Kartoo..meta search engine rasa visual


Makin kreatif aja ide orang-orang yang berbisnis di search engine. Setelah generasi yahoo, altavista, msn (yang sekarang diganti menjadi live) kemudian di susul oleh fenomena google dengan sederet layanan gratisnya sekarang muncul search engine khusus untuk coders yaitu krugle. Selain itu makin banyak mesin metacrawler yang bermunculan. Metacrawler adalah tool yang mengumpulkan hasil pencarian dari berbagai mesin pencari seperti yahoo, live, maupun google.

Ada lagi meta search engine yang bernama kartoo. Kartoo adalah meta search engine yang menggunakan teknologi metacrawler. Keistimewaan kartoo adalah hasil pencarian ditampilkan dalam sebuah network map dalam format macromedia flash. Tampilan network map bisa seperti yang ditunjukan pada gambar di bawah ini:

Pada peta tersebut juga di tampilkan keterkaitan antar hasil pencarian. Karena menggunakan flash, jika menggunakan kartoo maka browser yang digunakan harus dilengkapi plugin macromedia flash yang bisa didonlod gratis dari situsnya macromedia. Namun jika tidak menginginkan hasil pencarian dalam format flash, bisa merubahnya menjadi tampilan html biasa dalam menu option. Keterkaitan hasil pencari juga bisa ditampilkan dalam model cluster

Ada animasi orang sedang melakukan surfing ketika mesing kartoo melakukan pencarian query yang kita lakukan. Keistimewaannya yang lain? Halaman yang sudah kita kunjungi dari hasil search akan di tampilkan di di sebelah kanan. Penasaran dengan kartoo( atau cartoon ? ) ? coba saja sendiri di situsnya.

Gambar-gambar diatas di ambil dari kartoo.

Blogged with Flock

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s