Cakil….


Cakil dalam kisah pewayangan memerankan peran antagonis. Cakil digambarkan sebagai seorang yang berwajah jelek dengan rahang yang lebih panjang serta gigi yang tongos. Dalam kisah pewayangan cakil selalu berperan sebagai musuh dari kesatria amarta yaitu Arjuna.

Cakil merupakan karakter yang ngeyel dan tidak pernah kenal kata menyerah. Dalam setiap kesempatan yang ada ia akan selalu melawan dengan gagah berani walaupun tidak akan pernah bisa menang dari Arjuna (mana ada kisah arjuna kalah perang sama cakil🙂 ). cakil-cakil…mbok iyao ora usah melawan arjuna..melarikan diri saja atau menghindari ketemu arjuna daripada melawan toh nantinya juga kalah😀 .

Tapi itulah si cakil…dia akan selalu melawan dan terus melawan dan akan selalu begitu. Sampai-sampai ada orang yang memilih lebih cakil daripada kresna, maupun arjuna. Alasannya karena cakil tidak gampang menyerah memperjuangkan keinginannya…walaupun tidak pernah akan berhasil. Jika ada yang lagi sedih hati karena apa yang diusahakan belum sesuai dengan keinginan, coba tengoklah cakil. Cakil akan selalu melawan arjuna walaupun tahu tidak akan bisa menang.

Wayang kulit adalah hiburan yang digemari oleh masyarakat jawa jaman dulu. Sekarang ini hanya sedikit orang-orang jawa yang menyenangi wayang kulit. Para walisongo terutama sunan kalijaga menggunakan wayang kulit ini sebagai media dakwah menyebarkan agama islam di jawa.

Dalam dakwahnya yang menggunakan wayang kulit ini, walisongo menyisipkan pesan-pesan dakwah. Sesi-sesi dalam pagelaran wayang kulit seperti limbuk-an (Munculnya karakter limbuk dengan mboknya ) dan lakon-lakon (kisah) wayang seperti jimat kalimasada. Jimat kalimasada merupakan jimat yang sangat sakti. Kata kalimasada diambil dari kata 2 kalimat syahadat.

Dikisahkan barangsiapa yang berhasil menguasai jimat kalimasada maka ia tidak akan bisa dikalahkan oleh siapa saja. Menguasai jimat kalimasada berarti meyakini dengan sepenuh jiwa dan raga bahwa tidak ada Illah melainkan Allah SWT serta Muhamad adalah seorang rasul Allah. Bukankah seseorang yang meyakini bahwa tidak ada Illah selain Allah dan Muhamad adalah rasul Allah tidak akan pernah takut dengan apapun kecuali hanya takut kepada Allah SWT ?

Gambar cakil di ambil dari situs seasite.niu.edu

Blogged with Flock

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s