Amal yang paling disukai Allah SWT


Allah SWT menyukai manusia yang selalu berusaha untuk taqarrub ke pada-Nya, dengan menggunakan semua kenikmatan yang diberikan, baik nikmat dhohir maupun nikmat bathin. Semua perbuatan yang dilakukannya semata-mata ditujukan untuk meraih ridha Allah.

Dalam suatu kesempatan seorang shahabat Nabi SAW yang bernama Ibnu Mas’ud ra bertanya kepada Nabi SAW:

Ya Nabi SAW, amalan apa yang paling disukai Allah SWT ? Nabi SAW menjawab,
"sholat tepat pada waktunya". Ibnu Mas'ud bertanya lagi, " kemudian apa lagi ?".
Rasulillah SAW menjawab "berbakti kepada orang tua". Ibnu mas'ud bertanya lagi,
"kemudian apa lagi ya Rasulillah ?". Rasulillah SAW menjawab "Berjihad di
jalan Allah". Hadist diriwayatkan oleh mutafaqalaih

Mari membahasnya satu-persatu

  1. Shalat tepat pada waktunya
    Perintah menegakan shalat di sebut dalam lebih 10 ayat dalam al-Qur’an. Menegakan shalat tepat pada waktunya terutama shalat lima waktu. “shalat adalah tiang agama” demikian yang disampaikan nabi dalam hadist yang lain. Begitu pentingnya shalat, hingga amal pertama yang akan dihisab di hari akhir nanti adalah shalat. Menegakkan shalat tepat pada waktunya, itulah amalan manusia yang paling disukai Allah SWT. Allah SWT berfirman dalam salah satu ayat yang artinya “sesungguhnya shalat itu mencegah pada perbuatan keji dan munkar”. Setelah shalat wajib, ada shalat malam atau tahajud juga merupakan shalat yang dianjurkan untuk selalu dilaksanakan. Nabi SAW sendiri menghidupkan malam dengan melakukan shalat.
  2. Berbakti kepada kedua orang tua
    Orang tua menempati kedudukan yang tinggi. Ridha Allah kepada seorang hamba juga bergantung pada ridha kedua orang tuanya. Sekaya apapun, sepintar apapun, serta apapun keadaan hamba, ingatlah apa yang telah dicapai itu juga berkat dukungan dan doa kedua orang tua. Manusia terlahir di dunia berkat campur tangan kedua orang tuanya. Allah SWT sangat tidak menyukai orang yang berlaku kasar kepada orang tua. Orang tua kita menduduki tempat ketiga yang harus kita hormati setelah Allah SWT dan RasulNya.
  3. Berjihad di jalan Allah
    Berjihad dalam makna yang seluas-luasnya. Ada pemahaman keliru yang sengaja dibiarkan dalam mengartikan kata jihad. Jihad hanya dipahami sebagai berperang mengangkat senjata melawan orang-orang kafir yang memusuhi islam. Padahal jihad adalah berjuang dengan segala kemampuan untuk menegakan ajaran agama. Sekali lagi jihad jangan dipahami sebagai berperang saja. Allah SWT menyuruh kita untuk berjihad dengan menggunakan harta dan jiwa kita. Jihad dengan apa yang kita miliki baik berupa ilmu, harta dan apapun yang ada pada diri kita. Jika kita sudah berumah tangga, mencari nafkah dengan jalan yang halal untuk keluarga kita juga termasuk bentuk jihad dijalan Allah. Allah SWT menyukai orang-orang yang selalu berjihad dijalan-Nya.

Demikian 3 amalan yang paling disukai oleh Allah SWT, shalat tepat pada waktunya, berbakti kepada orang tua dan berjihad dijalan Allah.

Blogged with Flock

29 thoughts on “Amal yang paling disukai Allah SWT

  1. Assalamualaikum wr wb

    Segala puji dan syukur kepada Allah SWT, sholawat dan salam kita panjatkan junjungan kita Nabi akhir zaman Muhammad SAW, keluarganya, sahabatnya, dan kepada kaum muslimin semuanya.

    Terima kasih

    Wassalamu’alaikum wr wb.

    Tarsiwad


    Wa alaikum salam wr wb..

    Pak. Tarsiwad.. salam kenal dan terimakasih atas kunjungannya

    Wassalamualaikum wr wb.

  2. assalamualaikum..

    trimakasih atas adanya web site ini yang sangant membantu dan bermanfaat bagi saya…
    sekali lagi saya ucapkan banya-banyak trimakasih kepada pendisain web site ini

    wassalamualaikum…

  3. senang membacanya,hidup ini sungguh terasa nikmat klo kita bisa mensyukuri nikmat Allah setiap hari terlebih sampi meneteskan air mata, membuat hati ini luluh betapa banyak nikmat yang kami dustakan……betapa maha sayangnya Allah kepada kita,walau kita telah mendustakan nikmatnya tapi tak henti2nya Allah beri nikmat” Ya allah jadikanlah aku hamba yang selalu mengingatmu dan mensyukuri nikmatmu dan ibadah dengan sebaik-baiknya”.

  4. Assalamualaikum Wr. Wb.

    saya ucapkan banyak2 terima kasih sekali untuk anda yang telah memuat tulisan-tulisan seperti ini, saya adalah penikmat artikel-artikel islam di internet, setiap hari saya selalu membaca artikel di internet guna menambah ilmu dan pengetahuan soal islam. terima kasih.

    Allaahuakbar, Allaahuakbar, Allaahuakbar.

  5. Assalamu’alaikum wr.wb.
    Pertama2 sya ingin ngucapkan terima kasih dalam memahami arti kehidupan didunia untuk mendptkan ridho allah s.A.w. & diakhirat nanti kita dpt shafa’at allah s.A.W.
    Amin ya robbal alamin.
    Wslm.

  6. Ping-balik: 3 Amalan yang paling disukai Allah SWT | INNO MUSLIM

  7. assalamu’alaikum
    saya mengucapkan terima kasih, dengan adanya artikel ini saya dapat mengerjakan tugas dengan baik…
    wassalamu’alaikum

  8. Assalamualaikum Wr. Wb.

    saya ucapkan banyak2 terima kasih sekali untuk anda yang telah memuat tulisan-tulisan seperti ini, saya adalah penikmat artikel-artikel islam di internet, setiap hari saya selalu membaca artikel di internet guna menambah ilmu dan pengetahuan soal islam. terima kasih.

    Allaahuakbar, Allaahuakbar, Allaahuakbar.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s