantara makhluk-makhluk ciptaan Allah yang lain. Salah satu ciri keunggulan manusia adalah memiliki akal dan nafsu. Allah memilih manusia untuk menjadi pengelola (khalifah) bumi. Dengan potensi akal yang dimiliki manusia diberikan keleluasaan untuk mengelola bumi. Namun Allah juga mengingatkan manusia supaya jangan melampaui batas dalam kedudukannya sebagai pengelola bumi.

Akal dan nafsu bagaikan pedang bermata dua, pada satu sisi sebagai sarana yang dasyat untuk bertaqarrub kepada Allah SWT, namun di sisi lain akal dan nafsu adalah pendorong utama manusia untuk menjadi pengingkar nomor 2 setelah iblis. Akal dan nafsu seharusnya digunakan untuk melakukan ekplorasi tentang dunia dan ciptaan Allah SWT, mengakui kebesaran dan keteraturan-keteraturan hukum-hukum alam, mengakui bahwa tidak ada sesuatupun yang diciptakan Allah yang tidak berguna.

Akan tetapi akal dan nafsu manusia memikili keterbatasan. Keterbatasan inilah yang seringkali tidak/tidak mau disadari oleh manusia. Pengagungan terhadap akal dan nafsu telah menjadikan manusia sebagai budak dari akal dan nafsunya sendiri. Banyak sekali orang-orang yang memiliki tingkat pendidikan yang tinggi namun semakin tinggi ilmu semakin ingkar.

Budaya populer telah mengajarkan orang untuk mencari popularitas. Dunia sekarang sudah dipenuhi oleh banyak orang yang memiliki kesamaan-kesamaan, untuk menjadi populer kuncinya adalah lakukan sesuatu yang beda dari yang dilakukan oleh orang lain. Motivasi awal menjadi populer dan terkenal inilah yang selanjutnya akan membawa orang untuk melakukan riya’. Memang tidak ada yang salah melakukan sesuatu yang berbeda dari yang dilakukan oleh orang lain, namun tentunya sebagai seorang muslim apa yang kita lakukan harus dengan niat semata-mata untuk mendekatkan diri kepada Allah dan sesuai dengan ajaran Islam yang diajarkan oleh Nabi SAW.

Menundukan akal dan nafsu pada ketentuan Allah serta menyadari bahwa ada derajat-derajat dimana akal tidak akan pernah bisa memahaminya. Didalam alqur’an banyak sekali peristiwa dimana akal tidak bisa memahami perintah Allah namun sebagai hamba, manusia wajib mendengar dan mematuhinya. antara lain adalah:

Kisah Nabi Nuh

Nabi Nuh telah berdakwah mengajak umatnya untuk patuh dan beriman kepada Allah selama 900 tahun. Namun selama kurun waktu tersebut hanya sedikit yang mau beriman kepada Allah. Bahkan istri dan kan’aan anaknya tidak mau beriman kepada Allah. Dapat dibayangkan betapa sedihnya nabi nuh karena anak dan istrinya adalah penghalang nomor 1 dalam dakwahnya.

Kemudian Allah SWT memerintahkan nabi nuh untuk membuat perahu. Bayangkan saat itu musim kering dan Allah memerintahkan supaya perahu tersebut dibuat di puncak gunung. Pada umumnya perahu dibuat di dekat sungai atau pantai supaya bisa segera digunakan jika sudah selesai. Namun karena didorong oleh ketundukan kepada Allah, nabi nuh dan pengikutnya segera membuat perahu di puncak gunung. Sesuatu perintah yang tidak bisa dimengerti akal pikiran, sehingga orang-orang yang selama ini menjadi penentangnya menertawakan apa yang di lakukan nabi nuh dan pengikutnya karena sudah dianggap gila dan tidak waras.

Namun apa yang terjadi ? begitu perahu sudah selesai dibuat, Allah menurunkan hujan dan banjir. Tanah menjadi retak-retak dan pada retakannya keluar air yang besar sehingga menenggelamkan orang-orang yang dahulu menertawakan nabi nuh dan pengikutnya.

Kisah Nabi Musa

Nabi musa memimpin bani israil keluar dari tanah mesir menuju palestina. Selama bertahun-tahun bani israil menjadi budak fir’aun dan orang-orang mesir. Fir’aun yang marah segera memimpin pasukan mengejar dan menangkap nabi musa dan pengikutnya. Allah SWT memerintahkan agar nabi musa menuju laut merah.

Perintah yang sulit untuk dipahami akal karena bani israil tidak memiliki perahu untuk meyeberangi laut merah. Namun karena ini adalah perintah Allah maka nabi musa patuh untuk mengikutinya. Sehingga sesampainya di tepi laut merah, nabi musa dan pengikutnya bingung. Di depan adalah laut sedangkan di berlakang balatentara mesir sudah siap untuk membunuh mereka. Musa dan pengikutnya terkepung…

Dalam keadaan tersebut, Allah memerintahkan malaikat Jibril untuk memberitahu nabi musa agar memukulkan tongkatnya pada air laut. Begitu musa memukul air laut dengan tongkatnya, Allah memerintahkan air laut untuk membelah diri, memberikan jalan bagi nabi musa dan pengikutnya untuk melewatinya. Fir’aun yang mengetahui laut terbelah itu segera mengejar musa melewati jalan tersebut, namun begitu musa dan pengikutnya sampai di seberang Allah memerintahkan air laut untuk menyatu kembali sehingga fir’aun dan pengikutnya tenggelam di laut merah. Allah telah berfirman di surat Yunus ayat 90~92 menjadikan mayat fir’aun sebagai salah satu bukti kekuasaan Allah. Mumi fir’aun yang tenggelam di laut merah bisa di lihat di sini.

Kisah Nabi Ibrahim

Nabi ibrahim selama bertahun-tahun tidak memiliki anak, hingga pada akhirnya lahirlah nabi ismail dari istrinya yang bernama siti hajar. Begitu sayangnya nabi ibrahim kepada ismail anaknya. Namun Allah berkehendak lain, kehadiran anak yang sudah didambakannya selama bertahun-tahun diperintahkan untuk menyembelihnya. Hati orang tua mana yang tidak miris melihat buah hati yang di kasihi harus disembelih sebagai qurban.

Namun nabi Ibrahim lebih mengutamakan perintah Allah daripada rasa sayangnya kepada anaknya. Sehingga beliau segera melakukan perintah tersebut. Atas keteguhannya Allah SWT menggantinya dengan seekor domba.

Kisah Nabi Isa

Kelahiran nabi Isa berbeda dengan kelahiran normal manusia dimana pada manusia normalnya didahului oleh proses pembuahan sel sperma pada sel telur. Nabi Isa dilahirkan tanpa adanya pertemuan antara sel telur dengan sel sperma. Subhanallah..maha suci Allah. bukankah nabi Adam lahir tanpa ayah dan ibu ? serta siti Hawa diciptakan Allah SWT dari tulang rusuk nabi Adam ? Tidak ada yang mustahil bagi Allah.

Kisah Isra’ Mi’raj Nabi Muhamad

Peristiwa isra’ mi’raj yang dilakukan nabi selama semalam menjadi senjata yang digunakan oleh orang-orang yang memusuhi islam. Orang-orang tersebut baik dimasa sekarang maupun pada masa lalu menganggap bahwa isra’ mi’raj sebagai bualan dari nabi muhamad. Benar-benar sesuatu yang tidak bisa dicerna akal, bahkan teknologi transportasi pada masa itu mustahil untuk melakukan perjalanan pulang pergi ke al aqsha dalam waktu semalam.

Namun tidak ada yang mustahil bagi Allah SWT, kekuasaan Allah meliputi segala sesuatu. Manusia dan makhluk ciptaan Allah semua tergantung pada-Nya. Disinilah nampak keterbatasan akal manusia, ada batasan dimana akal tidak mampu mencernanya. Walaupun akhir-akhir ini ada analisa yang mencoba memberikan penjelasan mengenai peristiwa isra’ mi’raj dari kacamata sains modern bagaimana cara Allah SWT yang menjalankan hambanya pada suatu malam dari masjidil haram ke masjidil aqsa (surat al Isra’ ayat 1-2).

Selain kisah-kisah yang disebutkan dalam al-qur’an, banyak sekali peristiwa disekitar kita pada saat ini dimana akal kita tidak bisa memahaminya. Peristiwa tsunami aceh masih tergambar jelas di ingatan, ketika rumah dan bangunan-bangunan lain roboh, masjid-masjid tempat bersujud tetap utuh. Air tsunami yang begitu dashyatnya menghindar tidak merobohkan masjid-masjid. Kita hanya bisa mengucapkan subhanallah..alhamdulillah..laa ilaaha illallah..Allahu Akbar.

Manusia dan mahkluk Allah yang lainnya memiliki keterbatasan, demikian juga dengan akal yang dimiliki manusia. Semua memiliki keterbatasan. Menundukkan akal bukan berarti tidak mempergunakan akal sama sekali,
namun mempergunakan akal dalam koridor dan tatanan yang sudah di
tetapkan oleh Allah SWT. Mempergunakan akal dan nafsu untuk bertafakkur tentang ciptaan Allah mendekatkan diri pada-Nya, bukan menggunakannya untuk mengimani sebagian dan mengingkari sebagian dari Ayat-ayat-Nya.

Blogged with Flock

9 thoughts on “Menundukkan Akal…..

  1. apa ada gambarnya / penampakan ya
    aku boleh lihat gak ..?
    dan kalau bisa kisah nabi _nadi nya di perbanyak jangan terlalu singakt gitu…! tapi itu sudah bagus bener2 good ” ? semua lam kenal dari ku ?

  2. apa ada gambarnya / penampakan ya
    aku boleh lihat gak ..?
    dan kalau bisa kisah nabi _nabi nya di perbanyak jangan terlalu singakt gitu…! tapi itu sudah bagus bener2 good ” ? semua lam kenal dari ku ?

  3. saya masuk islam setelah saya menyadari bahwa yesus mereka nomor satukan dan tuhan bapa di nomor duakan seharusnya mereka berpikir dengan akal bahwa tuhan bapa lebih mulia daripada tuhan anak . they alway say “jesus is king of theking” mereka tidak menyadari bahwa setan telawh menipu mereka. seharusnya mereka think who created us and sky and earth. menggunakan akal mereka. akhirrnya saya pilh islam agamaku dan mencari ilham di indonesia alhamdulillah!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s