Mereview kembali visi misi organisasi


Balance scorecard di turunkan dari visi misi organisasi. Setiap organisasi, apapun jenisnya baik organisasi non profit maupun organisasi yang mencari keuntungan memiliki visi misi yang menjadi ruh dalam setiap aktivitas organisasi tersebut. Dari visi misi organisasi ini di turunkan menjadi kumpulan action organisasi. Set of action itulah yang diukur dalam Kpi-Kpi untuk mendapatkan kinerja organisasi secara keseluruhan.

Visi misi organisasi menjawab beberapa pertanyaan penting seperti: mengapa organisasi tersebut ada ? Siapa yang memerlukan organisasi ini ? Apa yang bisa diberikan organisasi kepada stakeholder ? Apa yang membuat organisasi ini berbeda dengan organisasi yang sejenis ? Pernyataan visi misi organisasi haruslah jelas, tidak terlalu abstrak serta mudah di mengerti. Visi misi menjelaskan role organisasi. Pernyataan visi misi organisasi harus luas untuk perkembangan dan pertumbuhan organisasi namun cukup untuk membuat jalannya organisasi tetap fokus dan terkendali.

Sering kali pernyataan visi misi organisasi kurang tepat menggambarkan tujuan organisasi sehingga sering di jumpai adanya kesulitan pada saat melakukan deploy visi misi menjadi set of action yang akan digunakan untuk mengukur kinerja organisasi dengan menggunakan metode balance scorecard.

Visi

Visi menggambarkan tujuan atau kondisi dimasa depan yang ingin dicapai. Visi memberikan gambaran yang jelas dimasa mendatang yang bisa dilihat oleh customer, stakeholders, dan employee.

Pernyataan visi yang bagus tidak hanya menginspirasikan dan menantang, namun juga sangat berarti sehingga setiap pegawai bisa menghubungkan tugas yang dilakukanya dengan visi. Pernyataan visi harus mampung menjadi inspirasi dalam setiap tindakan yang dilakukan setiap pegawai. Yang paling penting pernyataan visi harus measurable, terukur sehingga setiap pegawai bisa mengetahui apakah tindakan yang dilakukannya dalam rangka mencapai visi organisasi atau tidak.

Pernyataan visi yang baik harus memenuhi beberapa kriteria sebagai berikut:

  • Succinct
  • Pernyataan visi harus singkat sehingga tidak lebih dari 3-4 kalimat.

  • Appealing
  • Visi harus jelas dan memberikan gambaran tentang masa depan yang akan memberikan semangat pada customer, stakeholder dan pegawai.

  • Feasible
  • Visi yang baik harus bisa dicapai dengan resource, energi, waktu. Visi haruslah menyertakan tujuan dan objective yang strecth bagi pegawai.

  • Meaningful
  • Pernyataan visi harus bisa menggugah emosi positif pegawai namun tidak boleh menggunakan kata-kata yang mewakili sebuah emosi.

  • Measurable
  • Pernyataan visi harus bisa diukur sehingga dimungkinkan untuk melakukan pengukuran kinerja sehingga setiap pegawai bisa mengetahui apakah visi sudah bisa dicapai atau belum. Sebagai contoh visi SCTV “satu untuk semua” yang berarti acara-acara SCTV harus bisa dinikmati semua kalangan, semua umur mulai balita sampai manula, cukup dengan melihat SCTV kebutuhan orang terhadap informasi & hiburan dan lain-lain bisa dipenuhi.

Jawaban pertanyaan “Siapa customer organisasi ini ?” akan menyediakan dasar untuk menentukan visi organisasi. Sedangkan jawaban atas pertanyaan “Kemana organisasi akan pergi ?” harus bisa dijawab oleh visi organisasi.

Template di bawah ini akan bisa digunakan untuk menentukan visi organisasi:

We seek to become 
______________________________________________
for (customer)
______________________________________________

Misi

Pernyataan misi yang baik haruslah memenuhi beberapa kriteria seperti berikut:

  • Simple and Clear
  • Pernyataan misi harus dicukup diwakili oleh 2-3 pernyataan saja. Semua pernyataan tersebut harus sederhana dan jelas dimengerti serta tidak menggunakan jargon-jargon organisasi.

  • Broad and long-term in future
  • Pernyataan misi organisasi harus cukup luas mengakomodasikan perkembangan organisasi di masa mendatang. Misi organisasi harus bisa menunjukan gambaran yang akan dicapai di masa depan dengan jelas. Pernyataan misi organisasi harus tetap valid pada 20 tahun mendatang sama seperti kondisi sekarang.

  • Focus on the present
  • Pernyataan misi organisasi tidak boleh terlalu berorientasi pada masa depan sehingga kurang bisa fokus pada kondisi organisasi di masa sekarang.

  • Easy to understand
  • Misi organisasi harus mudah dimengerti. Misi yang mudah dimengerti akan memudahkan mengkomunikasikan misi tersebut kepada anggota organisasi, stakeholder.

Gunakan template dibawah ini untuk mengecek kembali misi organisasi. Apakah pernyataan misi organisasi sudah bisa menjawab pertanyaan dibawah ini ?

We exist to (purpose or need)
_______________________________________________
To provide (service or product)
_______________________________________________
for (customers)
_______________________________________________
so that (planned outcomes or benefits)
_______________________________________________

Cek kembali pernyataan misi organisasi anda, apakah sudah memenuhikriteria diatas atau belum. Jika belum mungkin sekarang adalah waktu yang tepat untuk mereview kembali misi organisasi …

technorati tags:, , , , ,

Blogged with Flock

About these ads

31 thoughts on “Mereview kembali visi misi organisasi

  1. Ping-balik: selamat datang di blog-ku “pipit`s cuap-cuap”

    • dari temen-temen saya akan ditunjuk sebagai ketua serikat pekerja .
      untuk informasi kita bergerak dibidang jasa pelayanan darat angkutan udara.

      tolong dibantu diberikan gambaran sedikit untuk visi dan misi

      terimaksih

  2. Saya bersama teman-teman membentuk sebuah organisasi kepemudaan, namun kami menghadapi kendala dalam pengelolahannya. salah satu adalah Visi dan Misi yang belum kami jabarkan dengan tepat. Tolong beri 1 kutipan konsep Viosi dan Misi yang baik bagi sebuah organisasi kepemudaan. Thanks for help!

  3. bisa minta tolong dicarikan atau diinformasikan tentang faktor-faktor visi organisasi…?mohon bantuannya untuk keperluan tesis saya…..

    terimakasih sebelumnya
    helmi yogya

  4. Saya memiliki usaha dibidang kuliner. Usaha tersebut saya kelompokan dengan nama brand yang berbeda beda (steak, bebek, ikan bakar). sekarang saya kebingungan untuk mengatur manajemennya. Saya ingin pengelolaannya menjadi satu, tidak berbeda-beda yang mengelola. mohon saran dan penjelasannya. sekaligus MISI dan VISI untuk perusahaan saya kita sudah menjadi satu manajemen. Tolong ada contoh Misi & Visi tersebut. terima kasih. salam.

  5. saya dapat tugas kuliah suruh ngomentari sebuah visi & misi sebuah perusahaan nih…kayanya uda perfect semua tuh,,,jd bingung deh mau komentar apa lagi…
    sama buat visi & misi buat diri qita sendiri juga…tolong dong kasih masukan…thnkx

  6. saya dan teman-teman perantauan dari daerah mendirikan sebuah organisasi yang bertujuan untuk kesejahteraan anggota dan juga meningkatkan perekonomian saudara – saudara kami di daerah.
    mohon bantuan di bikinkam visi dan misi nya.
    terima kasih

  7. tolong donk buatkan visi dan misi buat organisasi pramuka d skolah saya… baaimana buat kedepannya….
    tolong yah…..
    saya ingin yang terbaik..
    tolong dibantu yah…

    thanks.. :)

  8. Ping-balik: 10 Critical Success Factor Manajemen Perubahan « Tangga-tangga waktu….

  9. Ping-balik: Menentukan Visi dan Misi yang baik « Muhammad Ghazali's Online Notes

  10. Ping-balik: Bagaimana Perumusan Visi dan Misi yang Efektif?

  11. Klo boleh tahu, semua informasi mengenai visi dan misi diatas, didapat atau diambil dari referensi mana? atau memang informasi diatas didapat dari hasil pemikiran sendiri…
    terima kasih sebelumnya

  12. I am no longer sure the place you’re getting your information, but good topic. I must spend some time finding out much more or understanding more. Thanks for fantastic info I was looking for this info for my mission.

  13. People often tend to stay away from portable home audio systems
    fearing that they can lack the audio quality. It’s a Blue-ray capable machine and every one in the amazing aspects that Blue-ray offers its customers is with this machine. Be sure to possess the right tools for installing wall speakers or get some good professional help with embedding components into the walls in the event you’re not confident doing it yourself.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s