Komitmen Top level manajemen pada implementasi system


Implementasi sebuah sistem apakah itu sistem manajemen kinerja, ISO, IT maupun sistem yang lainnya di perusahaan/organisasi membutuhkan dukungan dari semua pihak yang terlibat. Implementasi sebuah sistem tidak serta merta bisa berjalan dengan mulus. Ada banyak hal yang menyebabkan kegagalan implementasi. Faktor-faktor seperti sosialisasi & edukasi sistem, anggota team yang terlibat menentukan sukses tidaknya implementasi.

Sebuah sistem manajemen bisa diusulkan oleh staff maupun berasal dari inisiatif dari top level manajemen sendiri. Implementasi sistem yang berasal dari inisiatif top level manajemen relatif lebih berhasil. Hal ini dikarenakan top level manajemen mempunyai kewenangan dalam menyediakan sumber daya yang diperlukan.

Sebaliknya jika implementasi sistem tersebut di usulkan oleh staff akan mengalami kesulitan jika tidak ada dukungan dari top level manajemen. Bukan hal aneh lagi jika diantara para staff sendiri ada tidak setuju terhadap implementasi sistem tersebut. Ketidaksetujuan tersebut bisa disebabkan oleh banyak hal antara lain memandang tidak perlu dilakukan implementasi sistem, implementasi sistem baru ini hanya menghabiskan biaya tanpa ada return value yang bisa berguna, merasa tidak dilibatkan secara penuh, merasa dilangkahi, maupun yang bersifat lebih persoalan personal seperti like & dislike serta kompetisi yang tidak sehat antar pegawai

Sebaik apapun sistem manajemen yang dipakai, sehebat apapun konsultan yang disewa, jika tidak ada dukungan penuh dari top level manajemen maka sistem tersebut sulit untuk berhasil. Jika top level manajemen sudah mendukung, maka persoalan-persoalan yang di sebutkan diatas bisa dengan mudah diatasi. Kebutuhan sumber daya yang diperlukan akan di support penuh oleh mereka. Sehingga dalam hal ini komitmen dari top level manajemen merupakan salah satu faktor penentu dalam mensukseskan implementasi sebuah sistem.

Blogged with Flock

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s