ASP.NET tanpa Web Projects


Pernah mengalami masalah ketika melakukan importing ASP NET project atau membuka kembali ASP NET Solution yang sudah dibuat menggunakan Visual Studio .NET 2003 ? atau mendapatkan pesan error seperti “Refreshing the project failed. Unable to retrieve folder information from the server” ?

Penyebabnya adalah virtual directory mapping di IIS tidak disetup dengan benar pada saat menggunakan Web Project wizard pada Visual Studio .NET. Untuk mengakalinya web project saya rubah menjadi local project (edit file sln & csproj dengan notepad ) dengan mengubah setting debug mode ke tipe URL serta membuat virtual direktori di IIS yang mengarah ke web project direktori. Namun hal ini tidak memberikan solusi yang bagus karena tidak dapat melakukan debugging di Visual Studio .NET😦 . Sampai akhirnya barusan menemukan solusi untuk masalah tersebut🙂 . Dari hasil googling ternyata hal tersebut merupakan salah satu bugs😀 dari Visual Studio .NET 2003 dan sudah diperbaiki pada Visual Studio 2005.

Ada banyak solusi yang saya dapatkan dari hasil pencarian di google. Salah satunya menyarankan agar menghapus folder-folder yang ada didalam direktory VSWebCache sebelumnya Visual Studio .NET 2003 ditutup dahulu. Isi folder VSWebCache berada pada folder “Documents and Settings\[Login Name]” dihapus ( yang dihapus adalah isi folder VSWebCache, folder VSWebCache sendiri jangan dihapus). Setelah itu baru dibuka kembali Visual Studio .NET 2003.

Namun terkadang cara tersebut tidak dapat menyelesaikan masalah ( pada kasus saya tidak bisa ). Alternatif yang lain adalah melakukan sedikit modifikasi pada Visual Studio .NET 2003 dan Web Project tersebut. Fritz Onion memberikan solusi yaitu membuka ASP NET project tanpa menggunakan Web Projects (ehm..kok bisa ?). Caranya adalah meng-enable setting WebProjectItems ke LocalProjectItems yang ada di direktori “C:\Program Files\Microsoft Visual Studio .NET 2003\VC#\CSharpProjectItems”. Selanjutnya adalah mengubah setting solution file ( .sln) dan reference project pada file project ( .csproj atau .vbproj). Simak penjelasan lengkap Fritz Onion di sini.

Blogged with Flock

2 thoughts on “ASP.NET tanpa Web Projects

  1. Saya mau tanya, aplikasi saya ketika di debug menggunakan visual studio 2005 bisa login. tapi ketika saya publish ke iis login tidak berhasil.
    Apa penyebabnya? Mohon pencerahannya
    Terima Kasih

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s