Memahami Critical business process


Salah satu aspek dalam company performance management adalah melakukan indentifikasi proses-proses bisnis kritis perusahaan. Seorang manajer harus memahami dengan pasti proses-proses bisnis kritis perusahaannya. Manajer yang tidak bisa memahami dengan pasti proses-proses bisnis kritis perusahaan bisa dipastikan akan mengalami kesulitan dalam mengelola kinerja perusahaannya.

Pengertian critical business process sendiri adalah aktivitas-aktivitas bisnis penting dalam perusahaan tersebut yang apabila tidak di penuhi akan mengakibatkan keseluruhan proses bisnis perusahaan tidak akan berjalan. Masing-masing perusahaan memiliki critical business process yang berbeda-beda sesuai dengan nature business perusahaan tersebut. Critical business process perusahaan ekspedisi tentu berbeda dengan perusahaan baja karena nature business keduanya jelas berbeda. Sebagai contoh critical business process diperusahaan ekspedisi mungkin:

  • Delivery time
    Perusahaan ekspedisi yang bagus waktu antar barang harus tidak lebih dari 1 hari
  • Safety
    Perusahaan ekspedisi harus bisa mampu menjaga barang kiriman tidak rusak selama pengiriman

Permasalahan yang sering dihadapi adalah critical business process sering kali tidak di identifikasi secara tepat. Akibatnya indikator-indikator kinerja yang digunakan untuk mengukur kinerja juga bukan indikator kinerja yang tepat. Hal ini menyebabkan kinerja yang ditunjukan bukan menunjukan kinerja perusahaan yang sebernarnya.

Jika proses-proses bisnis kritis berhasil diidentifikasi, selanjutnya adalah melakukan identifikasi apakah proses-proses kritis tersebut sudah dilaksanakan dengan baik atau belum. Dari proses ini maka secara umum sudah dapat diketahui kondisi perusahaan apakah dalam keadaan baik atau tidak. Perusahaan yang sudah mampu menjalankan proses bisnis kritis dengan baik akan mampu bertahan di tengah persaingan bisnis.

baca juga: mendefinisikan critical business process

technorati tags:, ,

Blogged with Flock

4 thoughts on “Memahami Critical business process

  1. Bisa dikirimin contoh Alur diagram bisnis proses perusahaan. Saya sekarang bekerja di perusahaan pertambangan. Terima kasih sekali kalau bisa menshare contohnya.

    Wass

  2. minta bantuan rekan2 dong yang ngerti mengenai AHP ….

    ini judul skripsi saya :

    sistem pendukung pengambilan keputusan dengan menggunakan metode analitical hierarcy proses ( AHP ) untuk seleksi calon karyawan ( level menejer ) dengan menggunakan program PHP..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s